search-button

Jul 3, 2015

20 Cara Mengobati Sakit Gigi Dan Gusi Bengkak Berlubang

   
Advertisements
Mengobati Gusi Bengkak Karena Gigi Berlubang

Sakit gigi? Atau gusi bengkak berlubang? Kedua penyakit ini tentunya sangat mengganggu sekali. Pada saat mengunyah sakit, mendengar suara yang berisik memperparah sakitnya dan masih banyak lagi derita yang dialami oleh orang yang sakit gigi. Tetapi penyakit ini tidak akan dialami oleh seseorang yang memperhatikan dan merawat giginya dengan baik.

Menyikat gigi secara rutin, yaitu setelah sarapan pagi dan sebelum tidur juga sudah merupakan perawatan yang cukup baik untuk dilakukan. Menghindari makan makanan yang manis, seperti permen, coklat, makanan yang terlalu dingin atau terlalu panas.

Tapi bagaimana apabila sudah terlanjur terserang sakit gigi dan gusi bengkak berlubang? Kenali terlebih dahulu apa kebiasaan buruk Anda dalam merawat kebersihan gigi. Mungkin bisa saja tidak rajin menggosok gigi, suka makan makanan yang manis-manis, atau bahkan bisa saja penyebabnya berasal dari behel atau kawat gigi yang Anda kenakan. Inilah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengobati sakit gigi dan gusi bengkak berlubang.

Cara Mengobati Gusi Bengkak Karena Gigi Berlubang

  1. Gunakan air garam yang telah diberi air hangat, lalu kumur-kumur dengan larutan tersebut, atau juga bisa dengan cara taburkan garam diatas kapas lalu tempelkan ke gigi yang berlubang.
  2. Jika terjadi pembengkakan pipi karena sakit gigi, cobalah untuk memberinya kompresan air hangat untuk meminimalkan rasa sakitnya.
  3. Air perasan jeruk nipis bisa menjadi alternative untuk mengobati gigi berlubang lho, karena kandungan vitamin c yang berada didalamnya. Caranya tinggal teteskan air perasan jeruk nipis tersebut ke bagian gigi yang terasa sakit.
  4. Minyak cengkeh, dengan minyak cengkeh sakit gigi bisa sedikit terobati karena kandungan dalam cengkeh ini sangat baik untuk meredakan sakit gigi. Caranya bisa digunakan sebagai obat kumur dengan mencampurkan sedikit air, ataupun bisa langsung mengaplikasikannya ke bagian gigi yang sakit dengan cara meneteskan ke kapas lalu tempelkan ke gigi yang sakit.
  5. Pasta merica dan garam. Membuatnya cukup mudah, yaitu campurkan merica bubuk dengan garam dalam takaran yang sama kemudian beri sedikit air agar dapat menyerupai seperti pasta, setelah itu oleskan pada gigi yang sakit.
  6. Dengan sedikit pijatan ke gusi yang sakit ternyata dapat sedikit meredakan sakitnya, dengan dilakukan rutin selama 5 menitperhari juga dapat berfungsi untuk melancarkan aliran darah ke gusi yang sakit tersebut.
  7. Pemenuhan kebutuhan vitamin c dan asam folat juga dapat mengobati gusi yang bengkak. Asam folat bisa diperoleh dari bayam,wortel,jagung maupun kacang merah.
  8. Pilihlah sikat gigi yang baik, yang bisa membersihkan sela-sela gigi. Hal ini bisa dilakukan jika sakit gigi disebabkan oleh makanan yang tertinggal di gigi.
  9. Dengan menggunakan biji asam jawa, sakit gigi bisa sedikit teratasi. Caranya sangrailah biji asam jawa, kemudian haluskan, setelah itu Anda bisa mengoleskan ke bagian gigi yang sakit.
  10. Ternyata selain dapat mengobati diare, daun jambu biji juga berkhasiat untuk mengobati sakit gigi. Anda bisa mencoba mengunyahnya kemudian mengoleskannya ke gigi yang sakit, atau juga dapat direbus dengan ditambahkan sedikit garam sampai mendidih, kemudian gunakan untuk berkumur.
  11. Manfaatkanlah bumbu dapur seperti bawang merah, gosokanlah bawang merah ke bagian gigi yang sakit.
  12. Bawang putih ternyata juga baik untuk mengobati sakit gigi, Anda bisa melakukannya dengan cara menghaluskan bawang putih kemudian beri sedikit garam lalu oleskan ke gigi yang sakit, ulangilah proses ini sampai gigi benar-benar sembuh.
  13. Aplikasikan pasta gigi ke kapas yang kemudian Anda bisa menggunakannya ke bagian gigi yang berlubang.
  14. Cabe untuk mengobati sakit gigi lho, caranya dengan menghaluskan cabe rawit kemudian rebus, setelah itu airnya bisa Anda gunakan dengan mengoleskannya dengan kapas ke bagian gigi yang sakit.
  15. Dengan memanfaatkan khasiat belimbing wuluh yang dikunyah dengan campuran garam. Diusahakan mengunyah dengan bagian gigi yang terasa sakit.
  16. Ambillah beberapa lembar daun sirih, kemudian rebus. Dan air rebusannya bisa digunakan untuk berkumur.
  17. Getah kamboja juga bisa langsung dioleskan ke bagian gigi yang berlubang, rutinlah menggunakannya hingga sakit gigi Anda sembuh.
  18. Perpaduan antara kunyit dan kayu putih juga dapat mengobati sakit gigi, caranya mudah yaitu dengan memotong kunyit lalu beri sedikit minyak kayu putih kemudian letakan dibagian gigi yang berluang.
  19. Daun Srikaya. Untuk memaksimalkan hasilnya Anda bisa menggunakan air perasan daun srikaya yang dicampur dengan sedikit garam, setelah itu bisa Anda minum ramuan ini 1 sampai 2 kali setiap harinya sampai sakit giginya sembuh.
  20. Gunakan akar kangkung yang diberi sedikit cuka, kemudian bisa Anda rebus. Setelah itu saring airnya, aplikasikan sebagai obat kumur.
Cara diatas memang cukup mudah untuk menghilangkan sakit gigi, namun dengan begitu bukan berarti Anda malas merawat kesehatan gigi yang pada akhirnya Anda sendiri yang harus tersiksa. Rawatlah gigi Anda dengan baik dan benar agar bisa menikmati makanan tanpa adanya keluhan.