search-button

Jul 28, 2015

30 Manfaat Minyak Zaitun

   
Advertisements
Manfaat Minyak Zaitun Bagi Kesehatan

Yang Anda ketahui tentang minyak zaitun mungkin hanya untuk dijadikan sebagai perawatan kecantikan, namun ternyata tanpa disadari minyak zaitun memiliki banyak sekali manfaat untuk berbagai masalah kesehatan bahkan sebagai pencegah timbulnya berbgai penyakit. Kali ini, Apotik Sehat akan menguraikan apa saja khasiat dan manfaat minyak zaitun.

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan dan Kecantikan

  1. Mencegah efek radikal bebas.
    Radikal bebas yang tersebar luas disekeliling kita mampu merusak kesehatan, baik itu kesehatan kulit maupun kesehatan fungsi tubuh. Anda tidak perlu khawatir dengan efek radikal bebas ini, dengan mengonsumsi minyak zaitun secara teratur mampu menetralisir bahaya radikal bebas bagi tubuh Anda.

  2. Dapat mengobati rasa nyeri.
    Pada minyak zaitun terdapat zat oleocanthal atau juga disebut sebagai zat anti inflamasi yang ternyata mampu meredakan rasa nyeri pada tubuh Anda.

  3. Obat kanker usus.
    Berbagai kandungan zat pada minyak zaitun ini efektif untuk melawan berbagai masalah pada pencernaan, bahkan bisa mengobati kanker usus.

  4. Baik untuk kesehatan jantung.
    Pada penderita jantung ternyata banyak sekali kandungan lemak jahat yang bersarang ditubuhnya. Dengan mengonsumsi minyak zaitun ini, dipercaya mampu menjaga kesehatan jantung Anda. Karena sebanyak 70% lemak tak jenuh terdapat dalam minyak zaitun ini, yang berfungsi untuk mengurangi lemak jahat dan meningkatkan produksi lemak baik ditubuh Anda.

  5. Menurunkan tekanan darah tinggi.
    Pada penderita darah tinggi, pola makanan harus terjaga dan tidak boleh sembarangan. Dengan mengonsumsi minyak zaitun, sebesar 48% dapat menurunkan penderita tekanan darah tinggi dalam ketergantungannya mengonsumsi obat-obatan.

  6. Menurunkan kadar kolesterol.
    Jangan takut mengonsumsi minyak zaitun untuk menurunkan kadar kolesterol Anda, karena minyak zaitun mengandung minyak/lemak baik yang juga berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol pada tubuh Anda.

  7. Mencegah diabetes.
    Minyak zaitun dapat berperan sebagai pengontrol kadar insulin dalam tubuh sehingga mampu menurunkan kadar gula dalam darah.

  8. Baik untuk kesehatan hati.
    Zat antioksidan pada minyak zaitun ternyata juga baik untuk kesehatan hati Anda.

  9. Penangkal Alzheimer.
    Alzheimer atau yang dikenal dengan pikun memang tidak bisa diobati dengan minyak zaitun, namun jika Anda mencegahnya sebelum Anda terkena gejala ini Anda dapat mencoba mengonsumsi minyak zaitun ini. Karena dalam minyak zaitun ini terdapat senyawa yang disebut fenolik alami yang bisa mencegah Anda dari gejala Alzheimer.

  10. Baik untuk kesehatan tulang.
    Asam lemak esensial yang cukup baik terdapat dalam minyak zaitun yang baik untuk membantu mineralisasi tulang pada anak-anak, dan juga berfungsi untuk mencegah hilangnya kalsium pada orang dewasa dan dapat terhindar dari osteoporosis atau pengeroposan tulang.

  11. Baik untuk kulit.
    Vitamin E pada minyak zaitun sudah banyak diketahui banyak orang sangat baik untuk memelihara kesehatan kulit, biasanya minyak zaitun ini digunakan sebagai minyak urut ataupun minyak untuk pijat maupun sebelum melakukan lulur.

  12. Diet.
    Aroma dari minyak zaitun ini ternyata dipercaya mampu memberikan efek kenyang, selain itu dengan mengonsumsi minyak zaitun sebanyak 3 sendok makan perhari yang dilakukan selama 8 minggu mampu menurunkan berat badan Anda yang berlebih. Dengan cara mengonsumsi minyak zaitun ini bahkan lebih efektif daripada orang yang memilih program diet rendah lemak.

  13. Baik untuk pencernaan.
    Minyak zaitun memiliki tekstur yang cukup lembut, sehingga aman dikonsumsi dan baik untuk proses pencernaan. Selain itu ternyata minyak zaitun dapat mengobati sembelit. Minyak zaitun ini berperan sebagai pencahar alami.

  14. Mencegah proses pembekuan darah.
    Aliran darah yang terhambat bahkan beku tentunya tidak baik untuk kesehatan Anda, bahkan Anda bisa terkena serangan jantung dan juga stroke. Untuk itu dengan mengonsumsi minyak zaitun secara berkala mampu memperlancar aliran darah Anda.

  15. Memperlambat penuaan.
    Tidak perlu takut dengan keriput ataupun gejala penuaan lainnya, dengan Anda melakukan perawatan secara teratur dan rutin Anda akan terhindar dari keriput. Salah satunya yaitu dengan melakukan perawatan dengan minyak zaitun. Selain vitamin E yang terkandung didalamnya, vitamin A pada minyak zaitun juga mampu mencegah dan memperkecil resiko kulit keriput.

  16. Pelembab rambut alami.
    Jika rambut Anda kering dan bahkan bercabang karena pemakaian shampoo yang kurang cocok ataupun perawatan rambut yang salah, jangan takut! Manfaatkan khasiat minyak zaitun ini sebagai pelembab alami rambut Anda.Caranya, siapkan 4 sendok makan minyak zaitun kemudian campur dengan ½ sendok teh madu. Kemudian panaskan diatas air mendidih dan setelah itu gunakanlah sebagai masker rambut Anda dan diamkan selama 20 menit.

  17. Strechmark.
    Garis putih pada kulit sangat mengganggu penampilan Anda, ya garis ini biasa disebut dengan strechmark. Biasanya strechmark ini sering dialami oleh kaum wanita karena beberapa hal seperti hamil dan sebagainya. Dengan minyak zaitun ini mampu mempercepat regenerasi kulit dan juga meningkatkan tingkat elastisitas kulit. Pakailah minyak zaitun hangat dan lakukan pijatan ringan di area kulit yang terdapat strechmark, lakukan secara teratur hingga strechmark dapat berangsur-angsur hilang.

  18. Pelembab kulit wajah.

    Khasiat Minyak Zaitun Untuk Kecantikan
    Jika Anda memiliki kulit yang kering tentunya sangat mengganggu penampilan Anda, dengan berbagai krim pelembab yang telah Anda coba juga Anda wajib menggunakan cara alami agar tidak memperoleh efek yang terlalu buruk bagi kulit. Cobalah lakukan perawatan kulit dengan minyak zaitun untuk memperoleh kulit yang lembab alami. Caranya siapkan 1 sendok makan madu dan 1 sendok makan minyak zaitun kemudian tambahkan satu butir kuning telur dan campur hingga merata. Gunakanlah sebagai masker untuk kulit wajah Anda, diamkan selama 15 sampai 20 menit kemudian bersihkan wajah Anda dengan air hangat.

  19. Meluruskan rambut.
    Untuk memperoleh rambut lurus tidak harus dengan perawatan mahal dan rumit, cukup dengan cara sederhana yaitu dengan minyak zaitun Anda mampu memperoleh rambut yang lurus.

  20. Pembersih telinga.
    Selain dengan baby oil, minyak zaitun juga bisa di gunakan untuk membersihkan kotoran telinga Anda yang kering. Caranya, teteskan minyak zaitun ke telingan Anda dan diamkan selama satu jam. Setelah itu bersihkan dengan cara seperti biasa.

  21. Kondisioner rambut alami.
    Cobalah Anda gunakan minyak zaitun untuk digunakan sebagai kondisioner rambut. Caranya oleskan minyak zaitun hangat ke tiap helai rambut Anda dan diamkan selama 10 hingga 20 menit. Setelah itu Anda bisa bersihkan dengan shampoo seperti biasa.

  22. Penghilang noda bekas jerawat.
    Noda jerawat yang sulit hilang tentunya bisa membuat Anda bingung dan kehilangan banyak cara dalam menghadapinya. Namun dengan memanfaatkan minyak zaitun hangat yang dioleskan ke bagian wajah yang terdapat noda jerawat secara teratur efektif mampu menghilangkan noda jerawat yang membandel tersebut.

  23. Pembersih wajah dari sisa make up.
    Tidak perlu mahal dan ribet, dengan menjadikan minyak zaitun sebagai pembersih wajah dari sisa makeup juga sangat efektif untuk dilakukan bagi Anda yang cukup sibuk bahkan tidak sempat dalam melakukan pembersihan wajah. Namun jangan memakainya sembarangan, tetapi perhatikan jenis kulit Anda, jika kulit Anda tergolong berminyak, tambahkan minyak castor sebagai campurannya. Dan jika kulit Anda cenderung kering minyak castornya bisa Anda kurangi dan menambah takaran minyak zaitun.

  24. Scrub.
    Scrub bertujuan untuk mengangkat sel kulit mati pada kulit Anda. Jika kulit tidak mengelupas dengan sempurna, berbagai masalah kulit bisa saja bermunculan. Untuk itu siapkanlahg minyak zaitun yang dicampur dengan garam untuk dijadikan sebagai scrub alami.

  25. Maskara alami.
    Gunakanlah sikat mascara seperti biasanya namun kali ini gunakan minyak zaitun sebagai maskaranya, aplikasikanlah ke bagian bulu mata Anda dan lihat hasilnya.

  26. Kuteks alami.
    Jika Anda menginginkan kuku yang mengkilap, tidak perlu membeli kuteks dengan biaya yang mahal. Oleskanlah minyak zaitun ke bagian kutikula dan kuku Anda. Selain tidak menimbulkan efek samping, minyak zaitun ini memiliki manfaat yang luar biasa.

  27. Tumit halus.
    Tumit yang kasar dan pecah-pecah sangatlah tidak enak untuk dilihat, perlunya memakai alas kaki yang tertutup agar penampilan Anda sempurna itu merupakan suatu pembatas ruang gerak Anda. Maka dari itu tentu saja Anda menginginkan tumit yang halus dan indah. Oleskanlah minyak zaitun ke bagian tumit Anda pada malam hari sebelum tidur dan tutup denganmenggunakan kaos kaki dan diamkan semalaman.

  28. Penghilang bau mulut.
    Hal yang dapat menurunkan rasa percaya diri Anda salah satunya yaitu bau mulut, selain itu juga lawan bicara Anda juga tidak nyaman dan bahkan bisa saja menghindar dan menjaga jarak dari Anda karena tidak tahan dengan bau mulut Anda. Untuk itu Anda bisa mencoba cara berikut, siapkanlah 1 sendok minyak zaitun dan 1 sendok air jeruk, kemudian Anda bisa meminumnya pada saat perut Anda masih kosong.

  29. Gel/busa cukur alami.
    Pada saat proses mencukur tentunya Anda memerlukan gel atau sejenisnya yang mampu membantu Anda mempermudah proses mencukur dan terhindar dari luka. Untuk itu, minyask zaitun juga bisa digunakan sebagai gel atau busa cukur agar kulit Anda terlindung dari luka.

  30. Baik untuk perkembangan janin.
    Ibu hamil juga baik mengonsumsi minyak zaitun, minyak zaitun juga baik bagi perkembangan otak, dan juga pertumbuhan janin. Selain itu minyak zaitun juga bagus dikonsumsi ibu yang melahirkan bayi secara premature, karena mampu mengoptimalkan kinerja ginjal dan pancreas.

Ada begitu banyak manfaat minyak zaitun, Anda dapat mencobanya untuk mendapatkan khasiat minyak zaitun bagi kesehatan dan kecantikan.