search-button

Aug 10, 2015

20 Manfaat dan Khasiat Daun Sirsak

   
Advertisements
Manfaat Daun Sirsak Bagi Kesehatan

Mengetahui berbagai manfaat dan khasiat daun sirsak adalah hal yang penting. Karena ternyata tanaman yang bahkan ada di halaman rumah pun mampu dijadikan sebagai obat penyembuh suatu penyakit. Seperti yang akan dibahas pada kesempatan kali ini, yaitu mengenai daun sirsak.

Tanaman sirsak ini merupakan tanaman dengan berjuta khasiat, darimulai daun hingga akarnya ternyata memiliki kandungan yang luar biasa bagi penyembuhan berbagai penyakit. Seperti antibakteri, antivirus, antikanker, antitumor, anti inflamasi dan tentunya masih banyak lagi. JikaAnda penasaran dengan manfaat dank hasiat daun sirsak ini, cobalah untuk menyimak uraian berikut ini.

Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan

  1. Obat Untuk Melawan Kanker.  Anda bisa memanfaatkan bagian daun sirsak untuk dijadikan sebagai obat untuk melawan kanker. Caranya, ambil sebanyak 10 lembar daun sirsak, kemudian bersihkan dengan menggunakan air hangat, setelah itu rebus dengan 3 gelas air yang kemudian hanya tersisa 1 gelas saja. Anda dapat meminum air rebusan daun sirsak ini 2 kali sehari.
  2. Obat Untuk Bisul. Jika Anda mengalami penyakit yang satu ini, yaitu bisul jangan langsung membawanya ke dokter. Bisul bisa disembuhkan dengan cara-cara alami, salah satunya yaitu dengan menggunakan daun sirsak. Caranya, siapkanlah 8 lembar daun sirsak, bersihkan dengan menggunakan air hangat, setelah itu haluskanlah. Pakailah ramuan ini sebagai obat oles diarea bisul Anda, diamkan hingga mongering. Cara ini dapat Anda lakukan secara rutin hingga bisul Anda sembuh.
  3. Sebagai Obat Batuk. Batuk memang merupakan jenis penyakit yang sangat mengganggu namun tidak berbahaya dan tidak menyebabkan kematian, namun jika batuk terus Anda biarkan tanpa penanganan lebih lanjut akan membuat Anda cape bahkan berat badan Anda bisa saja mengalami penurunan. Untuk itu cobalah untuk menggunakan daun sirsak sebagai obat batuk alami Anda. Caranya, ambil sebanyak 7 lembar daun sirsak muda, tumbuk kasar daun sirsak dan rebuslah dengan 1 gelas air yang hangat, setelah itu Anda dapat meminumnya sebagai pereda batuk alami.
  4. Pereda Sakit Pinggang. Penyebab sakit pinggang memang beragam, dari kekurangan cairan tubuh, hingga sakit pinggang karena berbagai factor tertentu. Namun ternyata, ditemukan khasiat dari daun sirsak ini yang dapat menyembuhkan sakit pinggang Anda. Caranya, Rebuslah sebanyak 20 lembar daun sirsak dengan 5 gelas air hingga yang tersisa hanya 3 gelas saja. Setelah itu, Anda dapat meminum ramuan ini sebanyak 3 kali sehari.
  5. Eksim dan Reumatik. Keuda penyakit ini ternyata bisa disembuhkan hanya dengan beberapa lembar daun saja, dan daun itu bisa Anda dapatkan dari daun sirsak. Kandungan pada daun sirsak ini ternyata mampu meredakan rasa nyeri. Caranya yaitu siapkanlah 5 lembar daun sirsak kemudian tumbuk kasar. Setelah itu gunakan untuk mengompres bagian tubuh Anda yang sakit karena eksim ataupun reumatik. Diamkanlah hingga beberapa saat, kurang lebih sekitar 1 jam.Jika Anda rutin melakukan cara ini, rasa sakit Anda berangsur-angsur akan hilang dengan sendirinya.
  6. Daun sirsak mampu dijadikan sebagai penurun kadar gula dalam darah/diabetes. Anda dapat merebus 2 sampai 5 lembar daun sirsak dengan 3 gelas air hingga yang tersisa hanya 1 gelas saja. Setelah itu Anda dapat meminum ramuan ini sebanyak 2 kali sehari selama 3 hingga 4 hari, dengan cara ini lambat laun kadar gula dalam darah Anda akan menurun.
  7. Daun sirsak mampu dijadikan sebagai obat untuk meghilangkan kutu rambut di kulit kepala Anda. Caranya, Andaambil beberapa lembar daun sirsak, kemudian cuci bersih dan haluskan. Air dari daun sirsak ini dapat dijadikan sebagai masker rambut untuk menghilangkan kutu rabut Anda secara alami.
    Khasiat Daun Sirsak Untuk Mengobati Penyakit
  8. Daun sirsak dapat dijadikan sebagai obat asma/sesak nafas. Penderita sesak nafas atau asma ini jika sudah kambuh tidak boleh dibiarkan, karena jika penanganannya telah beberapa menit saja akan berakibat fatal. Penderita asma haruslah membawa obat kemanapun dia pergi untuk menghindari kemungkinan buruk yang terjadi. Selain itu, dengan cara alami dari daun sirsak ini ternyata mampu menyembuhkan asama secara berangsur-angsur. Caranya, siapkan sebanyak 7 lembar daun sirsak yang biasanya dijadikan sarang semut rang-rang, tumbuklah daun tersebut hingga keluar airnya, jika airnya sudah terisi sekitar setengah gelas, minumlahair tersebut. Cara ini bisa terus Anda lakukan dengan rutin meminumnya setiap pagi hari.
  9. Wasir. Makanan pedas dan juga bersifat asam tentulah menjadi musuh berat bagi para penderita wasir. Selain Anda mengobatinya dari luar juga perlu pengobatan dari dalam juga. Dengan memanfaatkan daun sirsak, mampu mengobati wasir Anda secara berangsur-angsur. Caranya, rebuslah sebanyak 10 lembar daun sirsakdengan 3 gelas air hingga yang tersisa hanya 1 gelas saja. Setelah itu Anda dapat meminum ramuan tersebut sebanyak 1 kali dalam sehari dengan rutin hingga wasir Anda sembuh.
  10. Daun sirsak dapat dijadikan sebagai obat pembasmi komedo.
  11. Memperlancar dan juga memperbanyak produksi ASI. ASI dengan sejuta manfaatnya sangat dianjurkan sekali untuk tumbuh kembangbuah hati Anda. Elain asupan makanan dan gizi yang harus terpenuhi juga produksi ASI yang harus terjaga agar bayi Anda tidak rewel karena ASI Anda terhambat. Cobalah untukmeanfaatkan khasiat dari daun sirsak ini, karena kandungan galactogogue pada daun sirsak ini cukup efektif untuk menambah produksi ASI.
  12. Penambah nafsu makan. Jika akhir-akhir ini nafsu makan Anda berkurang, Anda bisa mulai memanfaatkan daun sirsak, karena kandungan stomakik pada daun sirsak ini mampu menambah nafsu makan Anda.
  13. Daun sirsak efektif sebagai penghilang stress.
  14. Daun sirsak mampu dijadikan sebagai pembasmi cacing parasit ataupun sebagai penghambat perkembangan dari parasit yang dapat merugikan tubuh.
  15. Daun sirsak dapat dijadikan obat untuk kejang.
  16. Daun sirsak mampu dijadikan sebagai penurun tekanan darah tinggi/hipertensi.
  17. Daun sirsak sebagai asupan nutrisi yang cukup baik untuk kulit dan dapat memperlambat penuaan/keriput pada kulit.
  18. Daun sirsak mampu dijadikan obat sebagai penurun demam.
  19. Daun sirsak mampu dijadikan untuk memperkuat daya tahan tubuh terhadap berbagai penyakit dan virus.
  20. Daun sirsak mampu membantu Anda dalam mengoptimalkan kinerja jantung dan membuat jantung Anda senantiasa sehat.

Ternyata banyak sekali ya manfaat dan khasiat daun sirsak, tunggu apalagi segera manfaatkan tumbuhan sirsak ini sebagai obat alami penyakit Anda.