search-button

Sep 11, 2016

5 Obat Gondongan Ampuh di Apotik

   
Advertisements
Obat Gondongan Di Apotik

Apotik Sehat - Gondong dalam istilah medis lebih dikenal sebagai parotitis epidemik atau Mumps, merupakan penyakit menular yang sering menyerang anak-anak hingga remaja, akan tetapi jarang menyerang bayi. Penyakit gondong ini kebanyakan menjangkiti seseorang hanya sekali seumur hidupnya, akan tetapi sekitar 10 % orang yang telah terjangkit penyakit gondong kemungkinan untuk terjangkit lagi tetap masih ada. Gondongan biasanya disebabkan oleh virus Mumps, dan yang diserang oleh virus ini adalah kelenjar-kelanjar air liur pada mulut, terutama pada bagian kelenjar-kelenjar parotis yang terdapat di tiap-tiap sisi dari wajah bawah hingga di depan telinga.

Virus ini memiliki masa inkubasi sekitar dua minggu, hal ini berarti seseorang yang sehat apabila tertular dapat terlihat setelah dua minggu melakukan kontak dengan penderita gondong. Penularan penyakit gondongan ini sering terjadi oleh adanya tetesan atau percikan cairan yang berasal dari mulut, hidung serta tenggorokan pada saat penderita gondong sedang batuk atau bersin. Udara yang berupa percikan cairan tersebut terhirup oleh orang lain disekitarnya.

Obat Gondongan Ampuh di Apotik

Pengobatan pada penyakit gondongan ditujukan untuk mengurangi keluhan atau simptomatis serta istirahat selama penderita menderita panas dan kelenjar parotis masih membengkak. Untuk itu biasanya digunakan obat gondongan ampuh di apotik yang berupa pereda panas dan juga nyeri (antipiretik serta analgesik) seperti parasetamol dan yang sejenisnya. Untuk penderita dengan pembengkakan testis, akan lebih baik jika beristirahat di tempat tidur dan untuk mengurangi rasa nyeri bisa dengan menggunakan kompres es. Berikut ini adalah obat di apotik yang ampuh untuk mengobati gondongan.
  1. Aspirin
  2. Parasetamol
  3. Ponstan
  4. Dumin
  5. Tempra

Gejala Penyakit Gondongan

Gondongan dapat diketahui dari rasa nyeri ketika sedang mengunyah serta menelan makanan, dan rasa nyeri tersebut akan bertambah hebat apabila menelan cairan asam, misalnya cuka dan perasan air jeruk. Gejala yang dapat terlihat dengan kasat mata adalah munculnya pembengkakan yang disertai dengan rasa nyeri di sisi-sisi wajah serta dibagian telinga bawah. Selain itu kelenjar-kelenjar pada dagu bawah juga akan membesar serta membengkak, dan penderitanya akan mengalami demam.

Pembengkakan biasanya akan berlangsung selama dua sampai tiga hari sebelum kemudian akan mereda yang akan mengakibatkan penderitanya mengalami sakit kepala, mulut menjadi kering serta rasa letih yang begitu hebat. Pada tahap awal terkena penyakit gondong ini yaitu sekitar 1 sampai 2 hari, penderitanya akan mengalami gejala-gejala, seperti demam dengan suhu badan mencapai 38.5 sampai dengan 40 derajat Celcius, sakit kepala, nyeri pada otot, kehilangan nafsu untuk makan, nyeri pada rahang bagian belakang ketika mengunyah bahkan adakalanya disertai dengan kaku rahang atau sulit untuk membuka mulut.

Selain itu kadangkala para penderita gondong juga merasakan nyeri pada telinga yang hebat di 24 jam pertama terserang virus Mumps. Setelah itu akan terjadi pembengkakan pada kelenjar di bagian bawah telinga atau parotis yang biasanya diawali dengan munculnya pembengkakan yang dapat terlihat pada salah satu sisi kelenjar, kemudian baru pada kedua kelenjar. Pembengkakan biasanya akan berlangsung sekitar 3 sampai 5 hari kemudian akan berangsur-angsur kempes, selain itu demam yang diderita juga akan membaik.

Kadangkala pembengkakan terjadi di kelenjar pada bawah rahang atau submandibula serta kelenjar pada bawah lidah atau sublingual. Bahkan pada pada pria yang sedang akil balik pembengkakan dapat terjadi pada buah zakar atau testis yang disebarkan melalui aliran darah.

Penyakit gondongan ini dapat di cegah dengan pemberian vaksinisasi gondong yang merupakan bagian dari imunisasi wajib pada anak-anak. Vaksin untuk penyakit gondongan biasanya dalam bentuk kombinasi antara campak dan rubella (MMR), yang akan disuntikkan melalui otot paha ataupun lengan atas.

Pada dasarnya penyakit gondongan tergolong dalam penyakit self limiting disease. Yang artinya, jenis penyakit ini dapat sembuh dengan sendirinya tanpa harus diobati. Akan tetapi penderita penyakit gondongan sebaiknya untuk menghindari makanan maupun minuman yang memiliki sifat asam agar nyeri yang dirasakan tidak akan bertambah parah. Karena Penyakit ini dapat sembuh dengan sendirinya, maka untuk dapat mengurangi rasa sakit yang diderita, obat gondongan ampuh di apotik seperti diatas sangat diperlukan agar anda tidak terlalu menderita dengan rasa nyeri yang diakibatkan oleh penyakit gondongan ini.