search-button

Jul 3, 2015

15 Tips Dan Cara Menjaga Ginjal Agar Tetap Sehat

   
Advertisements
Merawat Ginjal Agar Tetap Sehat

Menjaga ginjal agar tetap sehat sangatlah penting. Tahukah Anda bahwa ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang berperan penting dalam sistem ekskresi atau yang biasa dikenal dengan sistem pengeluaran. Zat yang dikeluarkan oleh ginjal berupa urine yang melalui ureter kemudian melewati kantong kemih dan kemudian uretra.

Ginjal merupakan organ yang bekerja terus-menerus setiap hari tanpa kita sadari kinerjanya seperti apa, untuk itu maka apa yang sebaiknya kita lakukan sebagai tanda terimakasih terhadap Sang Kuasa atas ginjal yang Ia berikan? Tentu saja kita harus merawat dan menyayangi ginjal kita. Berikut ini adalah beberapa tips sehat dan cara cara menjaga ginjal agar tetap baik.

Menjaga Ginjal Agar Tetap Sehat

  1. Luangkan Waktu Untuk Berolahraga. Olahraga adalah solusi tepat untuk menjaga kesehatan, juga baik untuk kesehatan ginjal.
  2. Cukupkan asupan cairan,yaitu dengan rajin minum air putih. Cara mengetahui apakah tubuh telah tercukupi cairan atau tidak biasanya bisa terlihat pada warna urine, biasanya apabila urine berwarna bening dan tidak kekuningan berarti cairan tubuh telah tercukupi dengan baik.
  3. Jangan biasakan ketergantungan obat-obatan. Jika mengalami suatu gejala sakit kalau bisa usahakan tidak mengonsumsi obat-obatan, apalagi obat yang sifatnya keras.
  4. Pilihlah jenis makanan yang baik untuk kesehatan ginjal. Konsumsilah kembang kol, kecambah mentah, buah apel, ikan dan masih banyak lagi makanan sehat lainnya.
  5. Cukupi kebutuhan kadar protein dan fosfor. Ternyata kandungan protein dan fosfor ini baik untuk kinerja ginjal, tetapi hati-hati pada takarannya, karena jika kita mengonsumsi lebih banyak protein juga tidak baik untuk ginjal.
  6. Cobalah untuk diet dengan cara yang sehat. Diet dengan tujuan untuk mengurangi lemak di tubuh ternyata sangat baik bagi kesehatan ginjal, karena jika terlalu banyak lemak yang tertimbun, kinerja ginjal akan terganggu.
  7. Jagalah tekanan darah agar tetap stabil. Tekanan darah yang melampaui batas normal juga selain menyebabkan hipertensi ataupun juga stroke, juga tidak baik untuk kesehatan ginjal. Semakin tinggi tekanan darah, semakin ginjal harus bekerja keras.
  8. Pilihlah makanan yang sehat dengan tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh, makanan dengan kadar gula yang tinggi.
  9. Berhati-hatilah dengan makanan yang terlalu asin, karena makanan yang terlalu asin tidak baik untuk kinerja ginjal.
  10. Hentikan kebiasaan untuk menunda buang air kecil, jika hal ini terus dibiarkan secara berkelanjutan akan menyebabkan kinerja ginjal terhambat, karena zat yang seharusnya dikeluarkan oleh tubuh ini terus tertahan akan menyebabkan stress pada saluran kandung kemih.
  11. Tidak minum minuman berenergi,bersoda dan minuman beralkohol. Jika kita sudah terbiasa mengonsumsi minuman sejenis ini lama kelamaan akan merusak ginjal. Karena ginjal akan bekerja lebih keras lagi untuk menyaring racun dalam minuman tersebut.
  12. Cobalah untuk berhenti merokok. Rokok dapat menyebabkan sirkulasi atau aliran darah terhambat diberbagai organ dalam tubuh , sehingga alangkah lebih baiknya kita menghentikan kebiasaan merokok untuk menjaga kesehatan ginjal kita.
  13. Sebaiknya konsumsi makanan yang dapat membantu dalam pengeluaran detoks atau racun dalam tubuh, misalnya dengan mengonsumsi buah apel.
  14. Kurangi kafein. Zat apapun memiliki takarannya untuk dapat dikonsumsi manusia, sebenarnya kafein baik dikonsumsi jika pada porsi yang tepat, tetapi jika kita mengonsumsinya secara berlebihan dan bahkan rutin hal ini dapat merusak ginjal.
  15. Hentikan kebiasaan bergadang atau kebiasaan lainnya yang dapat menyebabkan terganggunya jam tidur kita. Perlu diwaspadai bahwa ginjalpun perlu beristirahat, tetapi bukan berarti ginjal berhenti bekerja namun sedikit meringankan kinerja ginjal apabila kita beristirahat dengan cukup.
Ginjal adalah aset hidup kita yang sangat berharga, jagalah kesehatan ginjal dalam rangka mewujudkan rasa syukur kita kepada Sang Kuasa. Biasakanlah hidup sehat.