search-button

Jul 29, 2015

60 Manfaat Dan Khasiat Kunyit

   
Advertisements
Berbagai Manfaat dan Khasiat Kunyit

Manfaat dan khasiat kunyit yang harus Anda ketahui. Umbi yang satu ini bernama kunyit. Kunyit yang biasa digunakan sebagai bumbu rempah pada masakan para ibu didapur. Kunyit ini memiliki warna dan aroma yang khas, tak jarang biasanya kunyit ini digunakan pada berbagai masakan seperti opor, nasi tumpeng dan masih banyak lagi.

Tak sedikit orang mengetahui banyak kegunaan dari kunyit. Bukan hanya sekedar untuk masakan, kunyit ternyata mampu Anda manfatkan untuk penyembuhan berbagai penyakit sampai membuat Anda cantik. Apa saja manfaat dan khasiat kunyit ini? Mari simak ulasan berikiut ini.

Manfaat dan Khasit Kunyit Untuk Kesehatn dan Kecantikan

  1. Anti Inflamasi/peradangan.Kunyit ini memiliki khasiat yang berperan sebagai anti inflamasi yang baik, oleh karena itu kunyit berfungsi untuk melawan infeksi dan juga mampu memperbaiki sel-sel yang rusak pada tubuh Anda.
  2. Zat Antioksidan.Sudah Anda tau sebelumnya bahwa zat Antioksidan ini mampu melawan bahaya dari radikal bebas yang disebabkan karena polusi udara dan berbagai hal buruk lainnya. Untuk itu kunyit adalah Antioksidan alami yang baik untuk melindungi tubuh dari radikal bebas.
  3. Mengoptimalkan fungsi otak dan memperkecil resiko terkenanya penyakit otak.Kunyit dapat meningkatkan hormone BDNF yang berfungsi untuk meningkatkan pertumbuhan neuron baru (penghubung sel otak) dan juga dapat memerangi berbagai proses degenerative pada otak Anda.
  4. Memperkecil resiko terkena penyakit jantung.Penyakit jantung adalah penyakit mematikan nomor 1 yang menyerang manusia, kapanpun dan dimanapun. Untuk memperkecil resiko penyakit jantung ini tenyata Anda cukup memanfaatkan khasiat dari kunyit ini. Pada kunyit terdapat senyawa yang disebut kurkumin, yantg mampu meningkatkan kinerja endothelium dan juga sebagai agen anti inflamasi dan antioksidan yang cukup baik.
  5. Pencegah dan pengobat penyakit kanker. Kanker merupakan suatu penyakit yang cukup menakutkan, dan bahkan menyerang manusia hingga menyebabkan kematian. Untuk itu kenali gejala kanker sejak dini dan lakukan berbagai pencegahan lainnya agar terhindar dari kanker.Ternyata kurkumin pada kunyit ini bisa menyebabkan perubahan pada tingkat molekul dan dipercaya mampu membantu mencegah bahkan mengobati kanker.
  6. Penangkal Alzheimer. Alzheimer adalah suatu gejala dimana sel-sel pada otak tersumbat karena flek yang menempel pada saluran otak yang bisa menyebabkan manusia menjadi pelupa dan juga terhambatnya oksigen masuk ke otak. Seperti yang telah Anda ketahui, memang belum ada pengobatan khusus terhadap penyakit ini, namun jangan khawatir Anda hanya perlu mencegahnya agar tidak terkena Alzheimer. Kurkumin yang terkandung pada kunyit ini ternyata mampu melewati batasan darah hingga otak dan juga sudah terbukti dapat member dampak positif pada proses patalogis Alzheimer.
  7. Mengobati radang sendi. Radang sendi atau reumatik ternyata mampu diobati dengan kunyit. Karena kunyit adalah obat anti inflamasi yang cukup baik untuk meredakan radang pada sendi Anda.
  8. Mengobati depresi. Kurkumin yang terdapat pada kunyit  mampu meningkatkan tingkat BDNF, yang berperan untuk mengembalikan perubahan-perubahan depresi ke keadaan semula. Bahkan kunyit mampu menandingi obat yang disebut Prozac yang biasa digunakan sebagai obat penghilang depresi.
  9. Panjang umur. Masalah umur memang tidak bisa ditebak sampai kapan Anda hidup ataupun selama apakah Anda mampu bertahan hidup. Namun Anda bisa melihatnya dari uraian sebelumnya bahwa kunyit mampu mengobati penyakit jantung, kanker dan sebagainya. Bukankah jika Anda mampu menangkal berbagai penyakit tersebut, jangka waktu hidup Anda tentu akan bertambah panjang.
  10. Baik untuk kesehatan.
    Khasiat Kunyit Untuk Kesehatan
    Berbagai kandungan pada kunyit seperti minyak atsiri, pati, resim, zat pahit, selulosa, mineral dan kurkumin ternyata sangat bak jika Anda konsumsi secara teratur. Tetapi perlu Anda ketahui bahwa konsumsilah kunyit dengan dosis dan takaran yang pas, karena sesuatu yang berlebihan tidak baik untuk tubuh dan menyebabkan efek negative.
  11. Diabetes. Penyakit gula atau yang dikenal sebagai diabetes ini merupakan suatu penyakit dimana penderita tidak boleh mengonsumsi kadar gula yang berlebih pada makanan ataupun minuman. Pada penderita diabetes jika mengalami luka tidak akan cepat sembuh dan bahakan tidak dapat sembuh dan mongering, jadi penderita diabetes ini selain harus berhati=-hati dalam mengonsumsi minuman ataupun makanan juga harus berhati-hati agar tidak mendapat kejadian yang akhirnya menyebabkan si penderita mengalami luka. Tetapi Anda tidak perlu takut, ternyatakunyit bisa dijadikan andalan untuk mengobati penyakit diabetes.
  12. Tifus. Tifus biasanya menyerang manusia yang kurang menjaga kebersihan pada makanannya, ataupun konsumsi makanan yang terlalu pedas atau sejenisnya. Cobalah konsumsi kunyit untuk mengobati tifus.
  13. Usus buntu. Penyakit usus buntu ini biasanya dapat disembuhkan melalui jalan operasi, namun sebelum Anda memutuskan untuk operasi alangkah lebih baiknya Anda manfaatkan khasiat dari kunyit ini.
  14. Disentri.
  15. Keputihan. Sebenarnya keputihan bukan merupakan penyakit jika pada keadaan yang normal dan juga dalam jumlah yang tidak terlalu banyak. Namun adakalanya wanita mengalami keputihan yang mengganggu yang menimbulkan bau tak sedap, rasa gatal dan sebagainya. Untuk itu cobalah konsumsi kunyit agar keputihan Anda membaik.
  16. Memperlancar haid. Jika Anda adalah orang yang siklus haidnya tidak lancar, sering tersendat dan bahkan tidak mengalami haid berbulan-bulan perlu diwaspadai. Kalau perlu periksakan ke dokter untukberkonsultasi apa yang menjadi penyebabnya. Kunyit bisa Anda konsumsi untuk memperlancar haid Anda.
  17. Meredakan nyeri haid. Gejala PMS (pre menstrual syndrome) setiap wanita berbeda-beda, namun nyeri yang dirasakan setiap akan haid pasti akan dirasakan setiap wanita. Dari yang sakit perut biasa hingga sakit perut yang sangat luar biasa sakitnya. Pada sautu perusahaan penghasil minuman pereda nyeri haid ternyata memanfaatkan kunyit sebagai bahan dasar produk minumannya, karena kunyit dipercaya mampu meredakan nyeri saat haid.
  18. Memperlancar ASI. Untuk Anda yang memberikan ASI eksklusif pada bayi Anda, namun sedikit ada masalah karena ASI Anda krang lancer, cobalah konsumsi kunyit yang ternyata mampu memperlancar produksi ASI Anda.
  19. Memperlancar proses persalinan.
  20. Amandel. Gejala yang ditimbulkan dari penderita amandel ini biasanya mengalami susah menelan dan pastinya terasa sakit jika menelan, demam dan lainnya. Biasanya amandel ini disebabkan karena si penderita terlalu banyak mengonsumsi makanan dengan kadar MSG berlebih. Sebelum memutuskan untuk mengoperasi amandel Anda, sebaiknya konsumsi terlebih dahulu kunyit secara teratur dan rutin sampai amandelnya kembali normal.
  21. Sakit perut.
  22. Mual.
  23. Membuat kulit mulus dan memperlambat pertumbuhan bulu.
    Manfaat Kunyit Untuk Kecantikan
  24. Perut kembung. Masuk angin dan akhirnya perut menjadi kembung ataupun juga karena gas berlebih yang ada diperut Anda bisa ditangani dengan konsumsi kunyit.
  25. Diare. Selain daun jambu biji, daun salam dan cara apapun itu untuk menghentikan diare, ternyata kunyit juga berkhasiat sebagai obat untuk diare Anda.
  26. Maag. Penyakit yang satu ini memang cukup mengganggu aktivitas harian Anda. Dari mulai maag yang normal hingga maag kronis bisa saja menyerang Anda kapanpun. Banyak sekali obat pereda maag, namun tidak ada salahnya jika Anda konsumsi kunyit sebagai obat maag alami Anda.
  27. Sembelit.
  28. Sakit kepala.
  29. Sariawan. Sariawan biasanya bermula dari panas dalam yang juga karena Anda kekurangan cairan, makan makanan pedas, berlemak dan juga santan. Selain Anda harus mencukupi vitamin C, sariawan juga bisa ditangani dengan kunyit karena memiliki kandungan yang cukup bagus sebagai obat sariawan alami.
  30. Mabuk kendaraan. Anda sebenarnya suka berpetualang menyusuri dan menikmati keindahan alam sekitar, tapi bagaimana jika Anda adalah orang yang suak mabuk kendaraan? Mungkin bukannya menikmati perjalanan, malah Anda pusing dan bahkan Anda hanya bisa tertidur dan lemas di kendaraan Anda. Namun Anda cobalah manfaatkan khasiat kunyit ini, karena kunyit mampu mengatasi masalah mabuk kendaraan.
  31. Mengobati gigi berlubang.
  32. Penambah nafsu makan. Jika Anda kehilangan selera makan Anda atau susah makan, cobalah konsumsi makanan yang mengandung kunyit agar selera makan Anda bisa bertambah. Untuk anak-anak biasanya dilakukan cara cekok atau minum air perasan kunyit secara langsung agar anak mau makan.
  33. Gatal-gatal.
  34. Bisul.
  35. Mengobati urap.
  36. Bengkak yang disebabkan gigitan serangga.
  37. Penghilang noda bekas jerawat.
  38. Membuat kulit menjadi lebih halus.
  39. Membuat kulit kencang dan terlihat awet muda.
  40. Menyembuhkan jerawat.
  41. Mengurangi minyak berlebih. Jika kulit Anda memiliki kulit yang berminyak dan bahkan produksi minyak di wajah Anda sangat banyak, Anda bisa memanfaatkan kunyit untuk mengurangi produksiminyak berlebih di wajah Anda.
  42. Menyamarkan kerutan pada wajah.
  43. Menangani rambut rontok.
  44. Mengurangi ketombe pada kulit kepala.
  45. Dapat dijadikan untuk membantu mengangkat sel kulit mati.
  46. Mampu menghaluskan tumit dan siku.
  47. Dapat dijadikan sebagai pewarna rambut alami.
  48. Melembabkan kulit.
  49. Dapat mencerahkan warna kulit Anda yang kusam.
  50. Menghilangkan bau badan. Anda cukup meminum ai kunyit ini 1 kali dalam sehari sampai bau badan Anda hilang.
  51. Menurunkan panas karena demam.
  52. Sebagai penambah stamina.
  53. Mengobati radang gusi. Anda bisa mencoba menyiapkan 3 potong gambir dan ½ ruas kunyit, lalu rebus dengan 2 gelas air hingga tersisa sebanyak 1 gelas. KOnsumsi ramuan  ini 3 hingga 4 kali sehari.
  54. Mampu mengoptimalkan fungsi hati.
  55. Diet. Jika Anda memiliki berat badan berlebih/obesitas, kunyit efektif membantu Anda dalam program diet harian Anda.
  56. Dapat mengobati penyakit asma.
  57. Dapat meningkatkan produklsi sel darah merah/hemoglobin (Hb).
  58. Mengobati tumor. Tumor merupakan benjolan atau pembengkakan dengan ukurang yang tidak biasa pada tubuh Anda. Tumor juga dapat disembuhkan dengan konsumsi kunyit secara teratur.
  59. Sebagai obat luka memar.
  60. Hipertensi/tekanan darah tinggi. Ternyata kunyit ini mampu menurunkan tekanan darah tinggi.

Selain untuk bumbu masakan, kunyit dapat Anda manfaatkan untuk keperluan lain ya. Jadi jangan sepelekan khasiat kunyit ini, memang ukurannya kecil, namun manfaat dan khasiatnya sangatlah besar.