search-button

Oct 5, 2016

Manfaat Undur-Undur Bagi Kesehatan

   
Advertisements
Manfaat Undur-Undur Bagi Kesehatan

Apotik Sehat - Undur-undur adalah binatang kecil yang akrab bagi anak-anak di kampung. Binatang berwarna coklat tanah ini membuat sarangnya dengan melubangi tanah berdebu tebal. Sarangnya ini sekaligus sebagai perangkap bagi mangsanya. Diperkirakan ada sekitar 2000 spesies undur-undur yang tersebar di seluruh dunia terutama di wilayah bersuhu hangat dan berpasir. Mereka bertempat tinggal dekat halaman rumah dan di bawah  pohon.

Undur-undur sebenarnya tidak selamanya berjalan mundur. Setelah melalui beberapa proses selama waktu tertentu undur-undur akan memiliki sayap dan terbang seperti capung karena undur-undur termasuk kepada kelompok hewan serangga atau holometabola yang bermetamorfosis secara sempurna yaitu larva, telur, pupa dan imago. Undur-undur yang berajalan mundur adalah larva, dan undur-undur yang masih berupa larva inilah yang digunakan untuk menyembuhkan penyakit.

Manfaat Undur-Undur

Hidup undur-undur hanya dua hari jika berdiam di tempat terbuka atau pada tempat yang tanahnya bukan tanah gembur.  Sebaliknya ia akan hidup lama jika di tempatnya terdapat banyak tanah gembur. Kita bisa ikut mempertahankan kehidupannya dengan member bubuk roti atau remah-remah makanan lainnya.

Dalam pemahaman orang awam khasiat undur-undur sebagai penyembuh penyakit merupakan khasiat mistik atau klenik yang telah digunakan secara turun temurn. Namun hasil penelitian Tyas Kurniasih dari UGM tahun 2006 membuktikan bahwa secara ilmiah undur-undur memilliki kandungan zat sulfonylurea yang berfungsi melancarkan kerja pankreas dalam proses memproduksi insulin. Ketika insulin yang ada didalam tubuh menurun sementara glukosa meningkat maka akan terjadi ketidakseimbangan. Insulin yang mengalami pengurangan ini akan menyebabkan berkurangnya energy tubuh  sehingga munculah berbagai penyakit.

Manfaat Undur-Undur

Hasil penelitian tim dari UGM yang diberi judul “Kajian Potensi  Undur-undur Darat “ tersebut selanjutnya mengatakan bahwa Myrmeleon Sp, demikian nama latin undur-undur ini, memiliki khasiat menurunkan kelebihan kadar gula darah. Khasiat ini disebabkan oleh kandungan yang dimiliki undur-undur yaitu  zat sulfonyrea yang bekerja melancarkan kerja pankreas dalam memproduksi  hormon insulin.

Kebiasaan menggunakan undur-undur sebagai obat diabetes sudah banyak dilakukan oleh masyarakat Tiongkok. Undur-undur yang dalam bahasa Tiongkok di-gu-niu ini  dimasukan ke dalam kapsul atau dicampur dengan bahan herbal lainnya kemudian ditelan. Undur-undur yang ditelan haruslah undur-undur yang masih hidup dan tidak boleh dibersihkan oleh air terlebih dahulu. Undur-undur yang terkena air akan mengurangi khasiatnya terutama karena bagian undur-undur yang dapat menyembuhkan penyakit adalah bagian bulunya. Jika anda merasa jijik anda dapat mengikuti cara orang Tiongkok, yaitu dengan memasukan undur-undur ke kapsul kosong lalu didorong dengan air.

Meskipun berdasarkan pengalaman turun temurun manfaat undur-undur terbukti bisa menyembuhkan penyakit diabetes tetapi selama ini belum ada penelitian dan pemakaian secara klinis. Walaupun begitu, sebagai pengobatan alternatif maka tidak ada salahnya kita menggunakan undur-undur sebagai obat penyembuh penyakit.