search-button

Sep 9, 2015

20 Cara Menghilangkan Bau Badan Dengan Cepat

   
Advertisements
Cara Menghilangkan Bau Badan Alami

Apotik Sehat - Menghilangkan bau badan bisa dilakukan dengan berbagai cara. Ketika seseorang mempunyai masalah dengan bau badannya, hal ini akan sangat menggangu. Apalagi jika Anda sebagai orang yang banyak beraktivitas dan bercengkerama dengan banyak orang, tentunya orang yang ada disekitar Anda akan terganggu dengan bau badan. Selain itu juga rasa percaya diri Anda pun akan berkurang.

Penyebab bau badan biasanya disebabkan oleh keringat yang tercampur dengan sejenis bakteri yang akan membuat keringat menjadi lebih beraroma yang kurang sedap. Bahkan dengan memakai wewangian seperti parfum saja tidak cukup, dan malah dapat memperburuk masalah bau badan Anda karena aroma parfum Anda akan bercampur dengan bau badan sehingga aromanya pun menjadi tidak karuan. Tetapi Anda tidak perlu khawatir, Anda dapat mengikuti beberapa cara dibawah ini sebagai panduan untuk mengatasi bau badan yang tak kunjung hilang tersebut.

Tips Menghilangkan Bau Badan

  1. Mandi.
    Kegiatan yang satu ini memang wajib Anda lakukan setiap harinya, mandi dapat menjadikan tubuh Anda sehat dan bersih. Apalagi jika Anda salah satu dari penderita yang memiliki masalah bau badan, biasakanlah mandi minimal 2 kali dalam sehari agar bau badan Anda bisa sedikit teratasi.
  2. Sabun Anti Bakteri.
    Jika dirasa Anda sudah rajin mandi namun bau badan masih saja tidak kunjung hilang, cobalah ganti sabun mandi Anda dengan sabun mandi anti bakteri. Anda bisa membeli sabun ini disupermarket ataupun apotek terdekat, bahkan jika ada Anda bisa membelinya diwarung. Pilihlah sabun mandi yang terdapat kandungan yang memang bisa memperkecil pertumbuhan bakteri pada kulit penyebab bau badan.
  3. Pola Makan yang Sehat.
    Jika selama ini Anda beranggapan bau badan muncul karena factor dari luar, ternyata makanan yang Anda konsumsi juga dapat menimbulkan masalah bau pada badan Anda.  Makanan seperti junk food, gorengan, makanan cepat saji dan sejenisnya dapat memicu timbulnya bau badan.
  4. Sayuran. Jika pada poin diatas juga sudah disinggung mengenai makanan penyebab timbulnya bau badan, kini akan dibahas makanan yang seharusnya dikonsumsi untuk menghilangkan bau badan, dengan rutin mengonsumsi sayuran hijau seperti bayam dan sayuran hijau lainnya dapat mengurangi masalah bau pada badan Anda.
  5. Deodorant atau Antiperspirant.
    Kedua produk ini sama khasiatnya namun menimbulkan efek yang berbeda. Deodorant mampu mencegah bau, sedangkan anti perspirant mampu menghambat keringat. Sebaiknya gunakanlah deodorant yang tentunya dengan bahan yang ramah untuk kulit ketiak Anda, pemakaian anti perspirant juga tidak terlalu baik untuk kesehatan kulit karena dapat menimbulkan biang keringat dan masalah lainnya pada kulit.
  6. Bumbu dapur.
    Bumbu dapur juga menjadi salah satu penyebab dari timbulnya bau badan, seperti bawang merah, bawang putih dan lain-lain. Bagi Anda yang masih dalam tahap perkembangan atau pertumbuhan, diusahakan tidak sering-sering makan buah durian, jengkol, bawang merah dan makanan lain yang dapat memicu munculnya bau badan.
  7. Hindarilah konsumsi daging merah.
    Entah apa yang menjadi penyebab timbulnya bau pada badan, daging merah ini menjadi menu makanan yang wajib Anda hindari jika Anda memiliki maslah bau badan. Sebaiknya gantilah menu makan daging merah ini dengan makanan sehat lainnya.
  8. Hindari minuman berkafein seperti kopi.
    Kebiasaan-kebiasaan-kebiasaan yang selama ini tidak Anda sadari ternyata dapat menimbulkan masalah bau badan. Gantilah minuman yang tadi disebutkan dengan minuman yang lebih sehat lagi, seperti susu dan air putih.
  9. Hentikan kebiasaan merokok.
    Wah kebiasaan merokok yang banyak sekali menimbulkan masalah ini ternyata juga sebagai salah satu pemicu timbulnya bau badan. Hal ini bisa Anda rasakan langsung perbedaannya jika Anda dekat dengan seorang perokok ataupun tidak, tentulah aroma bau badannya lebih menyengat perokok, apalagi jika seorang perokok tersebut memang sudah tergolong perokok berat. Selain merokok dapat menimbulkan masalah bau badan, merokok juga dapat menimbulkan masalah kesehatan lainnya lho. Ayo dari mulai sekarang mulai kurangi kebiasaan merokok Anda!
  10. Konsumsi buah-buahan.
    Buha-buahan seperti apel, jeruk, pisang dan juga melon bisa dijadikan alternative untuk menghilangkan aroma yang kurang sedap di tubuh Anda. Selain itu dengan mengonsumsi buah juga dapat memberikan pengaruh yang baik bagi esehatan dan kecantikan Anda.
  11. Daun sirih.
    Daun yang biasa dijadikan sebagai bahan dasar produk sabun pembersih daerah kewanitaaan ini ternyata juga dapat berkhasiat sebagai penghilang bau badan secara alami. Caranya juga terbilang cukup mudah, Anda hanya perlu menyiapkan beberapa lembar daun sirih, bersihkan dan tumbuk kasar yang kemudian bisa Anda gosokan pada kulit ketiak Anda  sebelum mandi dan diamkan selama sekitar 10menit. Cara yang lainnya yaitu Anda juga dapat mencobanya dengan cara lain seperti merebus daun sirih yang kemudian air rebusannya bisa Anda konsumsi 1 gelas setiap hari, atau Anda bisa mandi dengan menggunakan air rebusan daun sirih untuk menghilangkan bau badan.
  12. Cuka putih.
    Banyak yang mengatakan cuka ini memang baunya sedikit kurang sedap dan jika digunakan sebagai obat penghilang bau badan rasanya mustahil dan bahkan dapat menimbulkan bau badan yang semakin kompleks. Namun jika tidak Anda buktikan sendiri Anda tidak akan tau khasiatnya, dengan cuka putih ini dipercaya cukup efektif dalam mengatasi masalah bau badan, caranya cukup teteskan cuka putih pada kapas dan oleskan ke kulit ketiak Anda, atau Anda bisa mengoleskannya langsung tanpa menggunakan kapas.
  13. Daun kemangi.
    Daun yang satu ini memang sering Anda jumpai sebagai pelengkapmasakan atau yang biasa dijadikan sebagai lalapan yang dapa dijadikan sebagai teman untuk makan sambel. Ternyata selain memang daun kemangi ini memiliki aroma yang khas juga cukup efektif dalam mengatasi masalah bau badan, konsumsilah daun kemangi secara rutin agar bau badan Anda segera teratasi.
  14. Mentimun.  Sayuran yang satu ini biasanya dipakai sebagai penyegar pada area mata, namun lain halnya jika Anda memiliki masalah bau badan. Dengan mentimun dipercaya mampu menghilangkan bau badan secara alami, caranya yaitu vukp potong mentimun menjadi beberapa bagian  kemudian gosokan ke area ketiak Anda sehabis mandi.
  15. Daun beluntas.
    Cara ini sama halnya seperti Anda memanfaatkan  khasiat dari daun kemangi, dengan rajin mengonsumsi daun beluntas, maslah bau badan Anda akan berangsur-angsur hilang.
  16. Jeruk nipis.
    Cara Mengatasi Bau Badan Dengan Jeruk Nipis
    Buah yang satu ini memang memiliki khasiat yang sangat beragam, selain baik untuk menghilangkan bau badan juga efektif memutihkan kulit ketiak Anda secara alami. Apabila Anda hendak menjadikannya sebagai penghilang masalah bau badan caranya yaitu, siapkanlah 2 buah jeruk nipis, ambil airnya kemudian tambahkan dengan sedikit kapur sirih, setelah itu oleskanlah ke daerah ketiak Anda sehabis mandi pagi maupun sore, kemudian setelah didiamkan beberapa saat Anda bisa membersihkannya dengan menggunakan air dingin.
  17. Cengkeh.
    Rempah-rempah sperti cengkih ini sangat banyak sekali digunakan dalam berbagai produk, baik itu produk minyak untuk pijat yang juga berfungsi untuk menghangatkan badan, juga dapat dijumpai dalam olahanminuman tradisional. Selain itu, ternyata cengkih ini dapat mengatasi masalah bau badan, caranya rendamlah beberapa genggam cengkih dan bisa langsung dioleskan ke sumber bau badan Anda. ATu bisa Anda gunakan cara lain yaitu, engan merendamnya dengan air matang lalu tambahkan gula, setelah itu dapat Anda minum.
  18. Jahe.
    Siapa yang tak kenal bumbu dapur yang satu ini, jahe merupakan rempah-rempah yang juga banyak dijumpai di negeri kita ini. Jahe sangat nikmat sekali dikonsumsi pada minuman tradisional seperti bandrek atau sejenisnya karena dapat menghangatkan badan. Jahe juga ternyata dipercaya mampu mengurangi masalah bau badan lho, caranya Anda buat minuman wedang jahe yang bisa Anda konsumsi setiap malam hari.
  19. Kecombrang.
    Tumbuhan yang satu  ini dapat mengatasi masalah bau badan, bunga kuncup tanaman ini dapat dijadikan sebagai obat oles di ketiak atau sumber bau badan Anda lho.
  20. Pilihlah jenis pakaian yang tidak sembarangan.
    Pakaian juga menentukan aroma badan Anda, siapa salah pemilihan jenis pakaian yang tidak mudah menyerap keringat secara sempurna justru akan memperparah bau badan Anda. Pilihlah jenis pakaian yang mudah menyerap keringat, usahakan tidak memakai pakaian yang terlalu ketat atau bahan fiber sintetis ataupun polyester.

Itulah beberapa cara menghilangkan bau badan dengan cepat agar Anda kembali merasa percaya diri. Semoga membantu.