search-button

Jun 30, 2015

3 Cara Paling Mudah Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

   
Advertisements
Meningkatkan daya tahan tubuh dan sistem kekebalan tubuh (immune system) dapat dilakukan setiap hari dengan tips berikut ini. Pilek adalah salah satu penyakit yang sering dialami oleh mereka yang memiliki daya tahan tubuh yang lemah. Biasanya, hal ini sering terjadi ketika menghirup udara yang penuh dengan debu, mandi dipagi hari sehingga tubuh menjadi kedinginan dan akhirnya bersin-bersin. Hal ini bisa terjadi setiap hari dengan rentan waktu sampai 3 jam berturut-turut.

Hal tersebut adalah salah satu contoh sederhana, jika Anda mengalami hal demikian maka Anda dipastikan harus meningkatkan daya tahan tubuh. Kunci utama agar pilek tidak sering menyerang Anda adalah dengan tetap menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh dapat menjaga tubuh kita agar selalu fit dan segar. Simak tips sehat berikut ini untuk meningkatkannya.

Tips Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Yang Bisa Dilakukan Setiap Hari

  1. Tidur. Memang terkesan sangat sederhana karena kita selalu tidur setiap hari. Namun tahukah Anda bahwa tidur dapat membantu menjaga organ tubuh dan pikiran untuk beristirahat. Jika Anda sering kurang tidur, maka hal ini akan menyebabkan terjadinya kelemahan yang dimiliki kemampuan tubuh untuk melawan pilek. Pastikan Anda selalu tidur pada malam hari dengan rentan waktu 6 hingga 8 jam. Jika ternyata Anda hanya memiliki waktu dibawah waktu tersebut, segeralah rubah pola kegiatan dan aktifitas Anda. Ingat, menjaga tubuh agar tetap sehat dan jauh dari berbagai penyakit sangatlah penting.
  2. Minum Air. Tentu saja setiap hari kita meminum air tetapi kebanyakannya, kita tidak minum cup air. Air sangat mudah didapatkan. Hampir tidak ada alasan apapun kenapa sampai saat ini Anda masih kurang dalam meminum air yang sehat. Minumlah air sebanyak 8 gelas setiap hari agar tubuh kita tetap dalam keadaan terhidrasi. Bayangkan jika tubuh Anda selalu dehidrasi, tidak hanya dapat melemahkan daya tahan tubuh saja. Tetapi akan menurunkan produktivitas Anda dari dua sisi, yakni secara mental dan fisik.
  3. Mempersiapkan makanan sendiri. Hal ini sangatlah mudah tetapi banyak dari kita sangat malas untuk melakukannya. Jika pada waktu istirahat makan siang Anda sering ke kantin atau keluar untuk makan, Anda hanya dapat memilih makanan yang hanya tersedia di tempat itu saja. Bagaimana dengan nutrisi, vitamin, kalsium dan gizi yang Anda perlukan untuk tubuh. Apakah sudah cukup hanya dari makanan tersebut? Mulailah untuk merubah kebiasaan Anda dan pastikan Anda pun menyertakan sayuran dan buah segar kedalam kotak makanan Anda.
Menjaga sistem kekabalan tubuh agar selalu kuat merupakan hal yang sangat penting dalam menjaga tubuh kita dari berbagai virus yang akan menyebabkan Anda sakit. Untuk itu lakukan tips sehat dan sangat mudah tersebut untuk meningkatkan daya tubuh Anda.