search-button

Jul 1, 2015

6 Jenis Olah Raga Sederhana Untuk Menurunkan Berat Badan

   
Advertisements
Cara murunkan berat badan dengan latihan dan olah raga sederhana ini. Jika Anda pergi ke tempat fitnes, Anda akan melihat banyak orang yang sedang berolah raga. Bukan olah raga biasa, melainkan latihan rutin dengan menggunakan alat yang lebih advance untuk menjaga tubuh mereka agar selalu sehat dan memiliki bentuk yang atletis. Tetapi bagaimana jika Anda adalah seseorang yang memiliki berat badan yang gemuk? Apakah aman untuk latihan dan mengangkat berbagai alat fitnes tersebut?

Bagi penderita obesitas yang memiliki bentuk tubuh gemuk haruslah pandai dalam memilih jenis latihan dan olah raga. Dalam artian, Anda harus memilih cara yang aman dan mudah tetapi mampu menurunkan berat badan yang gemuk. Simak beberapa saran berikut ini.

Jenis Latihan dan Olah Raga Sederhana Untuk Menurunkan Berat Badan

  1. Jalan Kaki.
    Berjalan Kaki Untuk Menurunkan Berat Badan
    Jalan kaki adalah salah satu latihan yang bisa dilakukan oleh siapapun termasuk Anda yang gemuk. Jangan berjalan terlalu cepat karena hal itu hanya akan membuat Anda lelah dan bukan latihan. Berjalan saja dengan pelan sesuai dengan cara yang akan membuat Anda nyaman. Jangan menentukan suatu jarak tertentu. Misal Anda menargetkan jarak yang harus ditempuh harus 1 mil, hal ini justru hanya akan membuat Anda cepat lelah, jengkel, nyeri dan akan menimbulkan kebosanan.

  2. Berenang.
    Menurunkan Berat Badan Dengan Berenang
    Kolam renang adalah salah satu tempat Aman untuk berlatih dan olah raga bagi Anda yang gemuk. Berenanglah secara ideal untuk menurunkan stress pada sendi dan tulang. Beberapa diantara tempat untuk berenang, terkadang ada yang memiliki kelas aerobik air. Jika Anda tertarik, cobalah untuk mengikuti kelas tersebut tetapi khusus bagi orang yang memiliki badan gemuk agar latihan yang mereka berikan dapat disesuaikan.

  3. Menari.
    Menari
    Jika Anda tidak mau berjalan karena panas atau malas pergi ke tempat renang kenapa tidak menari saja dirumah. Putarlah jenis musik yang Anda sukai kemudian mulailah untuk menari. Tetapi jangan memutar jenis musik yang memiliki tempo cepat karena hal itu akan mempengaruhi gerakan tarian Anda. Tubuh Anda akan melangkahkan kaki kedepan, kebelakang dan kesamping. Jangan lupa untuk melambaikan tangan, bertepuk tangan, membungkuk sehingga akan memberikan peregangan pada otot dan tulang Anda.

  4. Duduk.
    Cara Menurunkan Kegemukan
    Jenis latihan ini dikhususkan bagi Anda yang sudah berumur cukup tua tetapi memiliki badan yang gemuk. Anda dapat mengangkat kaki, membungkuk sambil tangan memegang pinggang dengan arah yang berbeda hingga menggerakkan lengan untuk menjaga otot dan meningkatkan stamina kesehatan Anda.

  5. Bersepeda.
    Bersepeda Untuk Menurunkan Kegemukan
    Bersepeda merupakan jenis olah raga yang banyak disukai oleh banyak orang. Dengan mengayuh sepeda dengan menargetkan jarak tertentu, hal ini akan membakar banyak kalori yang terdapat di tubuh gemuk Anda. Tentu saja Anda pun akan terhibur karena bisa melihat pemandangan hijau yang juga akan menjaga mata Anda agar tetapi sehat. Pilihlah lingkungan yang hijau dan bebas dari polusi kendaraan. Tujuannya agar Anda dapt menghirup udara segar sehingga mendapatkan oksigen yang baik bagi paru-paru Anda.

  6. Berlari.
    Berlari Untuk Menurunkan Obesitas
    Hal yang harus dilakukan untuk menurunkan berat badan adalah dengan berlari. Latihan dan aktifitas ini akan mampu membakar 600 kalori setiap jam nya. Jika jenis olah raga sederhana ini dapat Anda lakukan setiap hari dengan rentan waktu 2 jam saja, maka Anda akan membakar sebanyak 1.200 kalori. Waktu yang cocok untuk berlari adalah pada saat pagi dan sore hari. Jika Anda tinggal dilingkungan yang hijau tentu saja akan meberikan nilai yang lebih karena dapat berlari di alam terbuka.
Dengan selalu latihan dan olah raga sederhan diatas yang dilakukan secara rutin maka kegiatan ini akan membantu Anda untuk menurunkan berat badan.