search-button

Jul 23, 2015

Cara Membuat 20 Jenis Masker Wajah Alami

   
Advertisements
Membuat Masker Wajah Alami

Jika Anda adalah termasuk orang yang sensitive terhadap berbagai perawatn kulit wajah, atau dalam artian tidak cocok menggunakan produk kosmetik berbahan kimia, cobalah untuk membuat masker wajah alami dirumah yang tentunya sangat aman bagi kulit wajah Anda.

Dengan berbagai bahan alami yang tersedia disekeliling Anda, Anda dapat mencobanya  untuk dipakai sebagai masker perawatan kulit wajah Anda. Dari mulai beras, worterl hingga berbagai sayur dan buah ternyata memiliki kandungan yang baik untuk merawat kulit agar tampak cerah, putih bersinar. Simaklah beberapa cara berikut untuk panduan Anda dalam membuat masker alami.

Cara Membuat Masker Alami Untuk Wajah

  1. Beras. Beras yang Anda biasa konsumsi sebagai makanan pokok sehari-hari juga bisa di manfaatkan sebagai masker untuk wajah Anda. Kandungan berbagai zat pada beraspun memiliki manfaat yang luar biasa bagi kulit wajah Anda, diantaranya mampu membuat kulit menjadi lebih halus, putih dan terhindar dari berbagai noda pada kulit wajah. Caranya :
    • Siapkan satu genggam atau sekitar 3 sendok makan beras dengan kualitas yang bagus. Jangan menggunakan beras yang sudah berkutu, ataupun beras plastic ya, tapi gunakanlah beras asli yang sehat.
    • Cuci beras hingga bersih, rendam selama 10-15 menit agar beras menjadi sedikit lebih lunak.
    • Tiriskan beras yang telah direndam, kemudian haluskan.
    • Setelah beras halus/menyerupai tepung, tempatkan disebuah mangkuk dan beri sedikit air hingga menyerupai pasta.
    • Oleskanlah ke bagian wajah Anda dan diamkan hingga mongering, setelah itu bilas sampai bersih.
  2. Kentang. Jika kulit Anda berjerawat atau kusam, cobalah masker kentang sebagai solusinya. Caranya yaitu haluskanlah kentang dengan cara di parut, setelah itu tempelkan ke bagian wajah dan tunggu hingga mengering.
  3. Bengkoang. Banyak sekali produk kosmetik yang memakai bengkoang sebagai bahan dasarnya, karena memang bengkoang memiliki sejuta manfaat bagai kecantikan wajah. Selain dapat bermanfaat untuk menjadikan kulit putih, bengkoang juga dapat menjadi pencerah wajah dan menghindarkan kulit wajah dari iritasi. Caranya yaitu, potonglah bengkoang menjadi beberapa bagian, setelah itu haluskan, dan kemudian Anda bisa menerapkannya pada kulit wajah Anda. Diamkanlah hingga masker ini mongering, setelah itu basuh dengan air hangat.
  4. Wortel. Dari sayuran wortel ini ditemukan khasiat yang ternyata bagus untuk kulit wajah Anda, yaitu dapat mencegah dari penuaan dini dan membuat kulit tampak lebih bersinar. Caranya :
    • Siapkan 1 buah wortel kemudian cuci bersih.
    • Haluskan wortel dengan menggunakan blender, kemudian tambahkan 1 hingga 2 sendok makan madu.
    • Setelah itu oleskanlah masker wotel ke area wajah Anda dan diamkan beberapa saat sampai mongering.
    • Kemudian bersihkan dengan menggunakan air hangat.
  5. Kopi. Kopi ini selain enak dijadikan sebagai minuman untuk membuat Anda menjadi segar kembali, terhindar dari kantuk, ternyata dapat dijadikan sebagai masker alami untuk wajah. Saat ini juga ada sebuah produk kosmetik yang menambahkan kopi sebagai bahan dasarnya. Selain untuk mengobati jerawat, kopi ini juga dapat membuat kulit Anda menjadi lebih berenergi dan terhindar dari komedo. Caranya, dengan menyiapkan beberapa sendok kopi tanpa gula, kemudian tambahkan sedikit air, jika ada tambahkan dengan sedikit produk susu/cleanser, kemudian lakukan pijatan ringan sebagai scrub pada wajah Anda selama beberapa menit. Diamkanlah hingga maskernya mongering, lalu basuhlah denganair hangat.
  6. Susu. Minuman yang satu ini tidak sulit diperoleh dan juga cukup terjangkau, jadi tidak ada salahnya untuk membuat masker dari susu. Susu dipercaya mampu membuat kulit menjadi putih alami, halus dan juga sehat terawat. Caranya yaitu sediakanlah sebanyak ¼ cangkir susu bubuk dan tambahkan sedikit air hingga menyerupai pasta. Setelah itu Anda bisa mengoleskannya ke daerah wajah.
  7. Tomat. Untuk mengobati jerawat, mencerahkan kulit wajah, tomat adalah jawaban dari apa yang di inginkan Anda. Cukup hanya dengan menghaluskan tomat dan kemudian gunakan sebagai masker pada wajah Anda.
  8. Lidah Buaya. Gel lidah buaya dapat mengobati jerawat, membuat kulit terasa rileks dan halus. Penggunaannyapun terbilang cukup mudah dan tidak memerlukan banyak waktu. Anda hanya perlu membersihkan  wajah Anda terlebih dahulu, kemudian oleskan gel lidah buaya pada wajah Anda, sampai tunggu beberapa saat kemudian basuhlah dengan air hingga bersih.
  9. Kunyit. Pada kunyit ditemukan banyak zat berupa zat warna kurkuminoid yang merupakan senyawa diarilheptanoid 3-4% yang merupakan gabungan dari dihidrokurkumin, curcumin, desmetokskurkumin dan bisdesmetokskurkumin, juga masih banyak zat yang terkandung dalam kunyit ini yang berfungsi untuk mencerahkan wajah, mengobati jerawat, mengobati gatal, dan mampu melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Cara membuat masker dari kunyit ini cukup mudah yaitu :
    • Sediakan beberapa ruas kunyit, bersihkan dan kemudian haluskan.
    • Tambahkan dengan putih telur, agar warna kuning pada kunyit tidak membekas pada kulit wajah Anda.
    • Oleskanlah ke area wajah Anda, dan tunggu beberapa saat, setelah itu Anda bisa membersihkannya dengan air hangat, kemudian dilanjutkan dengan membersihkannya dengan cleanser.
  10. Madu. Madu diperkaya akan antioksidan, antibakteri, vitamin B dan juga vitamin C. Manfaat madu untuk kecantikan kulit wajah Anda diantaranya : mampu melindungi kulit, melembabkan, mencegah penuaan, membantu dalam proses regenerasi kulit, bahkan mengobati sekaligus menghilangkan noda bekas jerawat. Caranya, bersihkan dahulu wajah Anda dengan menggunakan air hangat, kemudian oleskan madu pada wajah dan tunggu selama 15-20 menit, atau Anda juga bisa menggunakan masker madu ini semalaman untuk hasil yang maksimal. Ke esokan paginya Anda dapat membersihkannya dengan menggunakan air dingin.
  11. Jeruk Nipis. Buah yang satu inimemiliki kandungan vitamin C yang cukup banyak sehingga mampu membuat kulit menjadi lebih lembab, bahkan bisa menghilangkan berbagai masalah kulit seperti jerawat dan juga cocok digunakan untuk wajah berminyak. Caranya mudah sekali, yaitu bersihkanlah wajah Anda dengan air hangat, kemudian oleskan air perasan jeruk nipis ini ke kulit wajah Anda.
  12. Mentimun. Selain baik untuk menghilangkan mata panda/lingkaran hitam di bawah mata, mentimun juga berkhasiat untuk mencerahkan kulit wajah. Caranya dengan menghaluskannya dan menjadikannya sebagai masker pada wajah Anda.
  13. Alpukat. Pada buah alpukat ini Anda bisa menemukan berbagai manfaat bagi kesehatan kulit Anda, yaitu dapat melembabkan membuat kulit menjadi tampak awet muda, bahkan kulit akan tampak menjadi putih alami. Caranya :
    • Ambilah daging buah alpukat sekitar setengah bagian buahnya.
    • Kemudian tambahkan 1 buah kuning telur dan ¼ cangkir susu, aduklah hingga semuanya tercampur rata.
    • Oleskanlah masker ini ke wajah Anda, kemudian biaran selama 15 hingga 30 menit atau sampai maskernya mengering, setelah itu basuhlah dengan air.
  14. Buah Melon dan Buah Semangka. Pada kedua buah ini banyak sekali kandungan airnya yang bagus untuk kulit wajah Anda. Buah melon maupun semangka ini sangat cocok digunakan oleh Anda yang memiliki kulit kering ataupun yang sering beraktivitas di luar ruangan. Manfaat dari kedua buah ini adalah menjadikan kulit lembab dan tidak mudah hitam/gelap karena terkena paparan sinar matahari. Caranya :
    • Potonglah buahmelon ataupun semangka menjadi beberapa potongan kecil, kemudian haluskan dengan menggunakan blender.
    • Karena buah ini memiliki kandungan air yang banyak, dengan kata lain sulit untuk diaplikasikan ke wajah, gunakanlah kapas sebagai media untuk menempelkannya di wajah Anda.
    • Setelah kapas yang telah dicelupkan tadi ditempelkan ke bagian wajah Anda, diamkanlah selama sekitar 15 menit, dan setelah itu bilaslah wajah Anda dengan menggunakan air hangat.
  15. Pepaya. Buah papaya sangat cocok digunakan sebagai masker untuk kulit wajah karena berkhasiat untuk meremajakan kulit, membantu pengelupasan sel kulit mati, bahkan membuat kulit Anda tampak putih alami. Caranya :
    • Potonglah buah papaya menjadi bagian-bagian kecil, kemudian haluskan.
    • Tambahkanlah dengan sedikit madu dan aduk hingga merata.
    • Aplikasikan sebagai masker pada wajah Anda dan diamkan hingga masker mongering. Setelah itu bilaslah dengan air.
  16. Strawberry. Bagi Anda yang memiliki kulit berminyak, buah strawberry sangat cocok digunakan sebagai perawatan kulit Anda. Strawberry dipercaya mampu mempercepat proses pengelupasan sel kulit mati,  membuat kulit kusam memnjadi cerah alami bahkan menjadi lebih segar dan putih. Caranya :
    • Siapkan 7 hingga 8 butir buah strawberry, kemudian haluskan.
    • Tambahkan dengan sedikit susu segar dan campurkan hingga merata.
    • Oleskanlah pada wajah Anda dan diaman hingga beberapa saat sampai kandungan dari masker ini meresap sempurna ke wajah Anda. Kemudian bersihkanlah dengan air hangat.
  17. Nanas. Buah nanas memiliki manfaat untuk dapat mengecilkan pori-pori Anda dan juga dapat berperan sebagai penyegar kulit wajah Anda. Karena buah ini tidak baik dikonsumsi oleh perempuan, maka gunakanlah sebagai masker untuk kulit wajah Anda. Caranya yaitu, haluskanlah beberapa potong buah nanas , kemudian jadikan sebagai masker untuk kulit wajah Anda. Diamkanlah hingga masker ini mengering dan bilas dengan air hangat.
  18. Mengkudu. Buah mengkudu ternyata bisa digunakan untuk masker wajah alami lho. Dengan masker mengkudu ini Anda bisa mendapatkan kulit yang lembab, bahkan dapat memperlambat proses penuaan, mengobati jerawat dan juga membuat kulit wajah Anda menjadi lebih rileks. Caranya :
    • Siapkan 2 buah mengkudu, kemudian peras hingga keluar airnya.
    • Celupkan kapas kemudian tempelkan pada wajah Anda dan diamkan hingga kapasnya kering. Setelah itu bilas dengan air hangat.
  19. Pisang. Vitamin C, B, E dan juga potassium dapat ditemukan pada buah pisang. Zat-zat seperti ini baik untuk kesehatan kulit wajah Anda, diantaranya dapat menghaluskan kulit, sebagai pencerah alami, mempercepat proses pengelupasan sel-sel kulit mati juga mampu mengobati jerawat. Caranya :
    • Pilihlah pisang yang sudah cuku matang, lebih baiknya Anda pilih pisang ambon.
    • Haluskan pisang dan tambahkan sedikit madu jika ada, tidak memakai madupun juga tidak masalah.
    • Oleskan kebagian wajah dan diamkan hingga dirasa sudah meresap ke kulit. Basuh dengan air hangat.
  20. Putih telur. Pada telur ternyata dapat ditemukan beberapa manfaat untuk kecantikan kulit wajah Anda. Anda bisa memanfaatkan bagian putih telurnya sebagai masker pada kulit wajah Anda. Khasiat penggunaan putih telur ini adalah mampu menjadikan kulit Anda tampak lebih putih, terasa halus, kencang, bahkan dapat mengobati jerawat. Masker putih telur ini juga cocok digunakan bagi Anda yang memiliki kulit berminyak. Caranya yaitu, cukup ambil satu utir telur dan ambil bagian putih telurnya saja, kocok hingga berbusa dan busa inilah yang digunakan untuk dioleskan ke bagian kulit wajah Anda. Diamkanlah hingga masker ini mongering, kemudian bilas dengan air hangat.

Itulah berbagai cara yang dapat Anda lakukan dirumah untuk membuat masker wajah alami dalam perawatan kecantikan kulit wajah Anda. Jangan lupa untuk mencobanya ya, dan rasakan berbagai manfaatnya.