search-button

Aug 3, 2015

20 Cara Mencegah dan Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan

   
Advertisements
Cara Mencegah Rambut Rontok dan Ketombe

Rambut rontok berlebihan bisa terjadi pada siapa saja, termasuk pria dan wanita. Biasanya kita akan menemukan banyak rambut yang rontok pada saat menyisisr. Hal tersebut selalu terjadi setiap hari bahkan dengan intensitas rambut yang semakin banyak. Jangan heran jika rambut Anda semakin hari semakin menipis saja karena perlu cara mencegah rambut rontok berlebihan.

Mengatasi rambut rontok pria dan wanita tentulah harus dilakukan dengan cara yang berbeda. Jika kerontokan yag terjadi pada rambut tidak cepat dicegah dan terus saja Anda biarkan. Maka tidak menutup kemungkinan akan semakin menipis bahkan botak. Selanjutnya, akan timbul rasa kurang percaya diri apalagi jika umur Anda terbilang masih muda, akan semakin menambah tekanan untuk keluar dan bersosialisasi.

Tips Mengatasi dan Mencegah Rambut Rontok Berlebihan

  1. Gel lidah buaya.
    Manfaat lendir lidah buaya ini jika diaplikasikan pada rambut akan memberikan pengaruh yang luar biasa. Selain rambut tampak sehat dan lembut, juga dipercaya mampu memperkuat akar rambut dan membuat rambut menjadi lebih lebat. Gunkanlah gel lidah buaya setiap kali Anda akan keramas.
  2. Teh hijau.
    Selain baik bagi kesehatan Anda, teh hijau ini baik untuk menjaga kesehatan rambut Anda, rambut akan senantiasa kuat dan tidak akan mengalami kerontokan yang sering kali membuat Anda menjadi kurang percaya diri.
  3. Seledri.
    Dengan seledri ini, rambut akan menjadi lebih berkilau,sehat dan juga akan menjadi lebih kuat dan tidak mudah mengalami kerontokan. Beberapa vitamin yang terkandung dalam seledri ini seperti vitamin A, B, zat besi, natrium dan juga kalsium akan senantiasa menjaga kesehatan rambut Anda. Gunakanlah daun seledri yang telah dihaluskan ini sebagai shampoo setiap kali Anda keramas.
  4. Minyak almond.
    Selalu gunakan minyak almond dan beri sedikit pijatan pada kulit kepala Anda agar rambut tidak rontok. Pijatan di kulit kepala ini bertujuan untuk memperlancar peredaran darah dan juga dapat membantu folikel rambut untuk senantiasa aktif.
  5. Masker rambut alami.
    Masker rambut alami ini bisa Anda buat sendiri dirumah, yaitu campuran antara jahe, bawang putih dan bawang merah yang dihaluskan. Pakailah masker rambut ini pada malam hari dan diamkan selama semalaman. Jika cara ini Anda gunakan secara teratur, kerontokan rambut Anda akan berkurang.
  6. Jeruk nipis.
    Jeruk nipis ini bisa Anda gunakan sebagai penghilang ketombe di kulit kepala Anda, juga jika Anda mengalami kerontokan ternyata jeruk nipis juga mampu mengurangi kerontokan rambut Anda. Caranya Anda tinggal oleskan air perasan jeruk nipis pada kulit kepala Anda, kemudian diamkan selama 15 menit, setelah itu keramaslah.
  7. Minyak kemiri.
    Minyak kemiri ini sudah dipercaya sejak zaman dahulu sebagai penumbuh rambut, dan sudah tentunya merupakan solusi untuk rambut rontok. Pada saat ini sudah mulai banyakl dijual dalam kemasan botol, tetapi hati-hati dalam membeli produk minyak kemiri tersebut, pilihlah minyak kemiri yang masih asli, atau dengan kata lain pilih produk dengan kandungan minyak kemiri lebih banyak.
  8. Alpukat.
    Pada buah alpukat ini terdapat protein yang sangat bagus untuk pertumbuhan rambut Anda. Banyak sekali produk krim rambut untuk creambath ataupun untuk produk kecantikan wajah yang menggunakan alpukat sebagai bahan dasar produknya. Haluskanlah alpukat dan gunakan sebagai masker rambut, diamkanlah selama 20 menit dan setelah itu keramas seperti biasanya.
  9. Madu.
    Mencegah Rambut Rontok Secara Alami dan Cepat
    Melakukan pijatan ringan dikulit kepala Anda selama beberapa menit dengan menggunakan madu juga mampu mengurangi masalah kerontokan rambut. Selain itu, madu juga dapat membuat rambut Anda sehat berkilau. Diamkanlah selama 10 menit setelah Anda melakukan pijatan dengan madu, setelahnya bilas hingga bersih.
  10. Yoghurt.
    Cobalah gunakan pada rambut seperti melakukan creambath, diamkanlah hingga beberapa menit dan setelah itu bilas hingga bersih. Cara ini cukup ampuh dalam menangani masalah rambut rontok.
  11. Hair tonic.
    Pilihlah produk hair tonic yang aman dengan pemakaian yang cukup teratur dengan takaran yang pas. Hair tonic mampu untuk mengatasi masalah rambut rontok berlebihan.
  12. Cukupkan kebutuhan protein, vitamin dan zinc.
    Ketiga senyawa tersebut sangat ampuh sekali dalam menangani masalah kerontokan rambut. Mulai saat ini terapkanlah pola makan yang sehat agar rambut Anda tidak mengalami kerontokan yang semakin parah.
  13. Hindari kebiasaan menyisir rambut ketika rambut masih dalam keadaan basah.
    Setelah Anda keramas, alangkah lebih baiknya diamkan terlebih dahulu rambut hingga rambut menjadi agak kering. Jangan biasakan menyisirnya ketika masih basah, karena rambut akan menjadi rapuh dan mudah rontok pada saat rambut masih basah.
  14. Conditioner. Pada faktanya, rambut yang lembab lebih kuat dibandingkan rambut yang kering, untuk itu biasakan untuk memakai conditioner setelah keramas agar rambut menjadi lembab, lembut, sehat dan juga tidak mudah rontok.
  15. Vitamin rambut.
    Dengan tercukupinya vitamin pada rambut, rambut sudah pasti tidak akanmengalami kerontokan. Lakukanlah pemberian vitamin rambut secara rutin dan teratur untuk hasil yang lebih maksimal.
  16. Jangan terlalu sering keramas. Jika Anda melakukan keramas setiap hari, rambut akan menjadi lebih kering dan rambut akan kehilangan minyak alaminya yang berfungsi sebagai pelembab alami rambut. Keramaslah sebanyak 1 kali dalam 2 hari, jika memang Anda selalu beraktivitas diluar dan rambut Anda berkeringat lebih banyak, boleh keramas setiap hari dengan catatan memakai shampoo yang sesuai jenis rambut dan lakukan perawatan lainnya agar rambut tidak rontok.
  17. Tomat.
    Selain tomat dapat digunakan untuk kecantikan kulit wajah, tomat juga ternyata mampu dijadikan sebagai cara untuk mengatasi masalah rambut rontok. Caranya haluskan terlebih dahulu tomat, tambahkan dengan 1 sendok minyak zaitun dan beberapa potong daging lidah buaya. Setelah itu panaskan bahan tersebut dan sesudahnya Anda bisa mengoleskannya pada kulit kepala Anda dengan sedikit pijatan, dan diamkanlah hingga 30 menit. Setelah itu bilas hingga bersih.
  18. Putih telur.
    Mengatasi Rambut Rontok Yang Berlebihan
    Dengan  menggunakan putih telur yang Anda oleskan disetiap helai rambut dan juga kulit kepala, rambut akan senantiasa terjaga dari berbagai kerusakan rambut, selain itu putih telur juga mampu merangsang pertumbuhan rambut dan memperkuat akar rambut.
  19. Parutan kelapa.
    Buatlah ramuan alami rambut ini yang terbuat dari parutan kelapa dirumah, caranya cukup mudah yaitu, Anda tinggal mendidihkan parutan kelapa yang telah diberi sedikit air selama kurang lebih 5 menit, jika sudah di didihkan biarkan terlebih dahulu hingga dingin, saring, dan gunakan airnya untuk dioleskan ke kulit kepala Andadan diamkan selama 20 menit. Setelah itu bilas hingga bersih.
  20. Minyak lavender.
    Kandungan yang terdapat pada minyak lavender ini mampu mengatasi rambut rontok berlebihan dan membuat pertumbuhan rambut Anda menjadi lebih optimal. Caranya lakukanlah pijatan dikulit kepala dengan menggunakan minyak lavender selama 15 menit. Anda bisa melakukan cara ini sebanyak 2 minggu sekali.
Mengatasi rambut rontok merupakan tugas Anda, karena rambut adalah mahkota yang paling berharga. Jagalah pola makan agar tetap sehat, lakukanlah beberapa perawatan dan cara mencegah rambut rontok diatas agar terhindar dari masalah kerontokan yang berlebihan.

Baca juga:
20 Cara Ampuh Memanjangkan Rambut Dengan Cepat
20 Cara Ampuh Menghilangkan Ketombe Secara Alami 15 Cara Merawat Rambut Agar Tetap Sehat Dan Indah