search-button

Jul 5, 2015

15 Tip Dan Cara Merawat Kulit Agar Tetap Sehat Alami

   
Advertisements
Kulit Tetap Sehat Alami
via: (@dilip36) flickr.com

Kulit sehat alami tidak harus putih. Kulit yang sehat adalah kulit yang bersih dan terbebas dari segala macam bentuk penyakit kulit. Kadas, kurap, panu beserta kawan-kawannya, jerawat dan masalah kulit lainnya harus tersingkirkan apabila Anda ingin memliki kulit yang bersih dan sehat. Kini, banyak sekali treatment atau perawatan kulit yang mudah Anda jumpai, dari mulai yang tradisional hingga yang modern. Justru dengan semakin maraknya jenis-jenis perawatan kulit, Anda harus ekstra hati-hati dalam memilih perawatan tersebut. Ditakutkan perawatannya menggunakan bahan-bahan yang tidak aman untuk kulit dan bahkan bisa merusak kulit.

Kulit putih dan mulus yang kini banyak sekali di inginkan oleh banyak orang, terutama kaum wanita. Tak heran para kaum wanita memilih produk instant yang bisa memutihkan kulit secara instant. Wah padahal belum tentu yang instant itu aman. Hati-hati ladies. Banyak sekali cara untuk merawat kulit agar tetap sehat alami tanpa harus memakai bahan-bahan kimia yang belum tentu dijamin keamanannya. Simaklah tips dan cara merawat kulit agar tetap sehat alami berikut ini.

Cara Merawat Kulit Agar Selalu Sehat Alami

  1. Makanan yang sehat. Dalam memilih makanan Anda juga harus berhati-hati ya, pilihlah makanan yang memiliki khasiat untuk merawat kulit.Jangan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung gula.
  2. Perbanyaklah mengkonsumsi air putih. Air putih ternyata bagus untuk kesehatan kulit, karena jika tubuh kekurangan cairankulit akan derhodrasi dan menjadi mudah terasa kering.
  3. Buah-buahan mengandung vitamin c. Anda bisa rutin mengonsumsi buah jeruk. Dengan tercukupinya vitamin c kulit akan terlihat lebih segar. Selain jeruk Anda bisa mencobanya dengan mengkonsumsi anggur.
  4. Makanan yang kaya akan antioksidan. Anda bisa memperoleh zat antioksidan dari kacang hijau, melon dan tomat. Antioksidan ini sangat baik untuk kesehatan kulit Anda.
  5. Makanan yang mengandung vitamin a. Cobalah konsumsi sayuran wortel, selain baik untuk kulit, wortel juga bisa membuat mata Anda sehat. Selain itu Anda bisa menggantinya dengan sayur bayam, dan brokoli.
  6. Pilihlah produk  minuman susu yang rendah lemak.
  7. Makanan yang kaya akan vitamin e. Vitamin e dipercaya sangat bagus sekali untuk menjaga kesehatan kulit, karena kandungan yang dimilikinya mampu memperlambat penuaan, membuat kulit bersih dari noda bekas jerawat dan flek hitam, selain itu dapat membuat kulit menjadi lebihkencang jika dikonsumsi secara teratur. Cobalah konsumsi buah alpukat.
  8. Buah semangka. Buah ini mengandung banyak vitamin, diantaranya daging buahnya mengandung vitamin a, b, dan c. Sedangkan bijinya mengandung selenium, zink, vitamin e, juga terkandung lemak yang baik. Anda akan terhindar dari radikal bebas dan penuaan dini.
  9. Mulailah menghindari minuman berkafein dan menggantinya dengan teh hijau. Teh hijau diperkaya dengan kandungn antioksidan super yang baik untuk kesehatan kulit.
  10. Makanan yang mengandung Asam lemak omega-3. Zat ini dipercaya mampu menjaga elastisitas kulit, sehingga kulit tidak akan mudah keriput. Konsumsilah ikan salmon, sarden, ikan kembung, ikan herring dan ikan makarel.
  11. Konsumsilah lemak sehat yang diperkaya antioksidan. Anda bisa memperolehnya dari minyak zaitun, minyak sunflower/biji bunga matahari, maupun minyak wijen.
  12. Konsumsi makanan yang memiliki kandungan zat besi. Zat besi berperan untuk menyehatkan kulit yang pucat dan memperbaiki lingkaran hitam yang terdapat dibawah mata Anda. Zat besi bisa diperoleh dari daging merah yang tidak memiliki jumlah lemak yang tinggi.
  13. Konsumsi makanan yang kaya akan mineral, kalium dan kalsium. Anda bisa mengonsumsi telur maupun yogurt, yang baik untuk peremajaan kulit. Sedangkan kalium dipercaya dapat membantu dalam pertumbuhan sel kulit baru.
  14. Jagalah kebersihan kulit dengan mandi minimal 2 kali sehari menggunakan sabun yang mengandung bahan anti bakteri dan kuman.
  15. Sesekali lakukanlah masker kulit dengan bahan-bahan alami, seperti masker bengkoang, alpukat dan sebagainya. Anda juga bisa melakukan spa ataupun treatment kulit lainnya, tapi pastikan perawatan tersebut higienis dan memakai produk yang aman bagi kulit.
Banyak sekali bukan cara sehat alami untuk menjaga kesehatan kulit? Jika ada cara mudah untuk merawat kulit tidak ada salahnya Anda mencobanya. Kulit adalah asset Anda yang harus dijaga demi menunjang penampilan dan kenyamanan diri Anda.