search-button

Jul 6, 2015

10 Penyebab Mata Merah Seperti Darah

   
Advertisements
Penyebab Mata Merah Seperti Darah Beku
via:wikipedia.org

Mata adalah indra penglihatan yang sangat penting bagi manusia, selain itu mata adalah satu bagian indra yang pertama kali diperhatikan oleh orang-orang disekitar Anda. Tentunya jika Anda mengalami gangguan mata yang disebabkan iritasi akibat debu dan lainnya, sakit mata yang menyebabkan mata merah terlihat seperti darah dapat mengganggu aktivitas, penampilan juga rasa percaya diri Anda.

Mata merah seperti darah disebabkan karena  terjadi robek atau putusnya serabut-serabut kecil pada pembuluh mata yang terjadi karena kebiasaan-kebiasaan atau beberapa hal yang tanpa Anda sadari. Lantas hal apa sajakah yang dapat menyebabkan robeknya serabut pembuluh darah pada mata?

Penyebab Mata Merah Seperti Darah Menggumpal

  1. Kebiasaan mengucek mata yang terlalu keras. Seringkali ketika mata terasa gatal, ataupun masuknya debu, secara tidak sadar Anda mengucek-ngucek mata, bahkan dengan tanpa sengaja juga Anda menguceknya dengan cukup keras. Berhati-hatilah karena bisa mengakibatkan mata merah seperti ada darah.
  2. Ternyata tekanan yang terjadi pada pembuluh darah yang disebabkan karena batuk yang terlalu keras, bersin bahkan muntah juga menjadi salah satu penyebab mata merah.
  3. Mengangkat sebuah beban yang terlalu berat ternyata dapat menyebabkan tekanan pada pembuluh darah dikepala yang berakibat mata menjadi merah.
  4. Yang terjadi ketika Anda sedang memakai soft lens kemudian tanpa sengaja Anda mengucek mata, ini juga dapat menimbulkan lecet pada mata dan juga bintik-bintik merah.
  5. Disebabkan karena dosis yang terlalu tinggi jika Anda mengonsumsi ginseng, bawang putih, cabe merah, jahe maupun obat yang berfungsi sebagai pengencer darah.
  6. Kurangnya berkedip atau peregangn mata. Seperti menggerakkan bola mata kearah kanan, kiri dan kearah yang lainnya.
  7. Terlalu sering menatap layar monitor desktop, laptop dan sejenisnya tanpa memberikan istirahat pada mata.
  8. Infeksi virus, yang gejalanya ditandai dengan bengkak pada kelopak mata, gatal, rasa seperti terbakar, air mata yang sering bercucuran bahkan keluar kotoran mata yang bening keputihan.
  9. Paparan bahan kimia. Gejalanya dapat terlihat seperti mata yang berair, terasa perih dan keluar cairan yang kental berwarna putih.
  10. Alergi, yang disebabkan oleh debu, serbuk sari bunga, ataupun bulu binatang. Selain mata merah juga biasanya disertai bersin, hidung gatal maupun radang pada tenggorokan.
Lindungi dan jagalah kesehatan mata Anda setiap harinya. Tanpa mata yang sehat aktivitas Anda tidak akan sesempurna sewaktu Anda memiliki mata yang sehat dan indah.