search-button

Jul 8, 2015

15 Cara Membersihkan Telinga Yang Benar

   
Advertisements
Membersihkan Telinga Tersumbat Dengan Benar

Membersihkan telinga tersumbat menjadi hal yang sangat penting. Kebersihan telinga harus Anda perhatikan agar fungsi pendengaran Anda berjalan dengan baik. Karena jika fungsi pendengaran Anda terganggu, Anda juga akan mengalami kesulitan dalam berkomunikasi karena perlunya orang yang menjadi lawan bicara Anda mengulang-ulang pembicaraannya sampai Anda memahaminya.

Selain itu, jika kebersihan telinga Anda sangat buruk dapat menyebabkan kotoran ditelinga Anda menumpuk jika tidak segera Anda bersihkan. Tetapi Anda juga harus memperhatikan cara yang baik dalam membersihkan telinga, jangan sampai Anda menerapkan dan melakukan cara yang salah dalam membersihkan telinga Anda yang dapat berakibat kerusakan gendang telinga ataupun masalah lainnya.

Tips Membersihkan Telinga Dengan Benar

  1. Air. Caranya, sebelum Anda mandi, siapkan air bersih kemudian tambahkan baby oil, usapkanlah pada telinga Anda dengan menggunakan kain.
  2. Kain basah. Usapkanlah kain basah pada telinga bagian luar secara perlahan-lahan.
  3. Baby oil. Teteskan 2 hingga 3 tetes baby oil ke dalam telinga Anda, biarkan selama satu malam. Dan pada pagi harinya bersihkanlah dengan handuk tipis atau menggunakan alat pembersih telinga.
  4. Cotton bud. Gunakanlah cotton bud untuk membersihkan telinga Anda, lakukanlah dengan hati-hati agar tidak masuk terlalu dalam dan merusak gendang telinga.
  5. Air hangat. Celupkanlah kapas ke air hangat, lintinglah kapas tersebut dan masukkan ke telinga, hati-hati ketika melakukan cara ini karena air tersebut bisa saja mengendap didalam telinga.
  6. Ear candle. Anda diharapkan untuk meminta bantuan teman Anda dalam melakukan cara ini. Caranya yaitu dengan memasukkan batang lilin ke dalam telinga dan bakarlah lilin pada bagian puncaknya.
  7. Hindari kebiasaan untuk sering-sering membersihkan telinga. Dengan seringnya Anda membersihkan telinga, ditakutkan terjadi infeksi di dalam telinga Anda.
  8. Uap panas. Caranya yaitu sediakan satu mangkuk air hangat, arahkan kepala Anda kebagian atas dan tutupi dengan handuk. Setelah itu miringkan kepala dengan mengarahkan telinga ke uap air hangat. Cara ini dipercaya mampu menipiskan dan juga mengencerkan kotoran pada telinga.
  9. Anda bisa mencoba memasukkan air ke telinga Anda pada saat mandi, kemudian miringkan kepala Anda untuk mengeluarkan air di telinga Anda.
  10. Earwax remover. Gunakanlah alat ini untuk membersihkan telinga Anda jika kotoran telinga Anda kering.
  11. Kunjungilah dokter THT untuk membersihkan kotoran pada telinga Anda. Pembersihan telinga ini dilakukan setiap 6 bulan sekali.
  12. Cairan H2O2. Caranya yaitu, sedotlah cairan H2O2 dengan menggunakan pipet, kemudian masukan cairan tersebut ke telinga Anda, lakukan cara ini dengan posisi tidur. Setelah itu diamkan hingga terdengan gelembung atau terasa geli pada telinga Anda, lalu keluarkan cairan tersebut dan sediakan kain atau kapas sebagai penampung cairan yang dikeluarkan dari telinga Anda.
  13. Minyak kelapa. Caranya, tuangkanlah minyak kelapa  kedalam sendok, kemudian panaskan sendok tersebut dengan lilin, setelah minyak teras hangat, celupkan kapas tetapi jangan biarkan kapas terisi penuh dengan minyak. Tempelkan kapas tersebut di telinga Anda dan biarkan kotoran telinga rontok dengan sendirinya.
  14. Bawang putih. Haluskan bawang putih, kemudian masukan kedalam sendok dan panaskan diatas lilin. Jika bawang putih tersebut telah mengeluarkan minyak, gunakan minyaknya untuk diteteskan ke telinga Anda.
  15. Cuka apel. Posisikan kepala Anda dengan posisi miring, kemudian teteskan 2 hingga 3 tetes cuka apel ke dalam telinga Anda. Selanjutnya tempelkan gulungan bola kapas ke telinga Anda dan biarkan selama satu jam.
Lakukanlah cara membersihkan telinga sesuai waktu dan cara yang benar agar memperoleh telinga yang bersih dan membuat Anda nyaman.