search-button

Nov 13, 2016

5 Obat Radang Tenggorokan di Apotik

   
Advertisements
Obat Radang Tenggorokan Yang Ada di Apotik

Apotik Sehat – Gejala radang tenggorokoan biasanya dapat berupa sakit dan gatal pada tenggorokan yang menyebabkan tenggorokan menjadi berwarna merah dan meradang, gejala radang tenggorokan ini, biasanya juga diikuti dengan demam dan juga sakit kepala. Selain itu pada beberapa kasus radang tenggorokan juga membuat otot dan sendi menjadi sakit.  Untuk itu apabila anda mengalami gejala radang tenggorokan tersebut, anda bisa mengobatinya dengan membeli obat radang tenggorokan di apotik yang terdekat dengan rumah anda.

Radang tenggorokan bisa terjadi karena adanya tingkat polusi yang tinggi, sering mengkonsumsi makanan dan minuman yang berminyak dan kurang sehat, gaya hidup yang aktif, sering merokok, dan bisa juga disebabkan oleh ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Atas). Sakit tenggorokan 80 % disebabkan oleh adanya virus, sehingga dapat menyebabkan demam, batuk dan juga pilek pada penderitanya.

5 Macam Obat Radang Tenggorokan di Apotik

  1. Degirol
    Degirol merupakan permen hisap rasa lemon yang dapat dikonsumsi 3-4 jam sekali, permen hisap ini mengandung suatu senyawa aktif dequalinium chloride, yaitu bahan yang sangat efektif untuk membunuh jamur dan bakteri. Obat radang tenggorokan ini sebaiknya tidak digunakan dalam jangka waktu yang panjang dan berulang-ulang, dan ketika mengkonsumsinya jangan lebis dari 8 tablet sehari.
  2. SP Troches
    Sama seperti degirol, SP Troches juga mengandung dequalinium chloride, hanya saja obat radang tenggorokan ini tersedia dalam 3 varian rasa, yaitu melon, srawberry dan kopi.
  3. Efisol Lozenges
    Obat radang tenggorokan Efisol loz selain mengandung dequalinium chloride juga mengandung vitamin C yang dapat memperbaiki daya tahan tubuh. Cara menggunakan obat ini juga sama sama dengan Degirol atau SP Troches
  4. Lemocin
    Lemocin adalah obat radang tenggorokan yang mengandung cetridium bromide, lidocaine dan tyrothricin. Sebagai anestesi lokal golongan amida, Lidocaine bisa mengubah permeabilitas membran sel dengan ion natrium, sehingga bisa menghambat konduksi impuls syaraf. Karena lidocaine disekresikan melewati air susu, maka wanita mentusui tidak dianjurkan untuk mengkonsumsinya. walaupun belum ada data klinis mengenai efek obat ini terhadap janin, akan tetapi sebaiknya wanita hamil menghindari penggunaan obat ini.
  5. FG Troches
    Fradiomycin dan gramicidin yang terkandung dalam FG Troches, merupakan suatu antibiotik topikal untuk bakteri streptococcus dan staphylococcus. Obat ini banyak menjadi pilihan utama oleh para penderita radang tenggorokan, karena obat ini dinilai sangat manjur. walaupun senyawa aktifnya adalah antibiotik, akan tetapi anda tidak perlu khawatir karena antibiotik yang terkandung dalam obat ini hanya bersifat topikal saja dengan mekanisme kerja lokal bukannya sistemik.

Demikianlah sedikit informasi mengenai obat radang tenggorokan yang bisa anda beli di apotek. Pengobatan dan obat yang digunakan untuk radang tenggorokan serta masalah mulut lainnya sangat tergantung dari penyebabnya. Untuk itu sebaiknya anda mengetahui terlebih dahulu penyebab dari radang tenggorokan yang anda alami untuk bisa mendapatkan pengobatan cocok.