search-button

Aug 9, 2015

15 Penyebab Rambut Rontok Berlebihan

   
Advertisements
Rambut Rontok Berlebihan

Manusia memiliki umur, kekuatan dan daya tahan dalam mempertahankan hidupnya. Begitupun dengan rambut. Seiring bertambahnya umur, rambutpun juga sama dan tentunya rambut lama kelamaan akan mengalami perubahan yang tak Anda sadari sebelumnya. Tak heran rambut sering mengalami masalah ketombe, kering, bercabang bahkan patah dan rontok. Rambut memang selalu rontok 100 helainya per 100.000 helai per harinya, ini merupakan batas kewajaran. Tetapi yang harus Anda waspadai adalah rontok yang secara terus menerus dengan helai rambut yang semakin bertambah banyak.

Jangan dulu ambil tindakan untuk menangani rambut rontok Anda, kenalilah terlebih dahulu penyebab dari rambut rontok tersebut. Untuk itu Apotik Sehat akan menjelaskan beberapa penyebab rambut rontok berlebihan pada uraian berikut ini.

Penyebab Rambut Rontok Pada Pria dan Wanita

  1. Proses persalinan.
    Masalah rambut rontok sering sekali dialami wanita pasca melahirkan, biasanya gejala rambut rontok ini terjadi setelah 2 hingga 3 bulan setelah melahirkan dan biasanya akan terjadi selama 6 bulan.
  2. Stress berat.
    Jika Anda sering sekali mengalami stress akibat berbagai permasalahan, jangan terlalu sering dibiarkan. Dalam keadaan stress urat-urat saraf pada daerah sekitar kepala Anda akan memaksa akar rambut untuk bekerja lebih keras sehingga akar rambut akan menjadi lemah dan pada akhirnya mengalami kerontokan.
  3. Jarang keramas.
    Apabila Anda jarang keramas, kebersihan kulit kepala Anda akan terganggu, selain itu rambut akan menjadi lebih lepek bahkan bau. Folikel rambutpun juga akan terhambat dan akhirnya memperlambat juga proses pertumbuhan rambut. Tetapi, pilihlah shampoo yang cocok untuk jenis rambut Anda agar tidak memperparah kerontokan rambut.
  4. Demam tinggi.
    Demam memang harus segera di tangani karena jika memang dibiarkan begitu saja dan bahkan suhu demam Anda bertambah tinggi, juga dapat membuat rambut mengalami kerontokan.
  5. Diet yang salah.
    Diet merupakan program untuk mengurangi berat badan Anda, terkadang dalam program diet Anda dituntut untuk mengurangi beberapa asupan gizi pada tubuh yang justru penting untuk kekuatan dan kesehatan rambut. Biasanya setelah 2 sampai 3 bulan setelah Anda melakukan program diet, rambut akan mengalami masalah kerontokan.
  6. Perubahan hormonal.
    Pria maupun wanita tentunya selalu mengalami kerontokan dengan penyebab yang sama, yaitu perubahan hormonal. Pada saat terjadi perubahan hormonal, tentu mempengaruhi dan membuat rambut menjadi rontok.
  7. Kemoterapi.
    Pada penderita kanker, biasanya dianjurkan untuk menjalani beberapa pengobatan seperti kemoterapi. Pengobatan dengan jenis kemoteraqpi ini menyebabkan rambut si penderita akan mengalami kerontokan. Penderita kanker yang menjalani kemoterapi akan kehilangan rambutnya Sebanyak 90%. Tetapi jangan takut, setelah beberapa waktu Anda selesai menjalani kemoterapi, rambut Anda akan tumbuh kembali.
  8. Pil KB.
    Ternyata obat penunda kehamilan ini juga mampu membuat rambut Anda menjadi rontok. Pil KB dengan kadar progestin tinggilah yang membuat rambut menjadi rontok.
  9. Perawatan rambut yang salah.

    Apa Penyebab Rambut Rontok Berlebihan
    Rambut memerlukan perawatan dan perlakuan yang tidak sembarangan, jangan mengikat rambut terlalu kuat dalam waktu yang lama, mengganti-ganti gaya rambut atau memakai alat pengering rambut bahkan sering mengganti pewarna rambut dapat menyebabkan rambut mengalami kerontokan.
  10. Kurangnya asupan gizi.
    Tidak tercukupinyan vitamin B6, B12, Asam Folat, Biotin, vitamin C, Tembaga, Seng dan Zat Besi akan membuat rambut menjadi rontok. Karena senyawa-senyawa tersebut berperan sebagai pembentukan sel darah merah yang akan mengalirkan oksigen ke batang rambut Anda.
  11. Berlebihan dalam mengonsumsi makanan dengan kadar vitamin A yang tinggi.
    Ingat! Sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Begitpun dengan vitamin A, memang vitamin A bagus untuk kesehatan beberapa organ dalam tubuh kita, tetapi jika kelebihan vitamin A juga tidak baik untuk kesehatan rambut, dan bahkan dapat menyebabkan rambut menjadi rontok.
  12. Masalah system imun (alopecia areata).
    Gejala ini merupakan gejala system kekebalan tubuh yang menyerang ke bagian folikel rambut. Selain menyebabkan rambut rontok, dan tipis, juga dapat menyebabkan kerontokan juga pada alis, bulu mata, jenggot dan yang lainnya.
  13. Gangguan pada kulit.
    Penyakit seperti lichen planus dan juga beberapa jenis penyakit seperti lupus dapat menyebabkan kerontokan rambut secara permanen pada bagian bekas luka yang terdapat di kulit kepala.
  14. Infeksi.
    Gejala penyaklit seperti infeksi yang menjalar ke bagian kulit kepala akan membuat rambut mengalami kerontokan.
  15. Makanan yang dikonsumsi tidak sehat.
    Makan makanan manis, gorengan, snack yang mengandung pengawet dan juga bahan pewarna, ikan dengan kadar merkuri yang tinggi seperti ikan makarel dan sejenis tuna, dan juga mengonsumsi kopi ternyata menyebabkan rambut Anda menjadi rontok.

Waspadailah beberapa penyebab rambut rontok, rawatlah kesehatan rambut Anda sebelum rambut rontok dan kehilangan keindahannya.