search-button

Jul 3, 2015

15 Cara Menjaga Dan Merawat Jantung Tetap Sehat

   
Advertisements
Cara Menjaga Kesehatan Jantung

Siapa yang tidak ingin memiliki jantung sehat dan terawat? Semua orang pasti menginginkan jantungnya tetap baik-baik saja, karena jantung merupakan organ yang sangat penting sekali dalam tubuh yang perlu dijaga. Jantung yang setiap hari bekerja tanpa henti harus diperhatikan juga kinerjanya apakah masih dalam keadaan baik atau tidak.

Jantung merupakan sistem peredaran darah pada manusia. Tekanan darah yang normal untuk manusia yaitu 120/80 mmHg. Jika Anda tidak bisa menjaga kesehatan jantung, berbagai penyakitpun akan berdatangan, seperti gagal jantung, penyakit jantung rematik. Tapi yang akan dibahas bukan mengenai penyakit jantung, melainkan cara bagaimana menjaga dan merawat jantung agar tetap sehat.

Tips Merawat Jantung Agar Tetap Sehat

  1. Usahakan mendapatkan vitamin D dari berjemur di bawah sinar matahari. Hal ini dipercaya dapat mencegah pembentukan flek di pembuluh darah.
  2. Jangan memaksa jantung untuk lebih bekerja keras, saat Anda mulai merasa lelah lebih baik istirahat sejenak.
  3. Berolahraga secara rutin meskipun dengan intensitas waktu sebentar. Cukup dengan 30 menit seminggu yang dilakukan sebanyak 4 kali, resiko untuk terkena penyakit jantung lebih kecil.
  4. Jangan biarkan pikiran terkuras atau depresi. Beraktivitaslah atau cobalah hobi baru yang dapat memacu adrenalin supaya Anda tidak stress.
  5. Makanlah makanan yang sehat. Terutama makanan laut sangat bagus untuk kesehatan jantung yang dipercaya banyak mengandung omega 3.
  6. Tidur yang cukup. Tidur merupakan satu-satunya istirahat yang baik bagi kesehatan tubuh manusia, jadi jangan sepelekan jam tidur Anda.
  7. Perbanyaklah mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran segar yang sehat. Pilihlah sayuran dan buah-buahan yang masih segar tetapi tidak mengandung bahan berbahaya.
  8. Dari sekarang, berhentilah untuk merokok!
  9. Biasakan konsumsi camilan yang sehat, seperti kacang-kacangan. Anda bisa mengganti camilan Anda dengan kacang walnut, almond dan sejenisnya.
  10. Gantilah minuman bersoda dan minuman yang mengandung kafein dengan minuman teh hijau tanpa gula. Teh hijau ini memiliki sifat antioksidadn yang baik untuk kesehatan jantung.
  11. Konsumsilah dark chocolate. Jangan takut mengkonsumsi coklat dengan anggapan takut gemuk, pilih-pilihlah coklat yang memiliki kandungan cocoa  lebih tinggi untuk dapat merasakan manfaatnya bagi jantung Anda.
  12. Rajinlah untuk mencukupi cairan tubuh dengan meminum air putih dalam jumlah minimal 8 gelas per hari.
  13. Penuhi kebutuhan asam folat, karena asam folat juga berperan penting dalam kesehatan jantung. Selain sehat untuk jantung, asam folat juga bisa mencegah dari Alzheimer.
  14. Jagalah berat badan, karena obesitas atau orang dengan badan yang gemuk lebih besar resikonya terkena serangan jantung, mungkin saja karena lemak yang ada dalam tubuh menghambat kinerja jantung.
  15. Kurangilah kadar garam pada makanan yang biasa Anda konsumsi setiap hari. Takaran garam perhari orang dewasa itu tidak lebih dari satu sendok teh. Jika Anda mengonsumsi garam yang berlebih, resiko terkena tekanan darah tinggi dan akhirnya terkena serangan jantung koroner akan lebih besar.
Berhati-hatilah dalam aktivitas Anda, baik dalam bekerja, maupun memilih makanan dan sebagainya. Usahakanlah untuk selalu berolahraga setiap hari, istirahat yang cukup serta perhatikan asupan gizi dari makanan sehat Anda. Ikutilah tips kesehatan cara menjaga dan merawat jantung agar tetap sehat tersebut.