search-button

Jul 15, 2015

20 Cara Ampuh Menghilangkan Ketombe Secara Alami

   
Advertisements
Menghilangkan Ketombe Secara Alami

Menghilangkan ketombe secara alami, setiap orang tentunya pernah dan pasti mengalami masalah pada kulit kepala yang satu ini, seperti ketombe. Ketombe merupakan gejala pengelupasan kulit kepala yang biasanya juga dapat menimbulkan rasa gatal pada kulit kepala Anda. Ketombe terkadang menjadi salah satu hal yang menyebalkan karena juga dapat merusak penampilan Anda. Seringnya Anda merasa gatal yang tida tertahankan akibat ketombe dan bahkan Anda harus menggaruknya ditempat umum sekalipun. Oh tidak!

Berbagai produk shampoo sudah Anda coba, dan hasilnya tidak terlihat sama sekali, atau bahkan bisa saja semakin memperparah ketombe karena bahan pada produk shampoo yang tidak cocok di kulit kepala. Anda tidak perlu khawatir, dengan cara berikut ini, ketombe Anda akan hilang dengan sendirinya.

Tips Menghilangkan Ketombe Secara Alami

  1. Cuka. Selain sebagai penyedap makanan dan bumbu dapur, cuka juga bisa Anda manfaatkan untuk melawan ketombe yang bersarang dikulit kepala Anda. Penggunaannya juga tidak repot, Anda bisa memanfaatkan cuka putih untuk membilas rambut dan diamkanlah selama 30 menit. Setelah itu keramaslah seperti biasa.
  2. Baking soda. Cobalah cari didapur Anda, pasti Anda juga akan menemukan bahan yang satu ini, ya baking soda! Baking soda dapat digunakan untuk melenyapkan ketombe pada kulit kepala Anda, caranya cukup mudah yaitu dengan membuat larutan dari 1 sendok makan baking soda, kemudian Anda bisa memakainya untuk keramas. Baking soda ini dapat membantu mengangkat sel kulit mati yang terkelupas di kulit kepala Anda yang menyebabkan timbulnya ketombe.
  3. Daun neem. Daun ini dapat dijumpai pada masakan khas India, karena orang-orang India biasa menggunakan daun ini sebagai bumbu untuk masakan mereka. Selain untuk bumbu, ternyata daun neem ini dapat digunakan untuk menghilangkan ketombe di kulit kepala. Caranya, pakailah ampas daun nee mini untuk Anda keramas, setelah itu bilas hingga bersih. Cara ini dapat Anda lakukan    secara rutin agar hasilnya lebih optimal.
  4. Tea tree oil. Tanaman khas Australia ini dapat digunakan sebagai obat pengusir ketombe pada kulit kepala Anda. Dengan mengaplikasikannya ke kulit kepala Anda saat Anda keramas dengan sedikit pijatan pada kulit kepala Anda, dapat menghilangkan ketombe secara alami.
  5. Lidah buaya. Tanaman lidah bnuaya selain baik untuk kesehatan rambut, yaitu dapat membuat rambut Anda lembut cepat bertambah panjang juga mampu mengurasngi gatal dan ketombe pada kulit kepala. Caranya, ambilah lidah buaya, bersihkanlah dan kupas sehingga yang tersisa tinggal daging buahnya saja. Setelah itu potong-potong menjadi bagian yang kecil dan campurkan dengan air perasan jeruk nipis. Aplikasikan kekulit kepala Anda dengan sedikit pijatan, diamkan selama 15 menit lalu keramas seperti biasanya.
  6. Garam. Rasa asin pada garam merupakan senjata ampuh untuk menghilangkan ketombe pada kulit kepala Anda. Ambilah 2 sendok makan garam dan tuangkan kedalam segelas air, setelah itu gunakan airnya untuk menggosok dan memijat kulit kepala Anda yang berketombe, setelah itu keramaslah dengan menggunakan shampoo. Cara ini dapat digunakan sebanyak 2x dalam seminggu untuk mengusir ketombe yang membandel.
  7. Jeruk nipis. Buah ini sudah banyak digunakan para produsen shampoo ternama karena memang memiliki peran yang sangat penting dalam perawatan rambut. Caranya, pilihlah jeruk nipis yang masih segar kemudian potonglah menjadi beberapa bagian, setelah itu gosokanlah secara perlahan ke kulit kepala Anda. Tutuplah kepala Anda dengan handuk, dan biarkanlah semalaman. Cara ini dapat Anda lakukan 3x dalam seminggu untuk memperoleh hasil yang Anda inginkan.
  8. Sinar matahari. Rambut yang sering tertutup akan menjadi lembab dan akhirnya berketombe. Cobalah biarkan kulit kepala dan rambut Anda disinari cahaya matahari. Sinar matahari ini mampu menghilangkan kelembaban pada rambut Anda yang dapat menimbulkan masalah ketombe pada kulit kepala Anda.
  9. Daun pandan. Selain digunakan untuk mewarnai makanan dan juga memberikan harum yang wangi, daun pandan ini juga dapat Anda gunakan untuk menghilangkan ketombe secara alami. Caranya, sediakanlah beberapa lembar daun pandan yang telah dicuci bersih, kemudian haluskan dengan ditambah dengan sedikit air. Setelah itu usapkanlah ke seluruh bagian rambut dan biarkan selamabeberapa menit sampai kering, lalu Anda bisa keramas seperti biasa. Cara ini aman jika dilakukan setiap hari.
  10. Kangkung. Sayuran dengan sejuta manfaat ini berkhasiat sebagai antioksidan dan bahkan sebagai sayuran anti kanker. Namun kangkung ini juga tidak baik dikonsumsi bagi penderita reumatik. Kangkung juga ternyata dapat digunakan sebagai obat anti ketombe lho, caranya dengan memotong kangkung menjadi bagian-bagian kecil, setelah itu rendam semalaman. Pada esok harinya, Anda bisa menggunakan air tersebut untuk keramas, diamkanlah selama15 menit dan setelah itu keramaslah seperti biasa.
  11. Mengkudu. Buah mengkudu dikenal memiliki bau yang menyengat, tetapi jangan salah, meskipun buah ini berbau namun baik digunakan untuk menyembuhkan penyakit darah tinggi, selain itu juga buah ini dapat digunakan sebagai obat penghilang ketombe pada kulit kepala Anda. Caranya, Anda haluskan terlebih dahulu buah mengkudu tersebut kemudian usapkan ke seluruh rambut hingga kulit kepala Anda, lalu diamkan selama 30 menit, setelah itu bersihkanlah dengan air  hingga bau dari buah mengkudu ini hilang.
  12. Yoghurt. Selain enak untuk dikonsumsi dan juga baik untuk kesehatan, tidak ada salahnya Anda memanfaatkan yoghurt sebagai obat penghilang ketombe. Cara ini dipercaya mampu menghilangkan ketombe secara alami. Tuangkanlah beberapa sendok yoghurt kedalam sebuah mangkuk dan tambahkan dengan beberapa tetesan air lemon.Oleskanlah secara merata dan menyeluruh ke bagian kulit kepala Anda, selain dapat menghilangkan rasa gatal di kulit kepala, juga mampu mengurangi ketombe.
  13. Aspirin. Obat yang satu ini dapat dicampur dengan shampoo untuk digunakan setiap kali Anda keramas. Cara tersebut ampuh menghilangkan ketombe dengan baik. Anda hanya tinggal menghaluskan obat aspirin, lalu campur pada shampoo yang akan Anda gunakan untuk keramas, lalu pakailah untuk Anda keramas, setelah itu jangan lupa memakai kondisioner setelah memakai cara ini.
  14. Minyak kelapa. Minyak kealapa dapat menutrisi ke setiap helai rambut, selain itu minyak kelapa memiliki kandungan vitamin E yang bagus untuk membuat rambut panjang dan berkilau, menguatkan rambut dan juga menjaga kesehatan kulit kepala. Selain itu minyak kelapa juga bisa Anda gunakan untuk menghilangkan ketombe di kulit kepala Anda. Caranya, hangatkan terlebih dahulu minyak kelapa tersebut, kemudian usapkan pada kulit kepala Anda dengan sedikit pijatan, diamkanlah selama 1 hingga 2 jam. Setelah itu cuci bersih rambut Anda, agar rambut tetap bersih dan tidak menghilangkan sisa minyak yang masih menempel pada rambut.
  15. Minyak zaitun. Minyak ini memberikan efek kelembaban pada kulit kepala Anda yang diakibatkan karena kulit yang mengelupas penyebab ketombe. Cukup usapkan dan pijat selama beberapa saat kulit kepala Anda dengan minyak zaitun, lalu diamkanlah selama 15 hingga 20 menit, setelah itu keramaslah.
  16. Mouthwash/obat kumur. Pada obat kumur ini ditemukan kandungan yang berfungsi sebagai anti jamur. Obat kumur ini ternyata dipercaya dapat menghilangkan ketombe pada kulit kepala Anda.
  17. Shampoo merang mustika ratu. Pada produk shampoo ini, ternyata sangat ampuh untuk mengusir ketombe di kulit kepala Anda, karena memiliki kandungan air rebusan merang, ekstrak jeruk nipis dan juga climbazole. Gunakanlah shampoo ini saat Anda keramas, lakukan sedikit pijatan di kulit kepala Anda selama 5 menit.
  18. Shampoo selsun. Shampoo yang satu ini juga ternyata memiliki bahan yang cukup ampuh dalam mengatasi masalah ketombe. Shampoo ini tersedia dalam dua pilihan, yaitu dengan kemasan biru dan juga kuning. Jika Anda mengalami masalah ketombe cukup parah, pilihlah shampoo selsun dengan kemasan biru, dan apabila ketombe sudah sedikit berkurang, lebih baik Anda gunakan yang kemasan berwarna kuning karena bahannya yang cukup ringan untuk kulit kepala Anda.
  19. Shampoo yang direkomendasikan dokter kecantikan. Jika dengan shampoo yang dijual bebas dipasaran ketombe Anda belum juga hilang, cobalah untuk berkonsultasi ke dokter. Shampoo racikan dokter biasanya benar-benar ampuh melawan ketombe karena memiliki zat aktif tertentu didalamnya.
  20. Makanan yang sehat dan bergizi. Perbanyaklah Anda untuk mengonsumsi sayur dan buah-buahan, minyak ikan dan juga makanan dengan kadar protein yang cukup tinggi. Jika Anda mengonsumsi makanan dengan tingkat lemak yang tinggi, sebaiknya kurangi atau bahkan hindarilah, karena semakin Anda sering makan makanan berlemak apalagi gorengan, kulit kepala Anda tentu akan berketombe.

Banyak sekali cara yang dapat Anda pilih untuk menghilangkan ketombe secara alami yang ada di kulit kepala tanpa harus takut ketombe Anda akan semakin parah dan membuat rambut rusak.