search-button

Oct 7, 2016

7 Manfaat Semut Jepang Bagi Kesehatan

   
Advertisements
Manfaat Semut Jepang Bagi Kesehatan

Apotik Sehat - Bagi kita semut pada umumnya adalah binatang pengganggu. Semut sering menyerbu makanan dan minuman yang tersimpan di meja. Apalagi kalau makanan manis. Begitu juga pada tumbuhan yang kita tanam, semut sering merusak daun-daunnya. Tapi benarkah semut sekedar hewan pengganggu? Adakah manfaat semut bagi kesehatan?

Ada yang berpendapat bahwa semut memiliki manfaat khusus hingga ia bisa dimakan, namun itu baru sebatas mitos belum ada penelitian secara ilmiah. Tapi tak demikian dengan semut jepang. Japanes Ant atau Ari dalam bahasa Jepang adalah hewan yang dianggap memiliki rasa kesetiakawanan tinggi oleh masyarakat Jepang. Hewan yang digolongkan pada serangga ini memiliki lebih dari 150 spesies diantaranya: phachyondyla pilosior, losius talpa, polyergus samurai, stenamma owaton dll. Namun secara umum semut jepang ini memiliki ciri sama.
Masyarakat Jepang meyakini bahwa semut jepang memiliki manfaat bagi tubuh manusia karena mengandung zat enzim yang dapat membantu menyembuhkan berbagai penyakit. Manfaat semut jepang diantaranya sebagai berikut:

Manfaat Semut Jepang Bagi Kesehatan

  1. Mengatur Kadar Kolesterol.
    Manfaat semut jepang bagi kesehatan ternyata juga dapat pada penyakit kolesterol. Kolesterol dalam tubuh kita terdiri dari kolesterol jahat dan baik. Kedua kolesterol tersebut harus dalam kondisi seimbang. Kini masalah kolesterol semakin meningkat seiring dengan konsumsi makanan masyarakat yang sering kelebihan lemak. Kelebihan lemak ini menyebabkan kadar kolesterol jahat tinggi jumlahnya. Hal ini menyebabkan terjadinya penyakit penyumbahan pembuluh darah yang berujung pada serangan jantung dan strok. Semut jepang diyakini mampu menyeimbangakan kadar kolesterol ini.
  2. Mengobati Penyakit Jantung.
    Heart Attack atau serangan jantung merupakan pembunuh nomor 1 di dunia. Ia menyerang tiap orang dalam segala usia. Semut jepang dapat membantu menyembuhkan penyakit mematikan ini.
  3. Menyembuhkan Diabetes. Bukan sebuah kebetulan bahwa manfaat semut jepang yang merupakan hewan penyuka gula ini dapat membantu menyembuhkan penyakit gula atau diabetes. Melalui mekanisme tertentu zat-zat yang dikandung semut jepang dapat mengurangi kadar gula berlebih.
  4. Mengatur Tekanan Darah.
    Mengobati Penyakit Dengan Semut Jepang
    Manfaat semut jepang bagi kesehatan selanjutnya yakni terhadap tekanan darah. Kondisi tekanan darah adalah hal yang harus dipantau setiap saat. Tensi yang terlalu tinggi atau rendah dapat membahayakan kesehatan tubuh. Normal tidaknya tekanan darah kita merupakan informasi penting tentang kondisi kesehatan tubuh kita. Semut Jepang dapat menyetabilkan kondisi tekanan darah kita tetap normal karena enzim pada semut jepang dapat membantu mengatur tekanan darah.
  5. Memberi Tambahan Energi.
    Anda yang setiap harinya aktif sangat cocok mengkonsumsi semut jepang sebagai pengganti minuman berenergi. Semut jepang mengandung vitamin yang dibutuhkan tubuh untuk menambah energi tambahan secara alamiah bagi pria maupun wanita.
  6. Mengatasi Asam Urat.
    Manfaat semut jepang bagi kesehatan dapat mengatasi asam urat. Penyakit asam urat adalah kondisi nyeri, bengkak dan radang pada sendi karena kelebihan asam urat. Penyebabnya adalah terlalu banyak mengkonsumsi zat purin. Zat purin ini terdapat pada tubuh makhluk hidup yang kita makan. Purin diolah tubuh menjadi asam urat, namun ketika asam urat ini maka ginjal tidak mampu mengeluarkannya sehingga mengkristal pada persendian. Inilah yang membuat sendi kita sakit. Pengidap asam urat tak hanya pada kalangan usia tua tapi juga bisa menyerang orang-orang berusia produktif yang disebabkan oleh pola konsumsi makanan yang sehat. Manfaat semut jepang diyakini mampu mengobati penyakit nyeri persendian ini.
  7. Meringankan Penyakit Strok. Untuk penyakit strok yang belum berstadium lanjut dapat disembuhkan secara total dengan pengobatan semut jepang. Sedangkan untuk strok stadium lanjut manfaat semut jepang bagi kesehatan hanya sebagai peringan rasa sakit saja.