search-button

Sep 17, 2016

5 Obat Cacing Dewasa dan Anak di Apotik

   
Advertisements
Obat Cacing Di Apotik

Apotik Sehat - Obat cacing Dewasa dan anak di Apotik ada berbagai macam, akan tetapi masih banyak yang belum mengetahui obat cacing mana yang terbukti sangat efektif untuk membasmi cacing, baik untuk digunakan oleh anak-anak maupun oleh orang dewasa. Gejala cacingan yang paling umum adalah adanya rasa gatal di sekitar anus yang cenderung lebih parah pada malam hari sehingga bisa menyebabkan sulit tidur. Gatal ini biasanya disebabkan oleh reaksi inflamasi pada cacing dewasa dan telur di kulit anus.

Untuk dapat memastikan apakah gatal di anus disebabkan oleh adanya cacing kremi, maka dapat dilakukan pemeriksaan langsung pada anus. Cacing kremi dewasa terkadang dapat dilihat hanya dengan mata telanjang, cacing ini berbentuk putih tipis dan menggeliat seperti benang dengan ukuran 1 sampai 2 cm.

Obat Cacing Dewasa dan Anak di Apotik yang Terbukti Efektif

  1. Combantrin
    Combantrin adalah salah satu obat cacing dewasa dan anak di apotik yang mengandung pirantel pamoat. Obat ini bisa mengobati penyakit yang disebabkan oleh berbagai jenis cacing, diantaranya cacing kremi, cacing tambang dan cacing gelang. Cacingan pada seseorang dapat ditandai dengan berat badan yang tidak meningkat, perut yang buncit, serta gatal-gatal di lubang pantat. Pirantel pamoat yang terkandung dalam Combantrin bekerja dengan cara menyerang cacing yang ada pada saluran pencernaan yang akan keluar bersamaan dengan kotoran ketika buang air besar dan pirantel pamoat akan dimetabolisme oleh hati yang akan dibuang lewat urin dan tinja.
  2. Konvermex
    Konvermex merupakan obat cacing di apotik yang bisa membasmi cacing kremi, cacing gelang, cacing tambang, cacing Trichostrongylus colubriformis dan juga Orientalis. Setiap tablet dari Konvermex terkandung Pyrantel Pamoate yang setara dengan Pyrantel base sebesar 250 mg yang bisa digunakan oleh orang dewasa dan anak-anak.
  3. Albendazol
    Albendazol sangat efektif untuk mengobati cacingan yang disebabkan oleh cacing gelang, cambuk, kremi, tambang dan pita. Akan tetapi obat cacing di apotik ini memiliki sifat teratogenik, jadi tidak boleh diberikan kepada wanita yang sedang hamil. Albendazol dapat diberikan pada orang dewasa maupun anak-anak yang berumur di atas 2 tahun. Cara kerja dari obat ini adalah dengan menghambat polimerisasi tubulin, sehinggga dapat menurunkan produksi ATP pada cacing, yang menyebabkan deplesi energi, imobilisasi, yang akhirnya berujung pada kematian.
  4. Vermox
    Vermox merupakan salah satu solusi yang efektif untuk seseorang yang penderita penyakit cacingan. Vermox sangat efektif dalam membunuh semua jenis cacing, termasuk diantaranya adalah cacing cambuk yang bisa menyebabkan anemia atau kekurangan darah. Setelah cacing tersebut mati, maka tubuh dari cacing akan diproses pada pencernaan hingga hancur dan dikeluarka bersamaan dengan kotoran. Vermox merupakan obat cacing di apotik yang sangat praktis, sebab berupa tablet kunyah dengan rasa buah dan tidak perlu melakukan penimbangan badan untuk dapat menentukan dosis. Vermox dapat membasmi cacing pada setiap tahapan siklus dari perkembangan cacing, dimulai dari telur, larva sampai dengan cacing dewasa. vermox sebaiknya diminum 4 bulan sekali.
  5. Piperazin
    Piperazin merupakan obat cacing dewasa dan anak di apotik yang sangat efektif untuk mengobati infeksi yang diakibatkan oleh cacing kremi dan cacing gelang. Akan tetapi pemberian obat cacing ini tidak dianjurkan untuk wanita hamil di trimester pertama, selain itu piperazin dapat terdistribusi dalam ASI, oleh karena itu untuk ibu menyusui, apabila terpaksa menggunakan obat ini, sebaiknya menghentikan untuk menyusui sampai dengan 8 jam setelah menggunakan obat ini.