search-button

Oct 26, 2016

5 Nama Obat Gatal Kulit di Apotik

   
Advertisements
Obat Gatal Kulit di Apotik
Kulit merupakan salah satu bagian tubuh manusia yang sensitif, maka tidak mengherankan apabila beberapa penyakit dapat menempel di bagian ini. Biasanya gangguan pada kulit seringkali mirip satu sama lain, jadi terkadang orang awam mengira penyakit kulit yang ia derita sama dengan yang diderita oleh orang lain. Gangguan yang terjadi pada kulit ada yang memiliki sifat khas dan tidak, biasanya hanya dengan melihat dokter yang sudah terlatih biasanya dapat segera mengetahui jenis dari penyakit kulit yang derita.

Akan tetapi tidak jarang pula penyakit kulit dengan penampakan yang tidak khas dokter akan menjadi sulit untuk melakukan diagnosis. Terlebih lagi apabila penyakit kulit sudah pernah diobati namun dengan menggunakan nama obat gatal kulit di apotik yang tidak tepat, karena akan membuat penampakan dari penyakit kulit menjadi tidak khas lagi, hal ini tentu saja akan sulit untuk dapat didiagnosis oleh dokter.

Beberapa Nama Obat Gatal Kulit di Apotik


  1. Miconazole
    Miconazole adalah nama obat gatal kulit diapotik yang berfungsi untuk mengatasi infeksi jamur pada bagian tubuh seperti kulit, vagina, dan mulut, selain itu miconazole juga bisa dugunakan mengobati infeksi jamur pada kuku dan infeksi pada bagian bokong bayi akibat dari pemakaian popok. Biasanya Miconazole digunakan selama satu sampai dua minggu, sesuai dengan yang dianjurkan oleh dokter. Apabila gatal pada kulit telah reda, sebaiknya obat ini tetap digunakan selama beberapa hari untuk mencagah infeksi jamur datang lagi.
  2. Ketoconazole
    Ketoconazole biasa digunakan untuk mengobati infeksi jamur pada kulit seperti kurap pada kaki atau pada selangkangan, panu, serta ketombe. Obat gatal kulit di apotik ini berfungsi untuk membunuh jamur uang menyebabkan terjadinya  infeksi dan mencegahnya untuk tumbuh kembali, dengan cara menggangu sintesa ergosterol, yaitu komponen penting dari memebran sel jamur.
  3. Elocon
    Elocon tersedia dalam bentuk krim, salep, dan lotion yang berfungsi untuk mengurangi rasa gatal pada kulit, peradangan yang diakibatkan oleh eksim, alergi, dermatitis, dan ruam kulit. Glukokortikosteroid (GCS) pada Elocon berfungsi untuk mengobati kulit yang meradang dan gatal-gatal serta kondisi yang berhubungan dengan hiperkeratosis pada orang dewasa dan anak diatas 2 tahun.
  4. Hydrocortisone
    Hydrocortisone adalah nama obat gatal kulit di apotik yang dapat mengurangi gatal yang membengkak, dan kemerahan yang terjadi pada kulit. Gunakan obat ini pada kulit saja, kecuali bagian wajah dan ketiak, kecuali apabila telah disarankan oleh dokter.
  5. Scabimite Scabimite adalah nama obat gatal kulit diapotik yang berfungsi memperlambat repolarisasi dinding sel yang menyebabkan paralise parasit, yaitu dengan cara mengganggu polarisasi pada dinding sel syaraf parasit melalui ikatan Natrium. Scabimite dapat dengan cepat dimetabolisir oleh kulit. Scabimite hanya digunakan untuk sekali pemakaian saja, dengan mengoleskannya secara merata pada seluruh permukaan kulit, terutama pada bagian lipatan-lipatan tubuh. Lama pemakaiannya adalah 8-12 jam, sehingga dianjurkan untuk melakukan pengolesan pada malam hari agar dapat dicuci keesokan harinya.