search-button

Sep 18, 2016

5 Obat Cacar Air Anak dan Dewasa Paling Ampuh Di Apotik

   
Advertisements
Obat Cacar Air Di Apotik

Apotik Sehat - Cacar air merupakan penyakit yang disebabkan oleh adanya infeksi dari virus varicella zoster yang berakibat munculnya ruam pada kulit yang berbentuk bintik-bintik kecil baik itu dengan bentuk yang datar ataupun berbentuk menonjol. Penyakit ini termasuk dalam penyakit menular secara langsung dan biasanya seseorang yang pernah terkena virus cacar air, tubuhnya secara otomatis akan membentuk antibodi yang dapat menangkal virus varicella zoster, sehingga dimasa yang akan datang Ia tidak akan terserang penyakit cacar air ini lagi.

Namun apabila cacar air tidak diberantas secara tuntas maka virus tersebut akan dapat terus hidup pada tubuh penderitanya dan akan menjadi penyakit herpes zoster pada saat kekebalan tubuh dari orang tersebut sedang tidak salam kondisi baik, untuk itu berikut ini beberapa obat cacar air anak dan dewasa paling ampuh di apotik agar virus cacar air dapat terbasmi secara tuntas.

5 Obat Cacar Air Anak dan Dewasa di Apotik

  1. Acyclovir
    Acyclovir merupakan obat cacar air anak dan dewasa paling ampuh di apotik yang tersedia dalam kemasan obat minum dan obat oles yang termasuk ke dalam kategori obat anti virus, sehingga biasa pula untuk digunakan sebagai obat gatal-gatal, termasuk untuk mengobati cacar air. Seperti jenis obat antivirus lainnya, Acyclovir juga berfungsi membunuh virus dan menahan infeksi yang diakibatkannya agar tidak semakin meluas. Acyclovir yang berbentuk tablet minum sangat efektif untuk membunuh virus dari dalam tubuh. Sedangkan, acyclovir salep biasanya digunakan untuk mengurangi rasa gatal yang diakibatkan oleh ruam cacar air.

  2. Paracetamol
    Paracetamol merupakan obat turun panas, namun obat cacar air ini sangat penting untuk para penderita cacar air, karena ketika terkena cacar air, tubuh akan menjadi sangat mudah terkena demam, dan pada saat demam, maka virus akan menjadi lebih cepat menyerang tubuh. Untuk itu dengan menggunakan Paracetamol maka akan sangat membantu untuk mencegah terjadinya demam yang berkepanjangan.

  3. Bedak Caladine
    Bedak caladine merupakan bedak yang biasa kita pakaikan kepada anak kecil atau pada saat kita terserang gatal-gatal, meskipun sangat sederhana akan tetapi bedak ini sangat efektif untuk mencegah adanya penyebaran cacar baru, selain itu bedak ini juga mampu mencegah cacar yang masih kecil menjadi bertambah besar, bahkan pada kondisi tertentu, cacar dapat langsung kering bila terkena bedak ini. Taburkan bedak ini pada seluruh tubuh secara berkala terutama pada bagian tubuh yang belum ditumbuhi oleh cacar agar cacar tidak menyebar.

  4. Alkohol
    Ketika cacar pecah, kemungkinan besar kulit akan terjadi infeksi, sehingga luka akan bernanah dan bertambah parah, disisni alkohol berfungsi untuk membersihkan luka yang diakibatkan oleh cacar yang pecah, sehingga akan dapat mencegah terjadinya infeksi lanjutan.

  5. Antihistamin
    Antihistamin bisa digunakan untuk mengendalikan rasa gatal yang parah. Diphenhydramine (Benadryl) merupakan salah satu dari jenis obat antihistamin yang bisa digunakan untuk mengobati cacar air. Antihistamin merupakan obat cacar air anak dan dewasa paling ampuh di apotik yang dapat menyebabkan kantuk sehingga bisa membantu pasien untuk tidur di malam hari. Sedangkan antihistamin yang baru seperti fexofenadine (Allegra), certrizine (Zyrtec), dan loratadine (Claritin) bisa untuk mengendalikan rasa gatal, namun tidak menyebabkan rasa kantuk.