search-button

Jul 14, 2015

15 Tips Cara Mencegah Penuaan Dini

   
Advertisements
Mencegah Penuaan Dini

Jika pada wajah Anda sudah terdapat garis-garis halus bahkan kerutan, hati-hati itu adalah tanda dari proses penuaan. Penyebab penuaan dini bisa terjadi karena banyak hal. Tetapi kali ini kami akan membahas cara mengatasinya.

Tips Mencegah Penuaan Dini

  1. Beras merah. Pada beras merah terkandung zat selenium yang memiliki fungsi untuk katalisator yang dapat mempercepat terjadinya pemecahan peroksida yang kemudian menjadi ikatan yang tidak bersifat toksin-peroksida. Sehingga berasm merah mampu untuk mencegah proses penuaan dini pada kulit Anda.
  2. Minum air putih. Semakin Anda bertambah dewasa, begitupun kondisi kulit Anda juga akan mengalami perubahan, yang tingkat elastisitasannya tidak seperti dulu. Oleh sebab itu kulit Anda juga membutuhkan nutrisi dan mineral untuk menjaga keindahannya. Pastikanlah Anda mencukupi mineral untuk tubuh Anda agar kulit tidak menjadi kering.
  3. Tidurlah dengan porsi yang cukup. Pada saat kulit Anda mulai mengalami penuaan, jangan membuatnya semakin mempercepat dalam proses penuaan tersebut, tetapi cegahlah dengan istirahat yang cukup. Apalagi jika Anda kurang tidur selain mempercepat proses penuaan, juga dapat menimbulkan lingkar hitam di bawah mata Anda.
  4. Pelembab. Untuk mencegah terjadinya penuaan dini tentunya kulit harus senantiasa dalam keadaan lembab, dengan kata lain jangan membiarkan kulit Anda kering. Usahakan setiap selepas mandi, gunakanlah pelembab keseluruh tubuh Anda agar kulit tetap lembab dan mencegah penuaan dini.
  5. Krim malam. Hilangkanlah rasa malas dalam merawat kulit, dari mulai sekarang biasakan untuk memakai krim malam sebelum tidur. Semakin bertambahnya usia Anda, semakin Anda memakai perawatan dan menyadari akan pentingnya krim malam sebelum tidur.
  6. Rajin untuk merawat dan membersihkan kulit. Setelah Anda beraktivitas seharian, jangan lupa untuk selalu membersihkan kulit Anda sebelum tidur, apalagi jika Anda memakai makeup. Jika Anda juga terlalu sering memakai makeup tidak baik juga untuk kulit dan bahkan dapat membuat kulit Anda cepat keriput.
  7. Gunakan perawatan kulit dengan bahan alami. Dalam perawatan kulit, bahkan untuk mengobati berbagai masalh kulit, sebaiknya Anda gunakan bahan-bahan natural yang berasal dari alam, dengan kata lain tidak memiliki kandungan bahan kimia. Dengan menggunakan bahan-bahan alami tentunya kesehatan kulit akan tetap terjaga.
  8. Konsumsi makanan yang mengandung banyak antioksidan. Brokoli, paprika dan sejenis berry akan membantu Anda mencegah penuaan dini. Sayur dan buah yang mengandung banyak antioksidan berguna untuk membangun kolagen segar pada lapisan bawah kulit Anda.
  9. Perawatan kulit dengan cara yang benar. Pada saat memakai pelembab, krim atau produk kosmetik lainnya pada wajah, usahakan untuk mengoleskannya dari atas kebawah atau yang bisa disebut gerakan menarik kulit ke bagian atas. Karena jika Anda mengaplikasikannya dengan gerakan kebawah, lambat laun akan membuat kulit Anda keriput dan kendur.
  10. Membuang racun dalam tubuh dengan air lemon dan madu. Racun yang tertumpuk di tubuh Anda akan berakibat buruk untuk kesehatan kulit Anda, bahkan kulit akan menjadi kusam. Konsumsilah minuman lemon yang dicampur dengan madu agar dapat membuang racun dalam tubuh Anda dan mengembalikan kecerahan alami kulit Anda.
  11. Jauhilah kebiasaan minum kopi dan merokok. Perokok dan orang yang sering mengonsumsi minuman berkafein akan mengalami proses penuaan yang cepat, sudah tidak asing lagi ditelinga Anda tentunya mengenai dampak dari kedua hal tersebut. Jika Anda menginginkan untuk tidak mengalami penuaan dini, berhentilah merokok dan minum kopi.
  12. Hindari stress dengan refreshing maupun relaksasi. Kulit yang sehat tergantung juga pada kondisi fisik dan psikis Anda. Luangkanlah waktu untuk refreshing atau membuat tubuh Anda nyaman. Tidak harus dengan biaya yang mahal, dengan mampunya Anda menciptakan suasana yang aman, nyaman juga dapat membuat Anda menjadi rileks.
  13. Banyaklah mengonsumsi makanan kaya akan lycopene. Wortel dan tomat. Kedua sayuran tersebut dapat memerangi radikal bebas yang berdampak buruk untuk kulit, Anda.
  14. Bayam dan kangkung. Pada kedua sayuran ini terdapat kandungan Lutein, yaitu sumber antioksidan alami. Zat ini dapat melindungi dari kesrusakan sel-sel kulit yang disebabkan oleh paparan sinar ultraviolet.
  15. Berolahraga. Dengan berolahraga, Anda akan merasakan berbagai manfaatnya yaitu dapat meremajakan sel-sel pada tubuh dan jaringan pada kulit, juga mampu mengeluarkan racun pada tubuh Anda melalui keringat. Tunggu apalagi, mari berolahraga!

Banyak sekali cara untuk merawat kulit agar terhindar dari penuaan dini. Jangan sampai kulit Anda terlihat lebih tua dari usia Anda. Lakukanlah perawatan mulai sekarang untuk mencegah penuaan dini.