search-button

Aug 14, 2015

12 Penyebab Sakit Pinggang

   
Advertisements
Penyebab Sakit Pinggang Yang Paling Umum

Mengetahui gejala dan penyebab sakit pinggang itu wajib sekali untuk Anda ketahui. Tidak menutup kemungkinan hal tersebut bukan hanya sekedar sakit pinggang biasa. Namun rasa nyeri yang Anda derita itu merupakan sebagian tanda terkena suatu penyakit maupun pola hidup Anda yang salah. Kerugian yang ditimbulkan sakit pinggang bisa bermacam macam. Karena jika Anda sudah terlanjur terkena, tentulah aktivitas akan terganggu. Untuk itu, Apotik Sehat akan membahas tentang beberapa penyebab sakit pinggang yang biasa terjadi.

Penyebab Sakit Pinggang

  1. Mengangkat barang yang terlalu berat.
    Jika memang Anda tidak kuat mengangkat sebuah barang yang ada dihapan Anda, sebaiknya gunakan alat bantu yang dapat meringankan pekerjaan Anda. Jika perlu mintalah bantuan orang lain. Karena jika hal ini Anda paksakan tentunya akan menimbulkan masalah seperti sakit pada daerah pinggang.
  2. Gerakan maupun sikap badan yang salah pada saat membungkuk maupun mengangkat barang.
    Perlu Anda perhatikan teknik mengangkat ataupun memindahkan barang yang berat. Yaitu dengan gerakan jongkok terlebih dahulu sambil membawa barang tersebut, dan perlahan-lahan berdiri untuk memindahkan barang ke tempat lain. Cara ini dilakukan untuk meminimalisir penyebab sakit pinggang.
  3. Terdapat gangguan pada bagian tulang belakang.
    Jika Anda mengalami sakit pinggang bukan karena mengangkat beban yang berat, periksalah bagian tulang belakang Anda, dikhawatirkan terdapat gangguan pada tulang belakang Anda yang menyebabkan nyeri pada bagian pinggang.
  4. Salah dalam memilh alas tidur.
    Dalam memilih alas tidur juga tidak boleh sembarangan. Alas tidur yang mahal dan bagus belum tentu nyaman dan menjamin tidur Anda nyenyak. Pilihlah alas tidur yang nyaman untuk postur tubuh Anda. Jangan pilih alas tidur yang sifatnya lentur, karena tulang belakang Anda akan mudah mengikuti bentuk alas tidur yang lentur tersebut, sehingga Anda lebih mudah terkena sakit pinggang.
  5. Kurangnya berolahraga.
    Apabila Anda termasuk orang yang malas berolahraga, jangan heran jika Anda mudah mengalami sakit pinggang. Orang yang jarang berolahraga ini tentunya akan mengalami sendi yang kaku karena jarang digerakkan sehingga akan mudah cedera.
  6. High heels/sepatu maupun sandal yang tinggi.
    Alas kaki harusnya digunakan demi kenyamanan dan juga melindungi kaki dari benda-benda diluaran sana yang dapat berbahaya bagi kesehatan dan bentuk kaki. Jangan pilih alas kaki hanya untuk terlihat indahnya saja. Namun pilih yang pas dikaki Anda dan tidak menimbulkan efek negative di kaki maupun postur tubuh Anda. Sepatu maupun sandal dengan heels yang tinggi mampu memicu untuk mudah terkena gejala sakit pinggang.
  7. Kurang minum.
    Kurangnya cairan di dalam tubuh juga ternyata dipercaya sebagai pemicu munculnya gejala sakit pinggang. Minumlah minimal 8 gelas per hari ya!
  8. Terlalu banyak minum kopi.
    Kopi selain tidak baik untuk kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan juga ternyata dapat menyebabkan Anda sakit pinggang. Oleh karenanya, jauhilah kopi dan mulai menggantinya dengan minuman sehat seperti susu ataupun lebih bagusnya lagi air putih.
  9. Terlalu lama duduk.
    Orang yang karena tuntutan pekerjaannya mewajibkan untuk selalu duduk juga dapat menimbulkan masalah seperti sakit pinggang. Usahakan untuk mengambil waktu disela-sela istirahat ntuk melakukan peregangan agar tubuh dan pinggang Anda lebih rileks.
  10. Penyebab sakit pinggang karena terlalu lama berdiri.
    Selain terlalu lama duduk, terlalu lama berdiripun akan membuat pinggang Anda terasa sakit.
  11. Tidak melakukan pemanasan saat akan berolahraga.
    Pemanasan sebelum olahraga ini sangat penting sekali untuk dilakukan. Selain dapat memperkecil resiko terjadinya cedera, dan kram pada saat berolahraga juga mampu menangkal terjadinya sakit pinggang.
  12. Faktor usia.
    Tidak diragukan lagi, jika umur kita sudah cukup tua maka gejala yang menimbulkan sakitnya pinggang dan tulang belakang akan sering terjadi.

Sekarang biasakanlah untuk hidup sehat, rajin berolahraga dan juga  melakukan cara yang baik dan benar dalam menjalankan aktivitas harian. Itulah beberapa penyebab sakit pinggang yang telah Anda ketahui.