search-button

Jul 2, 2015

20 Tips Ampuh Mengatasi Anak Susah Makan

   
Advertisements
Mengatasi Anak Susah Makan

Pada saat masih bayi, makanan yang diketahuinya hanya sekedar asi, dan gizinyapun tergantung dari apa yang dimakan oleh ibunya. Tak heran berat badan bayi juga masih cukup gemuk. Nah, setelah bayi beranjak menjadi balita dan kemudian menjadi balita berat badan bahkan menjadi turun, bahkan tidak menutup kemungkinan menjadi kurus. Lalu apa penyebabnya? Beberapa diantara penyebabnya adalah anak mulai mengetahui dunia luar, mengetahui berbagai tekstur makanan, dan bahkan sampai pilih-pilih makanan.

Anak yang susah makan juga sudah tidak asing lagi, bahkan banyak produk-produk vitamin, suplemen dan banyak lagi yang katanya bisa membuat nafsu makan anak bertambah. Tapi, jika kita teliti, semua itu memiliki bahan kimia. Jika kita tidak ingin anak ketergantungan obat demi menambah nafsu makan, masih banyak cara yang bisa dicoba untuk membuat anak lahap makan. Mari simak tips berikut ini.

Cara Mengatasi Anak dan Balita Susah Makan

  1. Jadilah orangtua yang kreatif. Tidak harus selalu kita membeli makanan dari supermarket dan sebagainya. Buatlah menu makan si kecil dirumah dengan menu yang bervariatif.
  2. Makanan menarik bisa membuat sikecil tertarik makan. Buatlah makanan dengan bentuk-bentuk yang menarik, lucu dan membuat anak menjadi penasaran ingin memakannya.
  3. Menurut penelitian, dengan menggoreng telur nafsu makan anak menjadi tergugah.
  4. Perlunya mempertahankan makanan kesukaan anak. Boleh saja kita membuat makanan yang itu-itu saja, tapi perhatikan cara penyajiannya agar anak tidak mudah bosan.
  5. Warna juga bisa membuat nafsu makan loh. Warna-warna seperti toska, jingga, merah, kuning, hijau dan coklat dipercaya mampu meningkatkan nafsu makan.
  6. Gunakan cara tradisional nenek moyang, yaitu dengan cara cekok. Caranya cukup mudah yaitu dengan menggunakan temulawak dan campuran bahan lain.
  7. Madu. Madu juga dipercaya bisa menambah nafsu makan. Kini sudah tersedia berbagai     jenis madu untuk anak-anak yang salah satu khasiatnya menambah nafsu makan.
  8. Manfaatkanlah air yang diperas dari daun pepaya dan tambahkan sedikit garam, kemudian minumkanlah pada anak yang susah makan.
  9. Jauhkanlah anak dari kebiasaan jajan sembarangan. Selain tidak sehat, jajan bisa membuat anak malas makan.
  10. Ajaklah anak makan bersama keluarga.
  11. Biarkan anak memilih makanan kesukaannya sendiri.
  12. Sesekali ajaklah anak untuk beraktivitas keluar rumah. Bawalah bekal makanan dari rumah dan ajarkan tentang bagaimana susahnya orang yang sulit untuk makan sehingga anak bisa menikmati makanannya tanpa membuang-buangnya.
  13. Untuk anak yang aktif, usahakan ibu bersikap sabar dalam memberkan makan untuk anak. Biarkanlah anak tetap bermain, karena jika anak sudah merasa lapar, anak pasti tidak susah untuk disuapi.
  14. Jadilah ibu yang penuh ide. Misalnya membuat game dan sebagainya, dan disela-sela itu ibu bisa memberinya makan.
  15. Ajaklah si kecil untuk membuat makanannya sendiri. Biasanya anak lebih bersemangat jika memakan makanan hasil buatannya sendiri.
  16. Makan memang penting, tapi tidak untuk dipaksakan. Jika memang anak tidak mau makan, kenalilah mood anak, mungkin dia sedang sakit.
  17. Ciptakan Susana yang nyaman, bahagia dan harmonis. Jika seorang anak didalam keluarga yang harmonis biasanya lebih periang, selain itu juga nafsu makannya bisa terjaga.
  18. Tawarkan sebuah reward atau hadiah. Anak-anak menyukai hal-hal seperti kejutan, hadiah dan sebagainya, apa salahnya kita coba jika memang anak susah makan, berikanlah sebuah tawaran hadiah.
  19. Anak-anak senang makan bersama-sama. Dunia anak-anak memang masih polos, merekas menyukai kebersaman bersama teman-temannya, jika anak susah makan cobalah sediakan jadwal makan bersama teman-temannya.
  20. Biarkanlah anak makan sendiri. Jika anak tidak mau disuapi, cobalah berikan sendok makannya dan biarkan anak makan sendiri.
Tips-tips diatas boleh dicoba jika anak susah makan, jadilah orangtua yang selalu meluangkan waktu untuk anaknya agar bisa mengetahui selera makannya, keadaannya, kesehatan juga suasananya. Be smart parents!