search-button

Dec 10, 2016

5 Obat Bisul Paling Ampuh di Apotik

   
Advertisements
Obat Bisul Di Apotik

Bisul merupakan penyakit kulit yang berupa benjolan berisi nanah yang telah terakumulasi di dalam jaringan akibat dari adanya infeksi bakteri. Pada saat terjadi infeksi, maka akan terjadi kerusakan sel, yang memicu keluarnya toksin yang dapat menyebabkan radang. Untuk meredam dan menghilangkan infeksi, maka sel darah putih akan bergerak ke tempat terjadinya infeksi tersebut, namun usaha yang gagal dari sel darah putih ini akan mengakibatkan terjadinya nanah, untuk itu agar bisul tidak berkelanjutan, sebaiknya Anda menggunakan obat bisul paling ampuh di apotik untuk mengobatinya.

Bakteri utama penyebab bisul adalah bakteri Staphilococcus aureus, yang biasanya masuk melalui pori-pori kulit lalu menginfeksi folikel rambut,  sehingga menyebabkan terjadinga peradangan, rasa panas, nyeri dan gatal. Awalnya, bisul hanya berupa benjolan keras yang berwarna merah dan mengandung nanah, lalu benjolan ini akan berfluktuasi dan bagian tengahnya menjadi putih/kuning yang membentuk pustula. Bisul bisa pecah dengan cara spontan atau dengan dipecahkan untuk mengeluarkan nanahnya yang terkadang juga bercampur dengan darah.

Pengobatan Bisulan dengan Obat Bisul di Apotik

Bisul sebaiknya di obati dengan sedini mungkin. Sebab penyebab dari bisul adalah adanya infeksi bakteri, maka untuk mengobatinya sebaiknya menggunakan obat antibiotik atau dengan menggunakan obat bisul paling ampuh di apotik. Salah satu obat yang populer untuk mengobati bisuk adalah ichtyol salep. Akan tetapi obat ini merupakan obat antiseptik lemah dan memiliki aroma yang tidak sedap, sehingga sekarang mulai jarang yang menggunakannya.
  1. Gentamicin
    Genoint, Sagestam,Garamycin dalam bentuk krim ataupun salep adalah obat yang efektif untuk mengobati infeksi staphilococcus yang merupakan penyebab dari adanya bisul. Cara kerja dari Gentamicin adalah dengan menghambat sintesa protein bekteri dengan pengikatan unit 30s ribosom yang dapat menghentikan sintesis protein pada bakteri. Selain itu Gentamicin adalah antibiotik yang mudah untuk diserap oleh kulit, sehingga efeknya sangat cepat untuk mengatasi bisul.
  2. Asam fusidat (fucidic acid)
    Ini adalah antibiotik yang efektif untuk mengatasi bisul. Cara kerja dari antibiotik ini adalah dengan menghambat berkembangnya bakteri yang bersifat bakteriostatik.
  3. Amoksisilin
    Amoxsan dan Kalmoxillin merupakan antibiotik yang juga sangat ampuh untuk mengobati bisul, biasanya diminum 3 kali sehari sebanyak 1 tablet setiap kali minum.
  4. Klindamisin
    Dengan meminum Climadan, Clinmas atau Clinjos 2 kali sehari sebanyak 1 kapsul setiap kali minum juga sangat efektif dan mempunyai kemampuan yang baik untuk dapat menembus jaringan lunak serta nanah.
  5. Flucloxacillin
    Apabila bakteri telah resisten, maka Anda bisa menggunakan antibiotik yang lebih kuat misalnya Floxabiotic dan Floxapen atau dicloxacillin yang juga merupakan antibiotik anti staphilococcus.

Bisul sering dianggap remeh oleh banyak orang, oleh karena itu, bisul sering kali dibiarkan saja hingga “matang”, lalu setelah bisul matang, pengobatan yang biasa dilakukan adalah dengan memecahkannya hingga nanahnya keluar. Pengobatan seperti ini tentu saja tidak tepat, karena dengan keluarnya nanah, maka akan dapat menimbulkan rongga pada kulit bagian dalam dan bisa jadi rongga tersebut adalah rongga yang besar, sehingga setelah bisul menjadi sembuh, biasanya akan menimbulkan bekas luka yang berupa lekukan pada kulit.

Untuk mencegah hal yang tidak diinginkan tersebut, maka sebaiknya Anda menangani bisul dengan lebih cepat, misalnya dengan menggunakan obat bisul paling ampuh di apotik seperti yang telah di jelaskan diatas.