search-button

Oct 1, 2016

5 Tips Menjaga Gula Darah Tetap Normal

   
Advertisements
Menjaga Gula Darah Agar Tetap Normal

Apotik Sehat – Diabetes merupakan penyakit mematikan setelah jantung dan kanker. Jutaan nyawa manusia sudah direnggutnya dengan beragam usia dan jenis kelamin. Hampir 380 juta orang di dunia menderita penyakit ini, dan jumlah tersebut terus meningkat. Ketika seseorang dinyatakan mengidap penyakit kelebihan gula darah ini maka ini merupakan kabar buruk, karena penyakit ini pada umumnya sulit disembuhkan terutama jika sudah berstadium lanjut. Seseorang yang  dinyatakan menderita diabetes maka kesehatan organ tubuh lainnya pun terancam. Jantung, ginjal dan penglihatan akan mengalami kerusakan.

Diabetes merupakan kondisi kadar gula darah yang tidak seimbang akibat pola makan tidak sehat, kurang berolah raga dan faktor keturunan. Agar tidak terserang penyakit ini maka  upaya menjaga kadar gula darah tetap seimbang sangat penting. Berikut adalah beberapa tips untuk menyeimbangkan gula darah dalam tubuh kita tetap normal.

Tips Menjaga Kadar Gula Darah

  1. Perhatikan Nutrisi Makanan
    Nutrisi biasanya terdapat pada makanan yang memiliki warna hijau, merah, orange terang dan ungu. Setiap warna memiliki gizi baik dan kadar yang berbeda. Anda dapat menambah menu makanan anda dengan olahan dari gandum, beras merah, sereal, roti gandum dan makanan berserat lainnya. Makanan bernutrisi tersebut sangat ampuh untuk menjaga gula darah tetap normal dalam keadaan seimbang.
  2. Disiplin Berolah Raga
    Pengaruh olah raga teratur terhadap kadar gula darah adalah bahwa olah raga mampu mendukung konversi gula darah menjadi energi secara alamiah. Konversi ini memberi efek aktif terhadap tubuh. Jenis olah raga yang dapat anda lakukan adalah olah raga ringan semacam jogging, jalan cepat 30 menit dan bersepeda. Saat anda naik lantai di sebuah gedung manfaatkanlah tangga dari pada lift atau eskalator. Kegiatan olah raga ini akan memberi pengaruh baik pada terhadap gula darah anda.
  3. Kelola Berat Badan
    Melimpah ruahnya aneka makanan jajanan kuliner atau yang berjejer di supermarket seringkali menggoda kita untuk membelinya. Diiringi oleh kemampuan daya beli masyarakat membuat problem berat badan tanpa disadari. Kelolah berat badan anda karena akan sangat berbahaya bagi kondisi gula darah anda. Untuk mengelola berat badan ini anda dapat menghindari jenis makanan seperti permen, kue, keripik. Jenis makanan tersebut berkalori tinggi yang dapat menaikan kadar gula darah anda dari batas normal. Makanan yang sehat dan wajib dikonsumsi untuk mengelola berat badan anda dan dimakan diantara waktu makan adalah wortel, mentimun, yoghurt rendah lemak, buah-buahan dan salad hijau. Anda yang selalu tergoda oleh minuman bersoda segera untuk menghindarinya dan beralih ke air putih atau hijau.
  4. Berkala Periksa Kesehatan
    Seseorang yang sudah berusia empat puluh tahun ke atas dengan kelebihan berat badan serta kadar gula darah yang naik turun sebaiknya memonitor gula darahnya setiap 6 bulan sekali.  Dengan bantuan pengawasan dari dokter kita akan bisa melakukan langkah-langkah yang perlu agar kita terhindar dari penyakit diabetes.
  5. Suplemen
    Tekhnologi telah mampu mengekstraks makanan tertentu yang dibutuhkan tubuh menjadi makanan yang siap jadi berupa suplemen. Ini bisa menjadi pilihan anda terutama yang memiliki mobilitas kerja tinggi agar tetap dapat menjaga gula darah tetap normal.