search-button

Jun 29, 2015

Mencegah Osteoporosis Dengan Kalsium dan Vitamin D

   
Advertisements
Osteoporosis adalah suatu kondisi dimana telah terjadi pengeroposan tulang dan kerusakan pada struktur jaringan tulang. Hal ini membuat tulang menjadi rapuh, lemah dan lebih rentan terhadap terjadinya patah pada tulang. Para pakar kesehatan menganggap kondisi ini sebagai “silent disease” karena orang yang mengidap osteoporosis mungkin saja tidak akan menyadari bahwa tulangnya bisa saja patah.

Mencegah Osteoporosis

Menurut National Library of Medicine (NLM) Amerika Serikat, kondisi seperti ini bisa menyerang pada usia berapa pun. Baik itu pria dan wanita bisa saja terkena osteoporosis. Tetapi, mayoritas dari mereka yang mengidap osteoporosis kebanyakan adalah perempuan.

National Institute of Arthritis and Musculoskeletal and Skin Disease (NIAMS) juga telah memaparkan bahwa Osteoporosis telah mempengaruhi jutaan orang di seluruh dunia. Jika dilihat di negara Amerika Serikat, terdapat sekitar 10 juta orang yang mengalami osteoporosis. Selain itu, ada sekitar 34 juta lebih yang mengalami kondisi kepadatan tulang yang rendah dan hal tersebut membuat mereka sangat berisiko terkena osteoporosis.

Berbagai penelitian yang dilakukan telah menunjukkan bahwa asupan makanan yang rendah akan kalsium dapat menjadi penyebab perkembangan osteoporosis. Kalsium sangat diperlukan untuk memperkuatan dan menjadikan tulang lebih keras. Sebagian besar kalsium yang tedapat dalam tubuh ditemukan didalam tulang dan gigi.

Sumber kepadatan tulang yang banyak mengandung kalsium diantaranya adalah susu, sayuran yang berdaun hijau, serta makanan lain yang diperkaya dengan kalsium. Sebagian orang mungkin memerlukan suplemen sebagai asupan tambahan untuk mendapatkan kalsium dan tergantung dari seberapa banyak mereka telah mendapatkannya dari makanan yang mereka makan setiap hatinya. Seiring bertambahnya usia seseorang, maka kalsium yang dibutuhkan pun akan semakin banyak.

Cara Mendapatkan Vitamin D Untuk Mencegah Osteoporosis

Vitamin D tidak langsung akan membuat tulang menjadi kuat. Tetapi vitamin D sangat diperlukan untuk proses penyerapan kalsium yang terjadi didalam saluran pencernaan kita.

Cara Mendapatkan Vitamin D Secara Alami

Jika Anda adalah seseorang yang berusia muda, cara yang alami untuk mendapatkan vitamin D adalah melalui kulit yang tersinari oleh matahari. Sempatkan waktu sekitar 15 menit setiap harinya untuk mendapatkan vitami D melalui sinar matahari. Sebaiknya anda memilih waktu yang tepat untuk mendapatkan vitamin D secara alami yakni dari jam 10 pagi hingga jam 3 sore. Sinar ultra violet mungkin akan mempengaruhi massa tulang, tetapi tidak dianjurkan karena disisi lain terdapat risiko terkena kanker kulit.

Sementara untuk sumber vitamin D yang dibutuhkan untuk mendapatkan kepadatan tulang yang ada pada makanan diantaranya adalah kuning telur, ikan laut, dan hati.

Jika usia Anda sudah cukup tua, sinar matahari tidaklah cukup untuk mendapatkan vitamin D. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa jika seseorang yang mengalami penuaan usia maka untuk memproduksi vitamin D secara alami pun akan menurun. Sudah dipastikan bahwa Anda membutuhkan suplemen atau susu tambahan yang mengandung banyak vitamin D.

Jika Anda khawatir terkena Osteoporosis, cara terbaik adalah dengan memeriksakan kesehatan tulang dengan mengujinya melalui tes kepadatan mineral tulang.

Untuk menjaga kepadatan tulang agar tetap kuat, sehat serta mencegah osteoporosis, para ahli sering merekomendasikan untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan kalsium dan vitamin D, sering berolah raga setiap hari dan jangan merokok. Jika diperlukan, tambahan seperti susu dan suplemen pun dapat membantu untuk memperkuat tulang dan mencegah osteoporosis.