search-button

Jul 5, 2015

20 Cara Terampuh Mengatasi Iritasi Kulit

   
Advertisements
Mengatasi Iritasi Kulit
via: (@Cyron) flickr.com

Memiliki kulit yang sehat adalah impian setiap orang. Terkadang iritasi kulit dapat mengganggu penampilan Anda. Iritasi kulit dapat disebabkan oleh udara yang terlalu lembab ataupun terlalu panas, parfum, produk pembersih rumah tangga, sabun cuci, sabun mandi, dan bahan kimia lainnya.

Iritasi kulit ini dapat menyebabkan beberapa gangguan kesehatan kulit, seperti kulit yang kemerahan, gatal, kering, bersisik bahkan radang. Jika penyebabnya akibat dari bahan kimia yang biasa Anda gunakan, sebaiknya kurangilah takarannya bahkan jika Anda bisa Anda dapat menggantinya dengan produk lain yang lebih aman. Tetapi jika penyebabnya karena factor lingkungan, Anda harus cerdas dalam merawat kulit agar terhindar dari iritasi.

Tips Mengatasi Iritasi Kulit

  1. Gunakan mentimun sebagai perawatan kulit. Caranya cukup dengan dibersihkan, kemudian dipotong tipis-tipis, dan setelah itu Anda bisa menempelkannya ke bagian kulit untuk mencegah iritasi.
  2. Untuk mengatasi iritasi pada bagian wajah, Anda bisa membuat masker dari bahan madu dan telur.
  3. Anda bisa mencoba membuat pasta yang terbuat dari madu dan kayu manis sebagai cara untuk menyembuhkan dan mengatasi iritasi kulit.
  4. Sari apel. Dengan sari apel ini Anda bisa menjadikannya sebagai obat oles untuk mengatasi iritasi kulit. Kompres dingin. Cara ini dapat dilakukan jika iritasi pada kulit Anda mengalami pembengkakan dan menimbulkan rasa nyeri.
  5. Gel lidah buaya. Kandungan yang ada di gel lidah buaya ini sanagt baik untuk kesehatan kulit, terutama untuk mengatasi iritasi kulit. Anda bisa menggunakannya sebagai obat oles.
  6. Minyak chamomile. Cobalah Anda aplikasikan minyak ini sebagai obat oles ke bagian kulit yang teriritasi.
  7. Oatmeal. Caranya haluskan oatmeal, kemudian campurkan ke dalam air hangat yang akan digunakan Anda untuk mandi.
  8. Biasakan madi dengan waktu yang tidak terlalu lama. Jika Anda menggunakan air hangat untuk mandi, sebaiknya mandilah dengan cepat dan pakailah sabun dengan wajar.
  9. Jagalah kebersihan tubuh, dengan mandi 2 kali sehari.
  10. Jangan terlalu sering menggosokan handuk ke kulit, tepuk-tepukkanlah untuk mengeringkan kulit yang basah. Hal ini disebabkan gosokan handuk ke kulit dapat menimbulkan iritasi.
  11. Pakailah pelembab dengan kandungan SPF dan UV filter yang cukup, apalagi jika Anda gemar beraktivitas di luar ruangan, sebagai tambahannya Anda bisa memakai pelindung kulit, seperti penutup kepala dan memakai kacamata.
  12. Baking soda. Selain untuk bahan membuat kue bolu, baking soda mampumengatasi masalah iritasi kulit.
  13. Istirahat yang cukup, 6 sampai 8 jam per hari. Dengan istirahat yang cukup, kulit akan terasa lebih segar dan sehat.
  14. Perbanyak minum air putih.
  15. Baking soda yang dicampurkan dengan sedikit air, Anda bisa langsung menempelkannya ke bagian kulit Anda.
  16. Rajin berolahraga. Selain menjaga kebugaran tubuh, olahraga juga dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan terhindar dari iritasi kulit.
  17. Biasakan setelah mandi untuk mengoleskan pelembab yang tentunya dengan bahan yang aman untuk kulit.
  18. Cobalah Anda membuat masker bengkoang untuk mengobati iritasi kulit Anda. Sensasi dingin di kulit memberikan rasa nyaman.
  19. Cobalah memperbanyak mengonsumsi makanan yang dapat melembabkan kulit. Anda bisa konsumsi ubi jalar, wortel maupun brokoli yang juga mengandung zat antioksidan.
  20. Anda bisa mencoba mengoleskan minyak kelapa, minyak zaitun ataupun minyak almond untuk mempertahankan kelembaban kulit dan mencegah dari dehidrasi kulit.
Pandai-pandailah memilih produk rumah tangga maupun produk kecantikan, usahakan Anda memilih produk yang aman dan baik juga untuk kesehatan kulit Anda agar Anda dapat terhindar dari iritasi kulit.