search-button

Aug 16, 2015

25 Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan dan Kecantikan

   
Advertisements
Manfaat Brokoli Putih

Manfaat brokoli untuk kesehatan dan kecantikan memang sudah tidak diragukan lagi. Sayuran yang mirip dengan kembang kol namun warnanya yang hijau pekat ini. Ternyata banyak mengandung khasiat dan manfaat yang akan didapatkan apabila mengkonsumsinya secara rutin. Anda bisa menjadikan sayuran brokoli sebagai masakan tumis yang ditambahkan pada sup dan sebagainya.
Mengetahui khasiat dan manfaat brokoli dapat menjadi salah satu alasan lebih agar Anda dan keluarga lebih sering mengkonsumsinya. Tak hanya orang dewasa, anak-anak pun bahkan harus mengonsumsinya. Jika anak Anda kurang begitu suka dengan rasa maupun bentuknya, cobalah untuk mengkreasikan brokoli hijau semenarik mungkin agar ia lebih bersemangat untuk melahapnya. Yang artinya, ia akan merasakan manfaat brokoli untuk kesehatan dan pertumbuhannya.

Manfaat Brokoli Bagi Kesehatan dan Kecantikan

  1. Brokoli merupakan sayuran yang dapat menurunkan berat badan yang berlebih. Orang yang memiliki berat badan yang berlebih tentunya akan merasa kurang percaya dir dan mulai melakukan berbagai cara untuk menurunkan berat badannya tersebut. Jadi tidak salah untuk mengonsumsi sayuran brokoli ini, karena brokoli memiliki kandungan serat yang tinggi, berbagai vitamin, mineral, rendah kalori dan bahkan rendah lemak sehingga cocok dikonsumsi sebagai makanan saat diet.
  2. Brokoli ternyata mampu menjaga mata agar tetap sehat. Brokoli memiliki kandungan lutein sangat tinggi yang dapat mencegah dari penurunan fungsi mata, selain itu brokoli juga memiliki kandungan vitamin A yang baik untuk kesehatan retina pada mata.
  3. Manfaat brokoli ini dipercaya sebagai zat anti inflamasi dan juga anti alergi yang baik karena memiliki asam lemak omega 3 dan senyawa kaempferol.
  4. Brokoli mampu mempercepat proses regenerasi sel kulit yang mati dan juga akan membuat kulit menjadi lebih cerah dan bercahaya. Hal ini merupakan salah satu manfaat brokoli bagi kecantikan.
  5. Brokoli dapat membantu proses detoksifikasi. Ini adalah proses pengeluaran racun yang sudah tidak dibutuhkan lagi oleh tubuh. Brokoli memiliki kandungan senyawa fitokimia, fitonutrien dan juga sulforapane.
  6. Manfaat brokoli untuk bayi dapat dijadikan makan pendamping ASI diatas usia 6 bulan. Caranya dengan membuat bubur yang ditambahkan dengan brokoli yang sudah dicincang halus.
  7. Brokoli mengandung zat kalium dan magnesium sehingga sangat baik dikonsumsi sebagai penurun tekanan darah bagi mereka penderita tekanan darah tinggi.
  8. Brokoli dapat membuat tulang dan gigi Anda selalu sehat dan juga kuat. Karena brokoli mengandung kalsium yang cukup tinggi dan juga memiliki kandungan vitamin K yang cukup baik.
  9. Brokoli dengan kandungan seratnya akan membantu menjaga system pencernaan Anda agar senantiasa lancar tanpa masalah.
  10. Manfaat brokoli dengan kandungan vitamin B dan asam folatnya, mampu membuat jantung Anda tetap sehat dan terhindar dari penyakit stroke yang sewaktu-waktu dapat menyerang.
  11. Brokoli mampu menjaga jantung agar tetap sehat.
    Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan
  12. Brokoli ternyata dapat membuat mood Anda menjadi lebih baik sehingga Anda akan terhindar dari depresi. Brokoli hijau memiliki kandungan asam folat dan vitamin B. Hal ini disebabkan karena orang yang sering terkena depresi adalah mereka yang kekurangan asam folat.
  13. Manfaat brokoli untuk ibu hamil adalah mencegah terjadinya anemia atau kekurangan sel darah merah.
  14. Jika brokoli sering dikonsumsi oleh ibu hamil, hal ini sangat baik untuk perkembangan otak janin karena mengandung asam lemak omega 3.
  15. Brokoli dapat mecegah pertumbuhan sel kanker, karena brokoli memiliki senyawa fitokimia yang juga disebut indole dan isothiocyanate.
  16. Brokoli dapat memperkuat system kekebalan tubuh. Khasiat dan kandungan dari brokoli memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan yang cukup  baik.
  17. Manfaat brokoli mampu membantu mengoptimalkan fungsi otak dan juga membantu dalam pertumbuhan massa otot, karena memiliki kandungan kalium dan magnesium yang cukup baik.
  18. Brokoli mengandung asam omega 3 yang sangat baik untuk memperkuat daya ingat Anda.
  19. Brokoli dapat menjadikan kulit Anda nampak lebih awet muda.
  20. Brokoli mampu mengatasi dan mencegah diabetes. Khasiat brokoli mampu menstabilkan kadar gula dalam darah.
  21. Brokoli mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.
  22. Brokoli dapat mencegah terjadinya Alzheimer atau dikenal dengan pikun.
  23. Brokoli bermanfaat untuk dikonsumsi dan memang sangat baik untuk menyembuhkan penyakit asma.
  24. Brokoli merupakan sumber antioksidan yang sangat baik sehingga dapat menangkal bahaya radikal bebas.
  25. Manfaat brokoli untuk kecantikan membuat kulit Anda senantiasa tetap bersih karena mengandung senyawa glucoraphanin.
Pemaparan diatas hanya sebagian dari manfaat brokoli untuk kesehatan dan kecantikan. Tetapi Anda juga harus memperhatikan secara betul kondisi sayur brokoli ini pada saat Anda membelinya, pastikan brokoli dalam segar dan terbebas dari zat kimia. Agar khasiat dan manfaat brokoli tetap terjaga.