search-button

Jul 9, 2015

20 Cara Memutihkan Gigi Kuning Secara Alami

   
Advertisements
Cara Memutihkan Gigi Alami

Kurangnya perawatan pada gigi tentunya akan menyebabkan gigi menjadi kuning tak terawat. Gigi yang kuning ternyata mampu menurunkan rasa ketertarikan seseorang lho. Orang yang memiliki gigi yang kuning sering dikaitkan dengan rasa malas dan kurang bisa menjaga kesehatan giginya. Jika Anda adalah salah satu diantaranya, mulai saat ini juga Anda harus segera memutihkan gigi kuning tersebut.

Bleaching ataupun cara yang instan tentunya menjadi buruan yang sekarang sedang banyak diminati. Padahal secara tidak sadar, cara-cara tersebut bahkan dapat merusak lapisan alami gigi Anda. Nah lho! Jadi bagaimana cara mendapatkan gigi yang putih bersih tentunya tanpa merusak lapisan alami gigi Anda?

Tips Memutihkan Gigi

  1. Siwak. Siwak adalah dahan/akar pohon yang dapat digunakan untuk menggosok gigi. Dengan siwak ini, gigi Anda akan tetap bersih.
  2. Arang kayu. Meskipun arang kayu ini berwarna hitam, tetapi dipercaya mampu memutihkan gigi. Jadikanlah arang kayu ini sebagai pasta gigi, namun gunakanlah arang pada porsi yang secukupnya dan lakukan dengan hal yang wajar, karena jika digunakan secara berlebihan dapat merusak email gigi Anda, dan bahkan dapat membuat sakit pada gigi Anda.
  3. Kulit jeruk. Bagian dalam kulit jeruk yang berwarna putih dapat digunakan untuk menggosok gigi dan dapat menjadikan gigi Anda senantiasa putih jika Anda melakukannya setiap hari. Namun, bagi Anda yang memiliki gigi sensitive sebaiknya berhati-hatilah, karena kandungan vitamin C yang ada pada kulit jeruk ini tidak begitu ramah terhadap gigi yang sensitive.
  4. Strawberry. Konsumsilah buah strawberry yang dipercaya mampu untuk menjaga kebersihan gigi.
  5. Apel. Buah apel juga memiliki kandungan yang baik untuk menjaga kesehatan dan kebersihan gigi. Dengan mengonsumsi apel secara rutin, Anda dapat memperoleh gigi yang senantiasa bersih.
  6. Wortel. Sayuran yang satu ini juga ternyata bagus untuk menjaga dan merawat kesehatan gigi. Sayuran yang satu ini banyak mengandung vitamin A. Selain gigi Anda bersih, mata Anda juga akan sehat.
  7. Seledri. Tidak hanya untuk penyedap makanan, seledri ini juga dapat membantu Anda untuk menjaga agar gigi Anda tetap bersih. Dengan mengonsumsi seledri, Anda dapat memperoleh gigi yang bersih.
  8. Ramuan pasta gigi tradisional. Pasta gigi tidak harus selalu terbuat dari bhan-bahan kimia yang dapat mudah Anda jumpai di supermarket ataupun sejenisnya. Dengan bahan-bahan tradisional Anda bisa membuat pasta gigi sendiri dirumah. Caranya, siapkanlah beberapa lembar daun salam, dan kulit jeruk yang sudah mengalami proses penjemuran dan menjadi lebih kering, setelah itu haluskan dan tambahkan sedikit air agar dapat menyerupai seperti pasta. Gunakanlah ramuan ini sebagai pasta gigi Anda sehari-hari.
  9. Lemon dan garam. Peraslah lemon dan ambil airnya, kemudian tambahkna dengan sedikit garam. Gunakanlah campuran kedua bahan ini untuk Anda menggosok gigi. Namun cara ini juga tidak disarankan dilakukan setiap saat karena dapat merusak gigi.
  10. Baking soda. Oleskanlah baking soda kesetiap bagian gigi Anda, dan diamkan selama sekitar 10 menit, setelah itu Anda bisa menggosok gigi seperti biasa. Cara ini juga tidak dianjurkan untuk dilakukan secara rutin karena dapat merusak lapisan alami gigi Anda. Sebaiknya lakukan cara ini 1 sampai 2 kali dalam sebulan.
  11. Menghentikan kebiasaan merokok. Berbagai zat yang terdapat dalam rokok justru dapat membuat gigi Anda menguning. Sebaiknya hentikan kebiasaan merokok Anda agar gigi Anda tetap putih dan bersih.
  12. Biji buah pinang. Khasiat dari biji buah pinang ini sangat banyak sekali, diantaranya dapat memperkuat gigi, membantu untuk merawat dan memutihkan gigi. Caranya cukup Anda sangria, haluskan dan kemudian gosokanlah ke gigi Anda dengan sabut pinang atau kain katun. Cara ini bisa dilakukan sebanyak 2 minggu sekali.
  13. Konsumsi makanan yang memiliki kandungan kalsium yang tinggi. Susu, keju, yoghurt maupun makanan lain yang berkalsium tinggi mampu menjaga kesehatan gigi, dapat menguatkan juga memutihkan gigi Anda.
  14. Menyikat gigi secara rutin. Tidak heran orang yang rajin menggosok gigi akan memiliki gigi yang senantiasa putih. Lakukanlah minimal 2 kali sehari.
  15. Kulit pisang. Setelah Anda memakan buah pisang, jangan terburu-buru untuk membuang kulitnya. Ternyata kulit pisang memiliki fungsi sebagai pembersih juga pemutih gigi Anda. Gosokanlah bagian dalam kulit pisang ke gigi Anda.
  16. Kurangi minum minuman mengandung kafein seperti kopi, dan juga kurangi konsumsi teh herbal. Kedua minuman ini ternyata dapat membuat gigi Anda kuning. Setiap Anda menggosok gigipun harus menggunakan pasta gigi khusus untuk menghilangkan noda kuning yang menempel di gigi Anda.
  17. Kurangi mengonsumsi minuman penambah energy. Pada minuman ini terkandung gula dan juga asam yang dapat menyebabkan gigi Anda kuning.
  18. Permen karet. Dengan mengunyah permen karet yang memiliki kandungan gula yang rendah, dapat membantu memutihkan gigi hingga bersih. Disisi lain jika Anda sedang mengunyah permen karet, hal ini dapat merangsang produksi air liur yang mengandung enzim yang alami yang berperan untuk menjaga keasaman mulut.
  19. Nanas/jeruk. Kedua buah ini memiliki kandungan citrus yang baik untuk menghasilkan air liur. Karena dengan air liur, kotoran sisa makanan yang terselip di gigi akan mudah keluar.
  20. Brokoli. Ternyata dengan mengonsumsi sayuran yang satu ini Anda  juga dapat merasakan kegunaannya yang berperan untuk menjaga gigi agar senantiasa putih dan bersih. Brokoli memiliki kandungan zat yang bisa menguatkan email gigi dengan cara memberikan lapisan anti-asam pada gigi Anda.
Dengan menerapkan rajin sikat gigi dan juga pola makan yang sehat, Anda akan mendapatkan gigi putih yang sehat dan juga terawat. Jangan malas untuk selalu merawat gigi, karena jika tidak rajin merawatnya maka Anda akan dihadapkan untuk mencari cara memutihkan gigi kuning Anda tersebut!