search-button

Jul 9, 2015

15 Cara Ampuh Membersihkan Karang Gigi Secara Alami

   
Advertisements
Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami

Karang gigi merupakan plak yang dihasilkan dari sisa-sisa makanan yang masih menempel di gigi karena cara menggosok gigi yang kurang baik dan benar. Anda harus segera membersihkan karang gigi karena jika tidak segera ditangani ternyata memiliki efek buruk bagi kesehatan mulut Anda. Dengan adanya karang gigi yang terus-terusan menumpuk, bakteri justru akan semakin bertambah banyak dan akhirnya kebersihan mulut Anda pun terganggu.

Sulitnya untuk menghilangkan karang gigi dapat membuat Anda menjadi stress dan bingung mencari cara untuk dapat melenyapkan plak yang menempel. Dokter gigi memang bisa menjadi alternatif untuk membantu Anda menghilangkan karang gigi. Untuk menghilangkan karang gigi ke dokter gigi tentu perlu menyiapkan sejumlah uang yang tak sedikit. Tapi Anda tidak harus bingung, berikut ini akan diuraikan beberapa cara untuk menghilangkan karang gigi dengan cara yang cukup mudah dan juga tidak memerlukan biaya yang terlalu banyak.

Tips Membersihkan Karang Gigi

  1. Menggosok gigi dengan benar dan teratur. Biasakanlah untu rajin menggosok gigi setelah makan  maupun sebelum tidur. Tidak hanya rajin, Anda juga harus menggosok gigi dengan benar agar sisa makanan yang dapat menimbulkan plak tidak menempel di gigi.
  2. Biji asam kawak. Caranya sangrailah biji asam kawak, dan kemudian haluskan untuk Anda gunakan sebagai pasta gigi. Gunakanlah sikat gigi ataupun kapas untuk menggosok gigi Anda yang terdapat plak satau karang gigi.
  3. Cengkeh. Kandungan yang terdapat pada cengkeh ini mampu menghilangkan karang gigi. Dengan menghaluskan cengkeh yang Anda jadikan sebagai pasta untuk menggosok karang gigi ataupun dapat Anda jadikan sebagai obat kumur, mampu menghilangkan plak ataupun karang gigi yang menempel di gigi Anda.
  4. Apel. Buah apel ini memiliki kandungan yang berperan untuk melindungi gigi Anda dari plak atau karang gigi. Konsumsilah apel tanpa mengupasnya, karena secara alami dipercaya dapat membersihkan karang gigi.
  5. Berkumur setelah menggosok gigi dengan mouthwash. Setelah mengonsumsi makanan yang mengandung gula taupun tepung, jangan lupa untuk menggosok gigi atau berkumur dengan mouthwash.
  6. Memakai pasta gigi dengan kandungan  fluorid /tartar control. Tidak sembarangan pasta gigi berfungsi untuk membersihkan atau mengurangi karang gigi, pasta gigi dengan kandungan fluorid/tartar control ini mampu mengurangi plak pada gigi Anda.
  7. Baking soda. Anda dapat menggunakan baking soda sebagai pasta gigi. Baking soda ini adalah salah satu bahan yang mampu untuk menghilangkan karang gigi.
  8. Daun sirih. Rebuslah beberapa lembar daun sirih untuk Anda jadikan sebagai obat kumur setiap hari. Daun sirih ini bermanfaat untuk menjaga mulut tetap bersih, mencegah munculnya karang gigi dan sekaligus mampu membersihkan karang gigi.
  9. Minyak buah delima. Dengan cara ini Anda bisa mendapatkan gigi yang bersih dan terbebas dari karang gigi. Rutinlah mengonsumsi minyak dari biji buah delima ini, yang dipercaya memiliki kandungan vitamin C yang dapat menjaga kesehatan gigi.
  10. Konsumi air putih sesering mungkin. Tubuh manusia memerlukan cairan yang cukup untuk menjaga kesehatan tubuh dan menghindarkan dari dehidrasi. Jika sudah terjadi dehidrasi maka akan terjadi banyak masalah di tubuh Anda, diantaranya isa menyebabkan berkurangnya produksi air liur.
  11. Strawberri. Mengonsumsi buah strawberry yang diperkaya akan vitamin C ini dapat membersihkan gigi Anda dari kotoran sisa makanan. Namun tidak dianjurkan juga untuk terlalu sering mengonsumsinya. Karena kandungan vitamin C yang bersifat asam juga tidak baik untuk gigi.
  12. Getah buah sukun. Dengan menggunakan getah buah sukun, karang gigi Anda akan berangsur-angsur hilang. Caranya yaitu, Anda bisa mengoleskan getah buah sukun ke gigi Anda. Selain itu getah buah sukun juga berfungsi untuk mengobati berbagai jenis penyakit gigi.
  13. Melon. Buah melon memiliki kandungan serat  yang mampu membantu produksi air liur Anda. Sehingga gigi akan senantiasa tetap bersih.
  14. Batu bata. Sedikit aneh memang, tapi nyatanya  batu bata dapat Anda gunakan untuk membersihkan karang gigi. Haluskanlah batu bata tersebut sampai benar-benar halus, pakailah pasta gigi maupun dengan tangan Anda untuk mengoleskannya ke bagian gigi Anda. Setelah itu, gosok gigilah seperti biasa.
  15. Tomat. Buah tomat ini mengandung zat yang baik untuk menghilangkan karang gigi, Anda dapat memanfaatkan bagian kulitnya dalam hal untuk mendapatkan gigi yang terbebas dari plak. Caranya bersihkanlah buah tomat, dan ambil hanya bagian kulitnya saja. Gunakan kulitnya untuk menggosok gigi Anda. Diamkanlah sekitar 3 menit. Setelah itu berkumurlah dengan air garam untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
Anda bisa melakukan tips tersebut dirumah tanpa harus mengeluarkan biaya yang cukup mahal. Carilah informasi sebanyak mungkin tentang pemanfaatan hal-hal yang berada disekitar Anda, siapa sangka arang dan batu bata juga dapat Anda gunakan untuk membersihkan karang gigi secara alami.