search-button

Sep 30, 2016

5 Obat Muntaber Dewasa dan Anak Di Apotik

   
Advertisements
Obat Muntaber Dewasa dan Anak Di Apotik
via: healthdirect.org.au
Apotik Sehat - Muntaber adalah suatu keadaan dimana seseorang mengalami muntah-muntah yang disertai dengan buang air besar secara berkali-kali dan dapat berulang hingga mencapai lebih dari sepuluh kali dalam satu hari. Penyakit muntaber lazimnya menyerang anak-anak usia dua sampai delapan tahun, karena daya tahan tubuh mereka belum sekuat tubuh orang dewasa, namun tidak menutup kemungkinan orang dewasa dapat terkena penyakit muntaber ini juga.

Muntaber dapat disebabkan oleh bakteri Escherichia coli yang mewabah akibat kurang bersihnya lingkungan di sekitar tempat tinggal dan bisa juga diakibatkan oleh makanan yang telah terkontaminasi oleh bakteri dan untuk mengobatinya, berikut ini obat muntaber dewasa dan anak di apotik.

5 Obat Muntaber Dewasa dan Anak Di Apotik Yang Ampuh

  1. Dioctahedral smectite
    Dioctahedral smectite adalah obat muntaber dewasa dan anak di apotik yang mengandung suatu aluminosilikat nonsistemik dengan struktur filitik, yang secara in vitro terbukti bisa melindungi barrier mukosa pada usus dan menyerap racun, serta bakteri dan rota virus.

  2. Racecordil. Racecordil
    Merupakan anti diare yang bisa bekerja dengan cepat, tidak menimbulkan konstipasi, dan memiliki indeks terapeutik yang tinggi, sehingga tidak memiliki efek buruk pada sistem saraf pusat. Selain itu, obat yang pertama kali dipasarkan di Perancis ini juga tidak menyebabkan ketergantungan bagi para penggunanya.

  3. Nifuroxazide
    Nifuroxazide merupakan senyawa nitrofuran yang mempunyai efek bakterisidal pada Escherichia coli, Streptococcus, Shigella dysenteriae, Pseudomonas aeruginosa dan Staphylococcus yang bekerja lokal di saluran pencernaan. Obat muntaber ini diindikasikan untuk diare akut maupun diare yang disebabkan oleh bakteri E coli dan Staphylococcus serta kolopatis spesifik dan yang non spesifik, selain itu obat ini juga baik digunakan oleh orang dewasa maupun anak-anak.

  4. Obstipansia
    Obstipansia biasa digunakan untuk terapi simtomatis yang bisa menghentikan diare. Adsorbensia, contohnya karbo adsorben yang permukaannya bisa menyerap zat-zat beracun yang dihasilkan oleh bakteri, di sini termasuk juga musilago zat-zat lendir yang dapat menutupi selaput lendir pada usus serta luka-lukanya dengan menggunakan suatu lapisan pelindung seperti kaolin, pektin serta garam-garam bismuth dan alumunium. Spasmolitik, adalah zat-zat yang bisa melepaskan kejang pada otot yang bisa mengakibatkan nyeri perut saat diare.

  5. Garam Oralit
    Garam oralit merupakan obat muntaber dewasa dan anak di apotik yang berfungsi untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang aknibat diare. Pemberian oralit yang benar caranya adalah dengan meminum sedikit demi sedikit segelas oralit sebanyak dua sampai tiga kali teguk, lalu berhenti dahulu sekitar tiga menit dan hal ini harus terus menerus diulang sampai satu gelas oralit tersebut habis. Hindari untuk meminum oralit dengan meminumnya satu gelas sekaligus, karena bisa memicu muntah serta buang air besar.