search-button

Jul 2, 2015

10 Cara Menjaga Tubuh Agar Tetap Sehat Bugar Setiap Hari

   
Advertisements
Menjaga Tubuh Agar Tetap Sehat dan Bugar

Memiliki tubuh yang sehat dan bugar tentunya merupakan dambaan setiap orang. Dengan jiwa yang sehat, segala aktivitas bisa kita nikmati dengan santai tanpa keluhan apapun. Untuk itu ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar kita bisa mencapai apa yang kita dambakan tersebut, yaitu 'Tubuh Sehat Bugar Setiap Hari'.

Tips Menjaga Tubuh Tetap Sehat

  1. Terapkan Pola Makan 4 sehat 5 Sempurna.
    Makanan 4 sehat 5 sempurna itu memang sudah ‘aturan’ yang seharusnya kita terapkan dalam menjaga asupan gizi kita. Dari mulai sayuran, buah-buahan, makanan yang mengandung protein, lemak dan lain sebagainya. Selain makanan yang cukup gizi, kita juga harus memperhatikan proporsi atau takaran yang pas. Ada makanan yang baik dikonsumsi dalam jumlah banyak, dan ada pula makanan yang tidak baik untuk dikonsumsi secara berlebihan dan bahkan dapat menimbulkan efek negatif bagi tubuh kita.
  2. Cukupkan Vitamin Bagi Tubuh.
    Penuhi beberapa vitamin yang diperlukan oleh tubuh. Misalnya vitamin A yang baik untuk kesehatan mata bisa diperoleh dari wortel maupun vitamin B dan D yang baik untuk melawan berbagai serangan virus. Dengan kata lain yaitu memberikan kekebalan tubuh yang bisa diperoleh dari susu, telur, daging dan vitamin D bisa diperoleh dari sinar matahari. Vitamin C yang berkhasiat untuk mempelambat tumbuhnya sel-sel kanker yang diperoleh dari buah-buahan dan vitamin E yang bagus untuk menjaga kesehatan kulit dapat diperoleh dari sayuran hijau.
  3. Hindarkan Diri Dari Stress.
    Tubuh yang sehat juga ada kaitannya dengan pikiran yang sehat. Pikiran yang sehat atau juga pikiran positif sangat baik untuk kesehatan tubuh. Pikiran yang sering stress karena lingkungan yang kurang mendukung, dipecat atasan, diputusin pacar, kekeringan dompet, tugas kuliah yang tak henti-hentinya, ujian, sampai karena cicilan dimana-mana. Ngeri bukan? Tapi tenang saja, kita bisa melakukan beberapa hal yang mungkin bisa mengurangi tingkat stress. Yaitu dengan refreshing misalnya berkumpul dengan keluarga, menjalani hobi yang menyenangkan, ataupun mencoba hal baru yang menantang dan tentunya positif ya!
  4. Cukupkan Istirahat.
    Istirahat identik dengan tidur. Boleh saja, tapi bukan berarti kita dituntut untuk memperbanyak tidur. Bukannya tubuh kita sehat tapi malas yang kita dapatkan  jika tidur tidak sesuai dengan anjuran yang telah ditentukan. Anjuran tidur yang disarankan medis yaitu sekitar kurang lebih 8 jam per hari. Tentunya kita bisa merasakan efek jika kurang tidur, yaitu pusing, mata memerah, timbulnya kantung mata, wajah kusam bahkan bisa timbul jerawat.
  5. Berolahraga.
    Sesibuk apapun kita beraktivitas luangkanlah sedikit waktu untuk berolahraga. Olahraga tidak harus yang berat dan identik dengan ribet. Ternyata olahraga bisa dilakukan dengan beberapa gerakan yang simple dan mudah. Salah satunya yaitu dengan berjalan-jalan keluar rumah. Selain sehat, jalan-jalan juga bisa menumbuhkan rasa sosial bagi kehidupan kita dimasyarakat. Bagi umat muslim tentunya dengan shalat, karena gerakan shalat memiliki khasiat yang cukup baik bagi kesehatan tubuh. Disamping itu juga ada banyak olahraga atau gerakan yang tanpa kita sadari disekeliling kita, dengan membersihkan rumah misalnya kita sudah bisa berolahraga atau membakar kalori dalam tubuh. Jadi pada intinya kita harus ‘bergerak’ yang fungsinya agar sirkulasi darah lancar, tubuh tetap sehat dan bugar.
  6. Bangun Pagi.
    Jangan sepelekan mengapa kita harus bangun pagi, karena menurut penelitian bangun pagi memiliki manfaat yang sangat baik untuk tubuh. Selain itu jika kita bisa bangun pagi, tentunya akan merasakan semangat yang positif untuk menjalani aktivitas seharian penuh. Biasakan jika setelah bangun kita hirup udara pagi yang masih segar belum terkontaminasi polusi, rasakan betapa sejuknya udara pagi yang tentunya bagus untuk sistem pernafasan.
  7. Penuhi Kebutuhan Cairan.
    Banyak juga yang tidak memperhatikan aturan minum atau pemenuhan cairan bagi tubuh, padahal banyak efek yang ditimbulkan jika tubuh kekurangan cairan, diantaranya pencernaan yang kurang lancar, kekeringan pada kulit, apalagi bisa menurunkan konsentrasi contohnya saja Sandi Sandoro bisa berubah jadi Narji Sandoro? Wah.
  8. Hindari Rokok dan Sejenisnya.
    Hal ini tentu saja menimbulkan efek yang sangat rugi sekali bagi tubuh kita, dan tentunya sudah banyak diketahui masyarakat luas tentang dampaknya. Tapi kenapa yah masih ada saja yang dekat dengan hal-hal tersebut? Yang pasti, jika kita ingin hidup sehat hindarilah hal-hal yang bisa merugikan kesehatan kita.
  9. Biasakan Ramah dan Murah Senyum.
    Biasanya dengan kita bersikap ramah dan murah senyum selain disenangi banyak orang juga bagus untuk kesehatan. Pada dasarnya orang yang ramah akan terlihat lebih senang, sehat dan juga memiliki aura yang positif.
  10. Jagalah Kebersihan. Kebersihan tentu saja berpengaruh pada kesehatan dan kebugaran tubuh kita, tidak mungkin ada orang yang sehat dan bugar pada lingkungan yang kotor dan kurangnya kebersihan lingkungan. Jadi, mari kita budayakan kebersihan demi kebutuhan.
Itulah beberapa cara menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar yang dapat kita lakukan, selamat menjalankan pola hidup sehat dan semoga bermanfaat.