search-button

Jul 14, 2015

15 Cara Mengecilkan Perut Secara Alami

   
Advertisements
Mengecilkan Perut Secara Alami

Perut buncit dapat disebabkan karena beberapa faktor, diantaranya karena kebiasaan buruk Anda misalnya banyak makan atau ngemil pada saat malam hari, mengonsumsi minuman beralkohol, duduk terlalu lama,banyak mengonsumsi makanan instant, menunda waktu makan, terlalu banyak makan makanan mengandung gas, jarang berolahraga, tidur setelah makan dan masih banyak lagi. Faktor yang lainnya disebabkan secara alami, misalnya pada wanita yang sudah melahirkan, biasanya bagian perutnya akan mengalami buncit.

Bagi Anda yang memiliki perut buncit, tentunya akan sangat khawatir tidak bisa memiliki perut yang ramping seperti sedia kala. Namun jangan khawatir, beberapa cara berikut dapat membantu Anda untuk mendapatkan perut Anda ramping kembali.

Tips Mengecilkan Perut Buncit Secara Alami

  1. Berjalan atau berlari. Meskipun hanya sekedar berjalan atau melakukan lari-lari kecil, mampu sedikitnya mengurangi lemak penyebab dari buncitnya perut Anda. Tetapi tentunya cara ini harus sering Anda lakukan, tidak semata-mata perut Anda langsung ramping kembali. Biasakanlah jika pergi keluar rumah dengan jarak yang tidak terlalu jauh, Anda bisa menempuhnya dengan berjalan kaki.
  2. Sit up. Gerakan pada olahraga ini sangat mengandalkan sekali kekuatan otot perut, sehngga dipercaya mampu mengurangi perut buncit. Jika Anda kesulitan dalam olahraga ini, mintalah bantuan teman Anda.
  3. Bersepeda. Selain menyenangkan, bersepeda ternyata bermanfaat untuk membantu Anda dalm program untuk membuat perut Anda ramping. Hanya dengan waktu sekitar 30 menit, sebanyak 300 kalori sudah mampu terbakar. Jadi tidak ada salahnya mulai sekarang untuk bersepeda.
  4. Minum air putih. Ternyata, orang yang jarang sekali minum air putih akan mengalami perut buncit. Lha kenapa bisa? Air putih itu berperan sebagai pencair konsentrasi sodium pada tubuh manusia, oleh karenanya jumlah air yang akan dikeluarkan tubuh akan meningkat. Selain itu kinerja empedu juga lebih optimal untuk membuang semua zat yang tidak diperlukan oleh tubuh. Rajinlah minum air putih,karena jika Anda tidak minum, makanan yang Anda konsumsiakan menyebabkan perut Anda semakin buncit.
  5. Kurangi porsi makan. Anda bisa sering makan, atau jangan langsung mengurangi kebiasaan makan Anda demi mendapatkan perut yang ramping, makanlah sesuai kebiasaan Anda tapi kurangi porsinya. Kalau perlu, Anda mulai biasakan dengan membuat jadwal makan Anda, selain Anda dapat makan tepat waktu, perut Anda juga akan selalu terasa kenyang.
  6. Gantilah konsumsi karbohidrat dengan protein dan juga serat. Mulailah dari sekarang Anda konsumsi makanan seperti sereal gandum, nasi merah dan sebagainya sebagai pengganti nasi putih. Selain  itu jika Anda sering mengkonsumsi gula pasir dalam jumlah yang tidak sedikit, gantilah dengan gula yang rendah kalori.
  7. Tidurlah minimal 7 hingga 8 jam per hari. Dengan cukupnya Anda beristirahat, perut Anda tidak akan mengalami buncit. Jika jam tidur Anda kurang, akan mempercepat rasa lapar pada perut Anda sehingga Anda akan sering makan. Lain halnya jika jam tidur Anda berlebih, lemak dari makanan yang Anda konsumsi akan sulit diuraikan, sehingga lemak tersebut akan menumpuk di perut Anda.
  8. Konsumsi buah dan sayur. Serat yang banyak terdapat dalam buah dan sayuran . Pada orang dewasa diperlukan sebanyak 21 gram serat untuk perharinya.
  9. Berhenti makan makanan yang digoreng. Secara tidak sadar, gorengan mengandung banyak lemak, kadar minyak yang ada dalam makanan yang digoreng itu bisa menempel di bagian dalam dinding perut yang menyebabkan perut Anda menjadi buncit.
  10. Air jeruk hangat dan madu. Rasa asam pada jeruk akan membantu Anda untuk menghancurkan lemak di perut, jika Anda ingin mendapatkan perut yang ramping, biasakanlah untuk mengonsumsi minuman air jeruk hangat dengan campuran madu sebagai pelengkapnya dan juga dapat memberikan khasiat lainnya untuk kesehatan Anda.
  11. Kunyit asam. Jika Anda termasuk orang yang sibuk atau bahkan malas untuk berolahraga, minuman yang satu ini bisa Anda coba untuk menghilangkan lemak diperut. Pada minuman tersebut terdapat kandungan kurkumin, vitamin C, mineral dan minyak atsiri yang berkhasiat untuk melangsingkan tubuh dan juga menjaga kesehatan tubuh Anda. Dengan rajin mengonsumsi minuman ini, timbunan lemak yang ada pada perut Anda akan berangsur-angsur hilang.
  12. Es teh dengan rasa peppermint. Minumlah es teh dengan kandungan gula yang rendah atau bahkan tanpa gula sedikitpun. Juga dengan peppermint ini dapat membantu Anda dalam menghilangkan lemak di perut.
  13. Teh hijau. Khasiat dalam teh hijau ini sangat banyak sekali. Kandungan catechin atau yang dikenal sebagai zat antioksidan yang terdapat pada teh hijau mampu mengurangi lemak yang tertimbun di perut Anda. Teh hijau juga baik diminum sebelum Anda melakukan latihan aerobic karena dapat meningkatkan proses pembakaran lemak.
  14. Buah  Nanas. Pada buah nanas terkandung zat yang disebut bromelain, yaitu enzim yang berfungsi untuk memecah protein, melancarkan proses pencernaan dan bahkan dapat mencegah perut kembung.
  15. Smoothie buah semangka. Pada buah semangka ini banyak sekali kandungan airnya, dan tentunya berperan sebagai hydrator yang alam. Selain itu semangka juga mengandung Lycopene dengan fungsi sebagai pembasmi kanker, asam amino yang berperan sebagai arginin yang dipercaya dapat menurunkan lemak pada tubuh dan untuk meningkatkan massa otot Anda.
Ayo biasakanlah berolahraga dan melakukan beberapa cara mengecilkan perut secara alami seperti diatas agar perut Anda tidak buncit. Tanpa perut yang buncit, Anda bisa bebas memilih berbagai jenis pakaian yang Anda sukai karena tidak takut pakaian tersebut tidak muat di tubuh Anda.