search-button

Oct 3, 2016

10 Jenis Tanaman Obat Apotik Hidup Yang Mudah Ditanam

   
Advertisements
Jenis Tanaman Obat Apotik Hidup

Apotik Sehat - Masyarakat jaman dulu menggunakan jenis tanaman tertentu untuk mengobati penyakitnya yang saat ini kita sebut sebagai tanaman apotik hidup. Sakit ringan atau sakit berat cukup diobati dengan pucuk dedaunan, akar dan rempah-rempah. Seiring perkembangan jaman, obat modern pun diciptakan dan dikembangkan melalui berbagai hasil penelitian. Masyarakat pun berpindah obat dari  tetumbuhan ke obat hasil buatan mesin.  Pengobatan dengan bahan-bahan alami dianggap  kuno dan mitos. Namun, sejarah seolah berbalik lagi, kini muncul kembali mengobati penyakit dengan tanaman apotik hidup karena lebih alami dengan alasan obat modern terlalu mahal dan memiliki efek bahaya bagi tubuh terutama oleh bahan kimiawi yang dikandung obat.

Perkembangan berikutnya tanaman apotik hidup mulai dibudidayakan seiring tumbuhnya kesadaran masyarakat tentang penting dan manfaatnya obat-obatan alamiah. Pelaku budi daya tanaman obat ini tidak hanya dilakukan individu tertentu dengan tujuan peluang usaha tetapi dilakukan pula oleh masyarakat umum karena jenis tanaman apotik hidup dapat ditanam secara sederhana dengan menggunakan lahan pekarangan rumah.

Tanaman Apotik Hidup Dan Manfaatnya

Berikut ini adalah beberapa daftar jenis tanaman obat hidup dan manfaatnya yang anda bisa tanam di pekarangan rumah untuk sekedar apotik hidup untuk kebutuhan keluarga anda atau untuk dijadikan sebagai peluang usaha.
  1. Temu Ireng. Mengobati rematik, radang, penyakit kulit, pegal linu dan menambah selera makan
  2. Temu Kunci. Sebagai obat perut kembung, sembelit, mengurangi bau badan, netralisir racun dan antioksidan
  3. Kencur. Penambah nafsu makan, meluruhkan keringat, obat batuk dan mengobati sakit kepala
  4. Temu giring. Pelancar pencernaan, mengobati penyakit cacingan, sakit perut dan pelangsing alami.
  5. Lempuyang. Mengobati diare dan disentri, pencegah sel kanker, pelangsing alami dan penambah nafsu makan
  6. Kunyit. Memperlambat penuaan, penambah produksi ASI, mencegah leukemia, sakit maag dan penawar racun. Jahe. Mengobati sakit pinggang, asma, masuk angin dan sakit tenggorokan
  7. Bangle. Mengobati keputihan, perut kembung, sakit kepala, nyeri perut serta melancarkan pencernaan.
  8. Lengkuas. Mengobati sakit limfa, pusing, tumor, radang, rematik dan deare.
  9. Temulawak. Seabagai antioksidan, penambah nafsu makan, obat kurang darah atau anemia serta dapat mengobati jerawat.

Daftar jenis tanaman apotik hidup tersebut baru sebagian kecil saja. Tanaman obat yang dapat kita budidayakan sangat banyak jenisnya  dan dapat kita temukan di sekitar lingkungan kita seperti: daun jambu, daun papaya, buah pinang, daun kelor, daun sirsak, pandan, minyak cengkeh, angsana, kumis kucing daun teh hijau dan lain-lain.

Dengan adanya tanaman obat apotik hidup di pekarangan rumah kita selain membuat lingkungan menjadi hijau serta menjaga kebersihan udara juga kita dengan mudah dapat mengantisifasi andai kita atau keluarga kita terserang penyakit. Mengobati penyakit dengan tanaman alami selain member efek aman untuk tubuh juga terjangkau secara ekonomis.