search-button

Nov 16, 2016

10 Cara Alami Agar Tidak Mendengkur Saat Tidur

   
Advertisements
Agar Tidak Mendengkur Saat Tidur
Apotik Sehat - Mendengkur saat tidur bisa terjadi pada Anda atau orang yang Anda kenal. Jika seseorang memiliki masalah mendengkur, hal tersebut dapat mempengaruhi kehidupan orang-orang disekitarnya. Mendengkur pada saat tidur sebenarnya dapat menyebabkan berbagai masalah yang cukup serius. Untuk itu sangat penting sekali bagi seseorang untuk mencoba cara mengurangi mendengkur atau bahkan berhenti total. Bukan dengan bantuan medis, melainkan dengan cara yang lebih alami.

Mendengkur pada saat tidur dapat menjadi sebuah masalah yang besar karena akan berpengaruh terhadap yang lainnya. Misalnya saja jika Anda suka mendengkur dan saat ini sudah berumah tangga, maka pasangan Anda dipastikan tidak akan mendapatkan waktu tidur malam yang baik. Padahal keesokan harinya ia harus bekerja dan menjalani aktifitas yang sangat sibuk. Selain itu mendengkur juga dapat menyebabkan masalah kesehatan dan penyakit yang lebih besar. Hal tersebut dapat meningkatkan risiko terkena diabetes, penyakit jantung, stroke dan tekanan darah tinggi. Kondisi yang mengancam kehidupan ini dikatakan sebagai gejala apnea.

Cara Agar Tidak Mendengkur Saat Tidur

Berikut ini adalah beberapa tips kesehatan serta kiat menghindari mendengkur.
  1. Salah satu langkah awal terbaik yang harus dilakukan untuk mengurangi mendengkur adalah dengan memiliki berat badan yang ideal. Orang yang kelebihan berat badan akan jauh lebih mungkin memiliki masalah mendengkur pada saat tidur dibandingkan mereka dengan berat badan yang ideal. Untuk itu, cobalah untuk lebih giat lagi dalam berolah raga dan berlatihlah setiap hari.
  2. Pastikan untuk sedikit mengangkat kepala Anda pada saat tidur. Jika posisi tidur Anda berbaring, Hal tersebut justru akan memblokir saluran pernapasan sehingga menyumbat keluar masuknya udara dan menyebabkan mendengkur.
  3. Tidurlah dengan posisi badan menyamping tetapi bukan dengan punggung. Hal ini dapat membantu dan memastikan bahwa udara yang keluar masuk melalui saluran pernapasan benar-benar terbuka.
  4. Jika Anda adalah seorang perokok, maka berhentilah merokok saat ini juga. Hal ini akan semakin berbahaya karena membuat Anda sulit untuk bernapas sehingga menjadi salah satu penyebab mendengkur.
  5. Hindari meminum alcohol dengan jarak waktu tidur yang berdekatan. Alcohol menyebabkan otot didalam tubuh kita menjadi rileks tetapi hal tersebut akan berpengaruh buruk terhadap tenggorokan karena ia akan melemas lebih cepat dari biasanya. Artinya akan membuat Anda mendengkur lebih kencang.
  6. Apa Anda telah meminum obat tidur? Pastikan sebelum Anda tidur jangan mengkonsumsi pil tidur atau antihistamin.
  7. Mengikuti Yoga atau meditasi akan membantu Anda agar lebih bersantai. Jika hal ini sering dilakukan, maka akan mengurangi mendengkur saat tidur karena Yoga sendiri banyak melatih teknik pernapasan.
  8. Cobalah untuk menghirup inhaler atau uap. Jika hal ini dilakukan maka akan membantu Anda dalam membuka saluran udara pada pernapasan.
  9. Jangan makan sebelum tidur. Dalam artian, usahakan makan malam dengan waktu yang tidak berdekatan dengan waktu tidur. Sebaiknya 3 jam sebelum tidur Anda harus berhenti makan.
  10. Bernyanyilah. Sedikit aneh memang, tetapi jika Anda sering bernyanyi dengan nada yang cukup tinggi sebelum tidur, hal ini akan membantu Anda agar tidak mendengkur. Alasannya, tenggorokan Anda akan melonggar.
Itulah beberapa kiat menghindari mendengkur dan cara alami agar tidak mendengkur saat tidur.