search-button

Jul 2, 2015

15 Cara Merawat Rambut Agar Tetap Sehat Dan Indah

   
Advertisements
Merawat Rambut Agar Tetap Sehat Dan Indah

Rambut merupakan mahkota bagi setiap orang. Merawat rambut agar tetap sehat dan indah haruslah tetap terjaga agar selalu tampil dengan sempurna. Sebagai wanita yang selalu aktif di lingkungan sosial entah itu ketika bermasyarakat, bekerja, kuliah mupun yang lainnya, orang-orang pasti akan memperhatikan rambut kita. Untuk itu simak beberapa tips berikut ini.

Tips dan Cara Merawat Rambut Agar Tetap Sehat

  1. Makanan sehat rambut pun bisa sehat. Konsumsilah buah alpukat yang memiliki kegunaan yang cukup baik bagi kesehatan rambut, selain itu juga bisa menonsumsi kacang walnut, ikan salmon, sayur-sayuran berdaun hijau dan buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C.
  2. Kenali rambut, dan mulailah merawatnya. Rambut memiliki karakter dan jenis yang berbeda, dari mulai rambut yang berminyak, kering dan lembab. Hal ini merupakan bagian yang sangat penting sekali untuk mengenali karakter rambut Anda. Jadi, mulai detik ini lakukan perawatan yang sesuai dengan jenis rambut. Keramaslah minimal 2 sampai 3 kali seminggu.
  3. Perlakukan rambut dengan perasaan. Tidak hanya manusia, rambutpun harus diperlakukan dengan penuh perasaan. Misalnya sesaat setelah keramas, jangan menggosok rambut terlalu keras karena hal ini dapat menimbulkan kerontokan. Anda pun jangan terlalu sering menggunakan hair dryer ketika mengeringkannya karena sifat hair dryer yang panas justru lama-kelamaan dapat membuat rambut kering dan rusak. Biarkanlah rambut kering dengan sendirinya.
  4. Rambut juga butuh istirahat. Bagi yang sering perawatan ke salon, contohnya sering mengecat rambut, catok dan lain sebagainya, juga harus memperhatikan waktu istirahat yang tepat bagi rambut. Seperti manusia, rambut juga butuh waktu istirahat dari perlakuan manusia yang terkadang demi mengikuti gaya terbaru, Anda meniru teman, bahkan demi tuntutan pekerjaan Anda rela mengubah warnanya. Luangkanlah sedikit waktu agar rambut dapat menikmati keasliannya tanpa dicampuri bahan kimia yang akan membuat rambut merasa aneh.
  5. Rambut itu bernyawa dan bernafas. Coba Anda buktikan sendiri. Bertambahnya panjang, rambut yang tidak kaku merupakan salah satu ciri dari rambut bernyawa dan bernafas. Jangan terlalu sering mencatok rambut setiap saat karena rambut bisa mati. Hal ini memang sudah banyak terjadi kepada mereka yang sering mencatok rambutnya, akibatnya rambut tidak bertambah panjang, warna rambut alaminya hilang, bahkan mirip seperti rambut jagung.
  6. Siapa Bilang Berhijab tidak bisa memiliki rambut indah. Khusus untuk wanita berhijab, tentu ada perlakuan khusus bagi rambut. Kenapa khusus? Karena bagi hijaber rambut selalu tertutup dan bahkan rambut menjadi lembab dan lepek. Cara-caranya hampir sama seperti biasa, namun pilihlah shampoo khusus untuk yang berhijab.
  7. Setialah pada shampoo. Hati-hatilah dalam memilih shampoo, jangan sering-sering mengganti-ganti shampoo, apalagi dengan alasan bereksperimen, itu tidak boleh. Jika sudah menemukan shampoo yang nyaman untuk rambut anda, pakailah shampoo yang itu saja.
  8. Buatlah jadwal keramas. Keramas dengan jadwal yang teratur juga membuat perawatan rambut semakin baik. Tetapi ada pengecualian jika beraktivitas diluar ruangan yang menghasilkan banyak keringat boleh kita keramas diluar jadwal demi kebersihan rambut kita.
  9. Gunakan masker rambut alami. Jika ada bahan alami lebih baik kita gunakan untuk perawatan rambut, selain meminimalkan resiko, bhan alami juga mudah didapat dan tidak mengandung bahan kimia. Kita bisa gunakan tanaman lidah buaya sebagai pengganti kondisioner. Selain itu kita juga bisa memanfaatkan minyak zaitun, minyak kemiri dan sebagainya.
  10. Hindarkan dari paparan sinar matahari langsung. Sinar matahari juga tidak baik untuk kesehatan rambut, apalagi udara pada zaman sekarang sudah banyak terkontaminasi berbagai polusi. Kita bisa saja mengurangi bahaya tersebut untuk melindungi rambut, dengan menggunakan topi atau penutup kepala lainnya.
  11. Gunakan sisir menggunakan jari. Pemilihan sisir rambut juga perlu dicermati. Pilihlah sisir dengan gerigi yang tidak terlalu rapat, Anda dapat mencoba menggunakan sisir jari. Terlalu sering menyisir rambut juga tidak baik bagi rambut.
  12. Pilihlah bahan sarung bantal dari katun atau bahan yang halus. Jika kita hendak tidur, sebaiknya rambut tidak tertindih kepala (bagi yang memiliki rambut panjang), kita bisa siasati dengan mengangkatnya keatas dan biarkan tergerai, dengan tujuan rambut tidak kusut, sarung bantal dengan bahan halus juga sedikit mengurangi gesekan antara rambut dan sarung bantal.
  13. Gunakan aksesoris rambut yang wajar. Aksesoris dari bahan semacam kawat atau yang sejenisnya juga tidak baik bagi kesehatan rambut. Pilihlah dengan bahan yang tidak terlalu keras, agar ketika digunakan rambut juga tidak sakit daan menyebabkan kerontokan.
  14. Lindungi rambut ketika berenang. Bahan kaporit yang ada di kolam renang bisa menyebabkan rambut kering dan rusak. Solusinya jika memang mau, kita bisa menggunakan pakaian renang yang sudah ada penutup kepalanya.
  15. Pekalah pada keluhan rambut. Jika sudah ada kerusakan rambut, misalnya ketombe, segeralah obati dengan shampoo anti ketombe atau dengan bahan alami seperti jeruk nipis (caranya sebelum keramas usapkanlah air jeruk nipis pada kulit kepala alangkah baiknya lagi dipadukan dengan gel lidah buaya, diamkan selama 15 menit, kemudian keramas sampai bersih), jika rambut bercabang segeralah potong ujung rambut yang bercabang tersebut agar tidak bercabang terlalu panjang. Jika dirasa rambut sudah panjang, potonglah rambut dengan rapi, supaya penampilan juga semakin terlihat lebih sempurna.
Banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk merawat rambut tetap sehat dan indah, kembali lagi pada diri kita sendiri, karena rambut kita, kita yang merasakan dan memilikinya. Semoga bermanfaat.