search-button

Jul 4, 2015

20 Cara Jitu Menghilangkan Sakit Perut

   
Advertisements
Menghilangkan Sakit Perut Dengan Cepat
via: athleteculture.com

Sakit perut sangat mengganggu sekali, terkadang disela-sela kesibukan bisa menjadi penghilang konsentrasi, dan bahkan membuat Anda tidak bisa beraktivitas sama sekali karena sakit perut yang menyiksa Anda. Banyak penyebab dari sakit perut yang Anda alami, dari mulai sakit perut karena makan makanan terlalu pedas, terlalu asam, terlalu banyak mengkonsumsi kopi, sakit perut saat haid, hingga disebabkan karena masuk angin ataupun yang disebabkan karena sakit maag. Anda hanya perlu tahu cara mengetahui penyebab sakit perut yang Anda alami agar penanganannya bisa tepat sasaran karena beda penyebabnya beda pula cara penanganannya.
Cara Menghilangkan Sakit Perut Secara Alami
  1. Minyak kayu putih. Dengan cara ini Anda cukup mengoleskan minyak kayu putih kebagian perut, dan jika perlu oleskan ke bagian punggung Anda agar terasa lebih hangat dan mengurangi rasa sakit pada perut.
  2. Air hangat. Minumlah air hangat untuk menghilangkan sakit perut saat haid, dengan cara ini perut Anda akan menjadi terasa lebih hangat dan rasa sakitnya bisa sedikit berkurang.
  3. Pisang. Dengan mengonsumsi pisang dipercaya memiliki khasiatyang baik untuk meredakan sakit perut.
  4. Konsumsi makanan berkarbohidrat. Nasi, gandum maupun kentang dapat menjadi solusi penanganan sakit perut Anda, karena karbohidrat memiliki efek penenang sakit perut dan juga berperan untuk memperlancar pencernaan. Dengan cara ini Anda juga dapat dengan mudah untuk menghilangkan sakit perut akibat makan pedas.
  5. Air kelapa. Minumlah air kelapa jika Anda merasakan sakit perut. Air kelapa ini mengandung elektrolit yang berperan untuk mengendalikan tekanan darah dan gula alami penambah kalori.
  6. Cobalah untuk memanfaatkan jahe sebagai obat sakit perut Anda. Caranya, sediakan teh  hangat kemudian tambahkan beberapa irisan jahe, minuman ini sangat membantu meredakan nyeri perut Anda.
  7. Teh herbal. Seduhlah teh herbal, kemudian minumlah saat hangat. Tetapi teh herbal ini tidak bisa dikonsumsi secara berlebihan karena dapat menimbulkan efek yang tidak baik bagi perut.
  8. Sup hangat. Ketika perut Anda sakit, memang enak jika bisa mengonsumsi makanan hangat, cobalah makan sup saat dalam keadaan hangat dan rasakan manfaatnya.
  9. Selai apel. Ambil satu lembar roti, olesi mentega dan tambahkan selai apel diatasnya. Cara ini dapat meredakan sakit perut Anda.
  10. Makanlah biscuit. Biskuit ini mampu lebih cepat diserap tubuh dan berguna untuk mengurangi rasa mual.
  11. Jambu biji. Dari setiap bagian dari tanaman jambu biji ini berkhasiat untuk meredakan sakit perut. Anda bisa merebus beberapa lembar daun jambu biji, kemudian ambil airnya untuk diminum sebanyak 2 kali sehari sampai sakit perut reda.
  12. Daun mengkudu. Caranya bersihkan terlebih dahulu, tumbuk, lalu rebus bersama dengan sedikit garam, kemudian saring airnya dan minum.
  13. Asam jawa. Ambil beberapa potong buah asam jawa, tambahkan dengan kapur sirih dan minyak kayu putih. Kemudian tumbuk hingga halus, setelah itu Anda bisa mengaplikasikannya sebagai obat oles pada perut yang sakit.
  14. Jalan-jalan. Hal ini bisa dilakukan untuk menghilangkan sakit perut kembung, Anda bisa sedikit berjalan-jalan untuk mengurangi nyeri tersebut.
  15. Anda bisa mencoba dengan cara mengompres perut Anda dengan menggunakan air hangat.
  16. Jika sakit perut Anda karena susah buang air besar, perbanyaklah konsumsi makanan yang mengandung banyak serat.
  17. Jika perut terasa sakit dan Anda sudah tidak mampu menahannya dengan duduk, cobalah baringkan di tempat tidur, bersikaplah yang rileks agar nyeri bisa berangsur-angsur pulih.
  18. Jintan hitam.  Seduhlah jintan hitam dengan ditambah sedikit garam. Kemudian setelah dingin minum air tersebut sampai sakit perut terasa sudah sembuh.
  19. Kunyit. Caranya Anda cuci kunyit sampai bersih, kemudian parut, setelah itu peras, tambahkanlah sedikit air dan setelah itu Anda minum sebanyak 2 kali sehari yaitu sebelum sarapan dan sebelum tidur.
  20. Teh lemon madu. Anda juga bisa mencoba untuk menambahkan lemon dan madu pada seduhan teh Anda. Minumlah secara rutin.
Itulah beberapa cara menghilangkan sakit perut. Tetapi sebaiknya Anda mencegah penyebab sakit perut agar Anda juga tidak perlu merasa tersiksa dengan nyeri perut tersebut.