search-button

Jul 4, 2015

15 Cara Mengobati Gatal Pada Kulit Tangan Dan Kaki

   
Advertisements
Gatal Pada Telapak Tangan dan Kaki

Jika rasa gatal tiba-tiba datang, apalagi disaat yang tidak tepat sangat mengganggu sekali. Entah itu gatal pada tangan dan kaki yang disebabkan karena gigitan serangga, nyamuk, alergi bahkan karena kulit kering.
Gatal pada tangan dan kaki dirasa belum terlalu mengganggu bisa saja Anda menggaruknya sekali dua kali, tetapi bagaimana jika Anda harus menggaruknya berulang-ulang kali dengan tenaga yang cukup ekstra? Hati-hati kulit Anda nanti bisa lecet bahkan luka-luka. Lalu apa yang harus dilakukan jika terserang gatal-gatal tanpa harus menggaruknya?

Mengobati Gatal Pada Kulit Tangan dan Kaki.

  1. Gel pereda rasa gatal. Apa salahnya jika Anda mencoba gel pereda rasa gatal, caranya cukup Anda oleskan pada kulit yang dirasa gatal. Gel ini bisa Anda dapatkan di apotek.
  2. Minyak kayu putih. Cukup dengan mengoleskan minyak kayu putih pada bagian tangan atau kaki Anda yang gatal.
  3. Belerang endap/salep belerang. Salep belerang ini bisa Anda gunakan untuk mengobati rasa gatal, namun pemakaian salep ini tidak boleh secara terus menerus dipakai, jangka waktunya hanya 3 hari, jika masih terasa gatal Anda boleh berkonsultasi ke dokter atau mencari obat alternatif lain.
  4. Sabun mandi anti bakteri. Anda bisa mengganti sabun mandi dengan sabun anti bakteri, gunakanlah setiap Anda mandi.
  5. Minyak zaitun. Dengan mengoleskan minyak zaitun pada kulit dan pada telapak tangan atau kaki yang gatal, dapat sedikit menghilangkannya. Selain itu minyak zaitun juga dipercaya memiliki kandungan yang baik untuk kulit.
  6. Daun salam. Selain dijadikan penyedap makanan, daun salam juga dapat Anda gunakan sebagai obat pereda gatal. Caranya dengan mencucinya hingga bersih kemudian haluskan, setelah itu tempelkan pada kulit yang gatal.
  7. Daun biduri. Anda bisa mencoba membuat kompresan dengan menggunakan daun biduri yang diberi sediki tminyak kelapa, kemudian panaskan. Setelah itu Anda dapat menempelkannya dibagian kulit yang terasa gatal.
  8. Minyak goreng. Dengan mengoleskan minyak goreng yang diberi sedikit garam ke bagian kulit yang gatal, dipercaya mampu meredakan rasa gatal di kulit Anda. Hal ini merupakan salah satu alternatif obat gatal pada kulit tangan dan kaki.
  9. Daun mahkota dewa. Caranya Anda haluskan beberapa lembar daun mahkota dewa, kemudian oleskan ke bagian kulit yang gatal.
  10. Anda dapat memanfaatkan kulit batang kamboja yang telah Anda haluskan untuk membalur kulit yang gatal.
  11. Kunyit. Buatlah ramuan untuk mengobati gatal Anda dengan beberapa bahan seperti kunyit, temulawak dan sambiloto. Bersihkanlah semua bahan dan rebus, kemudian saring airnya dan minum secara rutin sebanyak 2 kali sehari sampai gatal-gatalnya sembuh.
  12. Daun sidaguri dan minyak kelapa. Haluskanlah daun sidaguri kemudian tambahkan sedikit minyak kelapa, setelah semua bahan tercampur rata, tempelkan bahan tersebut ke bagian kulit atau gatal pada telapak tangan dan kaki.
  13. Daun sirih dan kulit buah manggis. Seteah Anda mencuci bersih kedua bahan tersebut, Anda bisa langsung merebusnya, kemudian ambil airnya untuk membasuh kulit Anda yang gatal.
  14. Daun ketepeng. Dengan daun ini Anda bisa membuat obat pereda gatal menjadi dua macam, yaitu sebagai obat oles atau juga obat untuk membasuh gatal. Sebagai bahan oles, Anda bisa mencucinya dengan bersih, haluskan kemudian oles pada kulit yang gatal. Sebagai obat untuk membasuh Anda bisa merebusnya, kemudian airnnya bisa Anda gunakan untuk membasuh kulit yang gatal.
  15. Tumbuhan leunca. Dengan tumbuhan ini Anda bisa membuat obat oles pada kulit yang gatal, dengan cara menghaluskan tumbuhan tersebut kemudian oleskan pada kulit yang gatal.
Gatal juga perlu penanganan yang baik agar Anda tidak sering menggaruk kulit yang gatal yang bisa menyebabkan kulit lecet atau terluka. Beberapa cara mengobati gatal pada kulit tangan dan kaki tersebut dapat Anda praktekan dirumah.