search-button

Jul 28, 2015

20 Manfaat dan Khasit Daun Salam

   
Advertisements
Manfaat Daun Salam Bagi Kesehatan

Daun salam sudah tidak asing lagi terlebih bagi para ibu karena ia sering digunakan sebagai bumbu penyedap masakan. Daun salam ternyata memiliki berbagai khasiat yang belum pernah diketahui sebelumnya. Daun salam mampu mengobati segala macam penyakit bahkan sangat baik digunakan untuk merawat dan menjaga kecantikan.
Sebelum Anda memutuskan membeli berbagai produk kimia, lihatlah berbagai jenis tanaman bahkan bumbu dapur yang ada disekitar Anda. Contohnya daun salam, kali ini Apotik Sehat akan membahas beberapa khasiat dan manfaat daun salam bagi kesehatan maupun kecantikan Anda.

Manfaat dan Khasiat Daun Salam Bagi Kesehatan

  1. Obat maag.
    Jika Anda adalah penderita penyakit maag, dan sudah cukup bosan mengonsumsi obat-obatan berbahan dasar kimia, cobalah untuk menggantinya dengan ramuan yang terbuat dari daun salam ini. Pada daun salam ini terdapat senyawa yang ternyata mampu mengobati sakit maag. Caranya cukup rebus 10 hingga 15 lembar daun salam dengan ½ liter air selama 15 menit dengan ditambahkan sedikit gula aren. Kemudian minumlah hingga maag Anda berangsur-angsur pulih.
  2. Reumatik/asam urat.
    Berbagai macam obat memang dapat menyembuhkan penyakit asam urat ini. Tetapi tidak ada salahnya Anda mencoba daun salam sebagai alternative untuk mengobati asam urat Anda, dengan bahan alami ini juga dapat meminimalisir efek samping bagi kesehatan tubuh Anda. Caranya cukup sediakan 1 lembar daun salam yang direbus dengan 10 gelas air hingga tersisa sebanyak 5 gelas saja. Minumlah ramuan ini 2 kali dalam sehari.
  3. Kolesterol.
    Untuk menurunkan kadar kolesterol Anda, rebuslah sebanyak 10 hingga 15 lembar daun salam dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas saja. Ramuan ini diminum pada saat malam hari sebelum tidur agar lebih optimal.
  4. Tekanan darah tinggi (hipertensi).
    Pada daun salam ini terdapat kandungan flavonoid yang berperan untuk menormalkan tekanan darah Anda. Buatlah ramuan dari 10 lembar daun salam yang direbus, kemudian konsumsilah ramuan ini sebanyak 3 gelas per harinya.
  5. Menurunkan berat badan.
    Jika Anda cukup risi dengan berat badan Anda yang berlebih, dan Anda juga telah melakukan berbagai program diet lainnya namun belum juga memberikan hasil yang maksimal, cobalah konsumsi air rebusan dari 20 sampai 30 lembar daun salam yang ditambahkan 4 gelas air hingga tersisa sebanyak 2 gelas. Konsumsilah pada pagi dan malam hari sebelum tidur.
  6. Diabetes type 2.
    Zat Antioksidan pada daun salam ternyata dapat membantu tubuh mengolah insulin secara efisien. Dengan mengonsumsi salam bubuk selama 30 hari, dipercaya mampu menurunkan kadar gula dalam darah Anda.
  7. Migrain dan sakit kepala.
    Anda bisa mencoba minyak daun salam ini sebagai obat oles untuk mengobati sakit kepala Anda.
  8. Nyeri sendi.
    Ternyata daun salam juga mampu mengobati dan meredam rasa nyeri pada tubuh Anda, terutrama meredakan rasa nyeri sendi. Caranya cukup sediakan beberapa lembar daun salam tanah dan daun jarak, kemudian Anda ikatkan di daerah sendi Anda yang meradang.
  9. Kanker.
    Pada daun salam terdapat kandungan asam caffeic, quercetin, euganol dan catechin yang berfungsi sebagai pelindung dan juga sebagai perlawanan terhadap berbagai jenis klankler. Selain itu kandungan phytonutrient/parthenolidenya juga dapat menahan proliferasi sel kanker serviks.
  10. Batuk dan flu.
    Pada kesempatan sebelumnya kami juga pernah membahas cara mengobati lu dengan cara alami tanpa obat dan produk kimia lainnya. Kali ini juga kami membahas cara mengobati flu dan batuk dengan daun salam, caranya rebuslah 3 lembar daun salam kemudian diamkan selama 10 menit, setelah itu gunakan handuk dan celupkan ke air rebusan tadi untuk digunakan sebagai kompresan di bagian dada Anda.
  11. Meningkatkan kesehatan jantung dan juga mencegah stroke.
    Pada daun salam terdapat senyawa rutin, salisilat, asam caffeic dan juga fitonutrien yang baik untuk membantu menjaga kesehatan jantung dan bahkan dapat mencegah stroke.
  12. Obat nyamuk alami dan pengusir serangga.

    Khasiat Daun Salam Untuk Kecantikan
    Asam laurat yang terdapat pada daun salam ternyata cukup ampuh untuk mengusir serangga dan juga nyamuk. Gunakanlah minyak daum salam sebagai lotion anti nyamuk Anda agar Anda terhindar dari serangan nyamuk.
  13. Batu ginjal.
    Berbagai penyakit ginjal seperti infeksi, bahkan batu ginjal juga dapat diobati dengan daun salam. Caranya rebuslah sebanyak 500 gram daun salam dengan 50 sampai 200 ml air, minumlah ramuan ini 2 kali sehari.
  14. Rambut rontok dan berketombe.
    Jika dirasa Anda telah mencoba berbagai cara ataupun produk untuk mencegah rambut rontok dan menghilangkan ketombe namun belum juga berhasil, cobalah Anda memanfaatkan khasiat daun salam ini. Caranya rebuslah beberapa lembar daun salam dan gunakan untuk membilas rambut Anda, ataupun Anda dapat memanfaatkan minyak daun salam untuk digunakan sebagai tonik rambut alami.
  15. Menghilangkan kutu rambut.
    Kutu rambut memang salah satu masalah rambut yang menjengkelkan, selain itu kehadiran kutu rambut ini membuat kulit kepala Anda gatal dan juga tidak nyaman, bahkan membuat rambut Anda menjadi kotor karena dipenuhi dengan telur-telur kutu. Hii ngeri bukan? Untuk itu cobalah sediakan 50 gram daun salam yang direbus dengan 100 hingga 400 ml air, dan aplikasikan sebagai masker rambut, kemudian diamkan selama 3 sampai 4 jam. Setelah itu bersihkanlah rambut Anda.
  16. Mencegah keriput.
    Kulit keriput berawal dari kulit yang tegang dan stress, tentunya Anda tidak mau kan jika kulit Anda keriput dan terlihat lebih tua? Maka dari itu cobalah biasakan untuk membuat kulit wajah Anda rileks dengan uap dari rebusan 5 lembar daun salam yang dididihkan selama 2 menit.
  17. Memutihkan dan membuat gigi nampak bersih.
    Pakailah pasta gigi dari bahan alami dengan bahan dasar daun slam dan kulit jeruk. Caranya keringkan terlebih dahulu daun salam dan kulit jeruk, kemudian haluskan dan tambahkan sedikit air hingga membentuk pasta, gunakanlah sebagai pasta gigi untuk membersihkan gigi.
  18. Diare.
    Selain menggunakan daun jambu biji, Anda juga dapat menggunakan daun salam untuk menyembuhkan diare. Caranya, rebus sebanyak 15 lembar daun salam dengan 2 gelas air kemudian tambahkan dengan sedikit garam. Minumlah hingga diare Anda sembuh.
  19. Meningkatkan system imun.
    Berbagai serangan penyakit, virus maupun bakteri dapatAnda cegah agar tak menyerang tubuh Anda. Selain menerapkan pola hidup yang sehat, dengan daun salam ini ternyata berkhasiat untuk meningkatkan system imun Anda. Konsumsilah makanan yang ditambahkan dengan daun salam ataupun daun salam yang dibuat the.
  20. Penyakit kulit (alergi/gatal-gatal).
    Semua bagian dari tanaman salam ini dapat Anda gunakan untuk mengobati alergi atau gatal-gatal pada kulit Anda, diantaranya daun, kulit kayu dan juga ujung akar pada pohon salam. Bagian pohon salam tersebut Anda bisa haluskan dengan ditambah sedikit air, kemudian gunakan untuk obat oles pada kulit Anda.
Itulah berbagai manfaat dan khasiat daun salam. Selain sebagai penyedap masakan, daun salam baik untuk mengobati penyakit ataupun menjaga kecantikan dan penampilan Anda.