search-button

Oct 12, 2016

5 Obat Diabetes Di Apotik

   
Advertisements
Obat Diabetes Di Apotik

Diabetes militus dapat timbul karena kadar gula darah mengalami peningkatan yang diakibatkan karena kekurangan insulin. Penyakit ini bisa timbul apabila kadar gula darah diatas 160 - 180 mg/dL, apabila kadarnya lebih tinggi, maka ginjal akan menghasilkan air tambahan untuk dapat mengencerkan sejumlah besar glukosa, sehingga akan membuat air kemih menjadi berlebihan. Hal ini tentunya akan membuat penderita diabetes menjadi sering berkemih terutama pada malam hari yang mengakibatkan penderita menjadi merasa haus yang berlebihan. Mengenali penyakit diabetes sejak dini merupakan hal penting, agar anda dapat mengendalikan gula darah atau bahkan dapat mencegah timbulnya diabetes. Namun, apabila diabetes telah menyerang tubuh Anda, maka Anda dapat menggunakan obat diabetes di apotik, agar gula darah Anda dapat tetap terjaga.

Penyakit diabetes terdiri dari 2 tipe, yaitu diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2. Diabetes tipe 1 biasanya disebabkan karena tubuh yang sudah tidak dapat menghasilkan insulin atau tidak dapat menggunakan glukosa yang dikarenakan sel penghasil insulin telah hancur oleh virus. Pada umumnya penderita diabetes tipe 2 masih dapat menghasilkan insulin di pankreas. Namun ada kalanya insulin tidak bisa bekerja seperti biasanya atau biasa dikenal juga dengan insulin Resistance.

Obat Diabetes Di Apotik Jenis Sulphonylurea

Obat diabetes di apotik jenis Sulphonylurea merupakan tablet yang bekerja dengan cara merangsang pankreas agar dapat menghasilkan insulin lebih banyak, dengan membiarkan insulin bekerja dengan lebih cepat dan efektif maka akan dapat menghalangi hati untuk mengeluarkan glukosa lebih banya. Tablet Sulphonylurea tersedia di apotik dengan merek dagang:
  1. Gliclazide
  2. Acarbose
  3. Daonil
  4. Renabetic
  5. Euglocon

Obat Diabetes Di Apotik Jenis Biguanides

Obat diabetes di apotik jenis Biguanides merupakan tablet yang dapat membuat insulin bekerja lebih efektif. Obat biguanid dapat bekerja meningkatkan kepekaan tubuh pada insulin yang diproduksi oleh tubuh. Selain itu obat ini juga tidak menyebabkan hipoglikemia. Tablet Biguanides tersedia dalam merek dagang:
  1. Glucophage
  2. Beneformin
  3. Diabex
  4. Diaformin
  5. Metformin

Diabetes adalah penyakit seumur hidup yang sangat sulit untuk disembuhkan, untuk itu tindakan pencegaan sangat penting untuk dilakukan. Contohnya dengan menurunkan berat badan apabila Anda telah kegemukan, yaitu dengan berolahraga serta mengkonsumsi sedikit mungkin gula. Apabila usia Anda telah melewati 40 tahun, sebaiknya Anda memerikasa kadar gula melalui urin secara berkala, sedikitnya sekali dalam satu tahun, terutama apabila ada di dalam keluarga ada yang memiliki riwayat diabetes.

Untuk penderita diabetes, melakukan konsultasi dengan dokter secara berkala dan disiplin dalam menjalankan pengobatan, baik itu dengan mengkonsumsi obat diabetes maupun dengan menggunakan insulin, akan dapat membantu Anda untuk dapat tetap menjaga kadar gula darah. Pada umumnya pengobatan diabetes lebih ditujukan pada upaya dalam pencegahan terjadinya komplikasi yang akan diakibatkan oleh diabetes, misalnya dengan cara membuat kadar glukosa dalam darah menjadi normal. Untuk itu obat-obatan, seperti obat diabetes di apotik sangat perlu bagi penderita diabetes agar dapat menurunkan dan menormalkan kadar gula di dalam darah mereka.