search-button

Aug 17, 2015

20 Cara Menghilangkan Kutu Rambut Sampai Habis

   
Advertisements
Cara Menghilangkan Kutu Rambut Secara Alami dan Cepat
Menghilangkan kutu rambut diharuskan untuk menjaga kulir kepala agar tetap sehat dan bersih. Kutu rambut memiliki tingkat perkembang biakan yang terbilang cukup cepat. Mereka dapat bertelur sebanyak 6 hingga 8 butir perhari dan hanya memerlukan waktu sekitar satu minggu untuk menetas.
Cara menghilangkan kutu rambut dapat dilakukan dengan berbagai cara. Kutu rambut akan sangat mengganggu dalam melakukan aktivitas harian kita. Karena mereka dapat menggigit sehingga menimbulkan rasa gatal dan panas. Mungkin Anda belum mengetahui cara penularan kutu rambut. Diantaranya adalah melalui sisir, handuk, sarung bantal dan lainnya dari penderita satu ke orang disekitarnya. Simak beberapa tips untuk menghilangkan kutu rambut agar kulit kepala Anda tetap sehat dan bersih.

Cara Menghilangkan Kutu Rambut Secara Alami

  1. Memotong Rambut.
    Jika Anda memiliki rambut yang sudah panjang, hal ini justru akan membuat kutu rambut lebih betah dan mudah untuk berkembang biak dengan meneteskan telur kutu di kulit kepala Anda. Tentu saja cara yang paling cepat menghilangkan kutu rambut adalah dengan memotongnya sampai habis.
  2. Jus Buah Lemon.
    Rasa asam pada buah lemon tidak disukai oleh kutu rambut. Hal ini dapat Anda manfaatkan untuk menghilangkan kutu rambut. Caranya ambilah jus buah lemon kemudian basuhkan ke kulit kepala. Diamkan selama 30 menit setelah itu bilas rambut dengan menggunakan cuka dan air hangat.
  3. Minyak Zaitun.
    Manfaat minyak zaitun sangat beragam. Selain bagus untuk kesehatan dan kecantikan kulit, ternyata juga efektif dalam membasmi dan menghilangkan kutu rambut. Anda hanya perlu mengoleskan minyak zaitun ke setiap helai rambut pada malam hari sebelum tidur.
  4. Minyak kelapa.
    Dengan memanfaatkan minyak kelapa, kutu rambut akan menghilang dengan sendirinya. Lakukan hal yang sama seperti Anda menggunakan minyak zaitun.
  5. Bawang Merah.
    Bumbu dapur yang satu ini juga memiliki khasiat sebagai penghilang kutu rambut. Selain harganya murah, Anda tidak akan mengalami kesulitan untuk memperolehnya. Caranya ambil sebanyak 4 hingga 5 butir bawang merah kemudian haluskan. Setelah itu peras dan ambil airnya untuk digunakan sebagai masker rambut. Diamkanlah hingga 2 jam lamanya lalu keramaslah dengan menggunakan air hangat kemudian sisirlah rambut Anda secara merata. Cara ini bisa dilakukan 1 minggu sekali selama 2 bulan.
  6. Jeruk Nipis.
    Kutu rambut tidak menyukai rasa asam, selain lemon Anda juga dapat memanfaatkan jeruk nipis sebagai obat penghilang kutu di rambut. Caranya, peraslah 2 buah jeruk nipis dan tambahkan dengan 6 sendok makan minyak kayu putih. Setelah itu basuhkan pada rambut Anda dan diamkan selama 2 jam. Setelah itu keramaslah seperti biasa untuk membersihkannya.
  7. Lidah Buaya.
    Anda dapat memanfaatkan lidah buaya untuk menghilangkan kutu rambut. Selain kutu di rambut Anda akan hilang, rambut Andapun akan semakin sehat dan juga lembut. Caranya, oleskanlah lendir lidah buaya pada kulit kepala dan rambut Anda sambil dipijat perlahan selama 20 menit, setelah itu damkanlah selama 2 sampai 3 jam.
  8. Daun sirsak.
    Pada ulasan sebelumnya sudah pernah dibahas mengenai 20 manfaat dan khasiat daun sirsak, pada kesempatan kali ini Apotik Sehat akan membahas mengenai cara menghilangkan kutu rambut dengan daun sirsak. Caranya cukup mudah, yaitu ambilah beberapa lembar daun sirsak, kemudian bersihkan dengan air, setelah itu rebus  dan gunakan air rebusan daun sirsak tersebut untuk keramas.
  9. Sisir Serit.
    Dengan menggunakan sisir khusus ini, kutu dirambut Anda akan sedikit berkurang bahkan menghilang dengan sendirinya. Tentunya cara ini harus dilakukan secara rutin dan teratur.
    Cara Alami Menghilangkan Kutu Rambut
  10. Sinar Matahari.
    Kutu rambut selain tidak menyukai rasa asam juga tidak menyukai panas, Anda dapat memanfaatkan sinar matahari sebagai penghilang kutu rambut. Anda dapat beraktivitas diluar ruangan dan tentunya terkena paparan sinar matahari dalam waktu yang cukup lama, cara ini efektif membuat kutu rambut kepanasan dan biasanya kutu akan muncul ke permukaan rambut.

  11. Cara Menghilangkan Kutu Rambut Dengan Cepat

  12. Pasta Almond.
    Dengan menggunakan biji almond, kutu rambut akan menghilang dengan sendirinya. Caranya juga cukup mudah, Anda hanya perlu menyediakan 10 biji almond, kemudian rendam dalam satu malam. Pada pagi harinya Anda dapat menghaluskan biji almond tersebut dengan menambahkan sebanyak 3 sendok air dan air perasan jeruk nipis. Setelah pastanya jadi, oleskanlah ke kulit kepala dan setiap helai rambut. Diamkanlah selama 2 jam, setelah itu Anda dapat membersihkannya dengan menggunakan air dingin. Cara menghilangkan kutu rambut secara alami ini bisa Anda aplikasikan 1 kali seminggu selama 2 bulan saja.
  13. Alkohol 70 Persen.
    Anda dapat menggunakan alcohol 70 % untuk menghilangkan kutu rambut yang susah untuk dibasmi. Biasanya alkohol sering digunakan sebagai antiseptic, jadi sangat cocok digunakan sebagai penghilang kutu rambut. Usapkanlah pada rambut dengan menambahkan kondisioner lalu diamkan selama beberapa saat. Setelah itu pakailah sisir serit untuk menyisir, kemudian keramaslah hingga bersih. Cara ini dapat dilakukan 1 minggu sekali selama 15 hari.
  14. Tea Tree Oil.
    Minyak pohon teh juga memiliki khasiat yang sama seperti minyak kelapa maupun minyak zaitun. Anda dapat memanfaatkannya sebagai masker rambut malam untuk menghilangkan kutu rambut.
  15. Minyak Rambut.
    Gunakanlah minyak rambut sebagai salah satu cara efektif untuk menghilangkan kutu rambut. Dengan menggunakan minyak rambut, maka si kutu tidak akan bisa bernafa. Caranya oleskan minyak rambut sedikit lebih banyak dari biasanya ke rambut Anda kemudian tutup dengan menggunakan shower cap selama 2 jam. Setelah itu Anda bisa keramas hingga bersih sampai minyak rambutnya tidak tersisa di rambut Anda.
  16. Mayonaise.
    Mayonaise biasanya digunakan sebagai pelengkap ataupun saus pada olahan makanan. Ternyata mayonnaise mampu untuk menghilangkan kutu rambut. Caranya dengan mengoleskan ke setiap helai rambut, diamkan selama 5 hingga 6 jam, kemudian keramaslah hingga bersih dan sisir rambut Anda. Cara ini dapat Anda lakukan setiap hari hingga kutu rambut menghilang.
  17. Kapur Ajaib.
    (Hati-hati ketika menggunaknnya). Kapur ajaib yang biasa Anda gunakan untuk membasmi serangga dan sejenisnya  juga ternyata dapat Anda gunakan untuk membasmi kutu di rambut Anda. Hal ini karena kapur ajaib memiliki kandungan insektisida yang mampu melawan dan membasmi berbagai serangga, sehingga dapat juga membasmi kutu rambut. Caranya, oleskanlah kapur ajaib ke tiap helai rambut Anda dan kemudian diamkan selama 3 jam.
  18. Cuka.
    Memakai cuka memang cukup efektif dalam membasmi kutu rambut, namun Anda perlu berhati-hati karena cuka ini memiliki efek yang kurang baik bagi kesehatan rambut. Tetapi jika Anda ingin mencoba cara ini, tambahkanlah air untuk meminimalisir efek buruk bagi rambut Anda.
    Menghilangkan Kutu Rambut Dengan Cepat
  19. Berkeramas Secara Rutin dan Teratur.
    Kebersihan kulit kepala dan rambut haruslah tetap terjaga karena kutu rambut itu menyukai kondisi rambut yang kotor dan kurang terawat. Maka dari itu, keramaslah secara teratur agar kutu rambut tidak menghinggapi rambut Anda .
  20. Hair Dryer.
    Selain menggunakan cara alami seperti sinar matahari, Anda juga dapat menggunakan hair dryer untuk membasmi kutu rambut. Untuk menjaga rambut agar tidak kering, usapkanlah minyak kelapa terlebih dahulu sebelum memakai hair dryer, panaskanlah rambut Anda selama 20 menit kemudian sisir dengan menggunakan sisir serit.
  21. Peditox.
    Cara ini memang bukan cara alami karena menggunakan obat yang mengandung bahan kimia. Cara ini bisa Anda coba jika dengan cara alami kutu rambut Anda belum juga menghilang. Caranya cukup dengan mengoleskan obat ini ke setiap helai rambut Anda dengan sedikit pijatan, setelah itu tutup rambut dengan shower cap selama 12 jam. Kemudian Anda bisa keramas seperti biasanya.

Hal terpenting agar Anda terhindar dari kutu rambut adalah menjaga rambut dan kulit kepala agar tetap bersih. Berhentilah memakai perlengkapan orang lain karena tidak menutup kemungkinan Anda akan ditulari kutu rambut dari mereka. Itulah cara menghilangkan kutu rambut.