search-button

Nov 27, 2016

15 Cara Menyembuhkan Luka Memar Dengan Cepat

   
Advertisements
Tips Menyembuhkan Luka Memar dan Lebam

Luka memar yang diderita seseorang, akan mempengaruhi penampilannya dihadapan banyak orang. Luka memar yang tidak cepat diobati juga dapat menimbulkan rasa sakit bahkan dapat mengganggu rasa percaya diri karena berwarna kebiru-biruan atau yang dikenal dengan luka lebam. Luka memar atau lebam biasanya terjadi karena pukulan benda tumpul yang menyebabkan terjadinya pendarahan dibagian dalam kulit sehingga pada akhirnya menimbulkan lebam. Bagaimanakah caranya Anda bisa cepat sembuh dari luka memar tersebut?

Cara Cepat Menyembuhkan Luka Memar atau Lebam

  1. Salep pereda nyeri otot yang tidak memiliki efek panas atau dingin. Jika luka memar terletak di bagian tangan atau kaki karena benturan, cobalah dengan mengoleskan salep pereda nyeri otot, untuk mendapatkan salep ini Anda bisa membelinya di apotek terdekat.
  2. Kompres dengan air hangat. Cara ini mungkin lebih efektif karena disamping bisa sedikit meredakan rasa nyeri juga dipercaya mampu mengobati luka lebam. Jika luka lebam terjadi dibagian mata karena pukulan, sebaiknya kompres terlebih dahulu dengan air dingin kemudian dilanjutkan dengan kompresan air hangat.
  3. Kompres dengan menggunakan es batu. Ambilah beberapa potongan es batu yang tidak terlalu besar, kemudian letakan diatas kain, setelah itu bis langsung digunakan untuk kompres pada luka memar.
  4. Seledri. Selain sebagai bumbu dapur, seledri ini memiliki kegunaan yang baik untuk menyembuhkan luka memar. Anda  dapat menghaluskan seledri tersebut kemudian Anda bisa langsung menempelkannya ke bagian tubuh yang terdapat luka memar. Biarkan hingga mengering, setelah seledrinya kering, bersihkan dengan menggunakan air dingin.
  5. Cuka apel. Caranya cukup mudah, yaitu dengan menambahkan cuka apel pada air hangat yang akan digunakan untuk mengompres.
  6. Buah nanas. Buah ini dipercaya dapat menyembuhkan luka memar, cara yang digunakan pun sama seperti dengan menggunakan cuka apel.
  7. Jahe merah. Buatlah ramuan jahe merah yang telah dihaluskan sebelumnya, kemudian campurlah dengan daun dewa lalu rebus. Setelah itu saring, dan minumlah airnya.
  8. Daun dewa. Caranya dengan mencampur daun dewa dengan daun dan bunga siantan juga ditambah dengan bunga mawar, kemudian rebuslah dan saring airnya. Lalu minumlah dengan rutin hingga luka benar-benar sembuh.
  9. Kunyit. Haluskan kunyit kemudian oleskan pada luka memar. Lakukanlah secara rutin hingga luka memar sembuh.
  10. Vitamin K. Jika luka memar tidak kunjung sembuh juga, kemungkinan Anda kekurangan vitamin k. Cobalah konsumsi sayuran bayam, brokoli, kubis dan makanan lain yang mengandung vitamin k, karena vitamin k berfungsi untuk pembekuan darah.
  11. Daun jarak. Haluskan daun jarak kemudian Anda bisa langsung menempelkannya ke bagian tubuh yang mengalami luka memar.
  12. Gandarusa dan bunga pacar air. Kedua bahan tersebut bisa Anda haluskan, kemudian tempelkan pada luka memar Anda.
  13. Beras kencur. Ambilah segenggam beras yang telah dibersihkan dan tambahkan beberapa potong kencur, lalu haluskan. Anda bisa langsung menempelkannya pada luka memar.
  14. Sirih. Buatlah bahan untuk kompres dari campuran antara daun sirih, beras kencur dan juga biji blustru yang telah dihaluskan, tempelkanlah pada bagian tubuh yang memar.
  15. Daun kencur. Daun ini memiliki kandungan yang mampu melembabkan kulit, luka memar yang ada di bagian tubuh Anda akan cepat membaik. Caranya dengan merebus beberapa lembar daun kencur, kemudian airnya dapat Anda gunakan sebagai obat kompres.
Banyak cara yang dapat Anda terapkan sebagai referensi untuk mengobati luka memar Anda. Selamat mencoba.