search-button

Dec 4, 2016

5 Obat Maag Paling Ampuh Di Apotik

   
Advertisements
Obat Maag Di Apotik
image: wikipedia.com

Makan yang tidak teratur tentunya tidak baik bagi kesehatan, dan hal ini tentunya juga sudah diketahui oleh hampir setiap orang. Akan tetapi meskipun telah mengetahui hal ini, masih banyak juga orang yang mengabaikannya, baik itu karena alasan sibuk maupun karena malas makan. Kebiasaan buruk sepertinya tentu saja akan berakibat pada lambung, sehingga bisa menimbulkan penyakit maag (gastritis). Untuk dapat mengobati penyakit maag yang terjadi karena adanya luka pada lambung, Anda bisa menggunakan obat maag paling ampuh di apotik, agar rasa nyeri yang dirasakan dapat hilang.

Luka pada lambung dapat terjadi karena zat korosif pada lambung jumlahnya sudah berlebihan, karena adanya enzim pepsin serta Asam lambung yang dapat mengiritasi dinding lambung pada saat kosong, sehingga dapat menyebabkan timbulnya rasa nyeri. Namun, keadaan seperti stress dan marah juga bisa memicu terjadinya sakit pada lambung. Oleh karena itu orang temperamental biasanya lebih beresiko pada penyakit maag. Gejala khas sakit maag biasanya adanya rasa nyeri, melilit dan kembung pada lambung serta ulu hati, yang kadang disertai pula dengan rasa mual dan muntah. Sakit lambung dibedakan menjadi :

  • Gastritis bakterialis.
    Merupakan sakit lambung yang diakibatkan oleh adanya infeksi dari Helicobacter pylori atau bakteri yang tumbuh pada sel penghasil lendir yang ada di lapisan lambung.

  • Gastritis karena stres akut.
    Merupakan jenis sakit lambung yang paling berat dan biasanya disebabkan oleh adanya penyakit berat ataupun trauma yang terjadi tiba-tiba.

  • Gastritis erosif kronis.
    Bisa diakibatkan oleh bahan iritan seperti halnya obat-obatan, terutama obat aspirin dan obat analgesik nonsteroid, penyakit Crohn serta infeksi, baik yang disebabkan oleh virus maupun oleh bakteri. Gastritis ini biasanya terjadi dengan cara perlahan-lahan pada orang yang sehat yang bisa juga disertai dengan adanya pendarahan atau pembentukan ulkus.

5 Obat Maag Di Apotik

Obat maag paling ampuh di apotik yang diperuntukkan untuk sakit maag yang tidak disertai dengan infeksi, biasanya bekerja dalam 3 cara, yaitu dengan mengurangi produksi dari asam lambung, menetralkan asam lambung dan melindungi dinding lambung.

  1. Obat maag untuk menetralkan asam lambung
    Obat maag yang berfungsi untuk menetralkan asam lambung biasa disebut dengan antasida. Obat maag jenis ini banyak beredar dan mudah untuk di dapatkan, diantaranya adalah Mylanta, Plantacid, Sanmaag, Farmacrol dan Promaag. Obat-obat jenis ini mengandung zat basa yang dapat menetralkan asam lambung serta bisa juga untuk menginaktifkan pepsin.

  2. Obat maag untuk mengurangi produksi asam lambung
    Obat maag yang berfungsi untuk mengurangi asam lambung biasanya terdiri dari H2 blocker, seperti pada cimetidin (Ulsikur dan Tagamet) dan ranitidin ( Zantac, Rantin dan Renatac).cara kerja dari obat ini adalah dengan memblokade reseptor H2 agar produksi asam lambung dapat dikurangi.

  3. Obat maag proton pump inhibitor
    Obat maag ini bekerja dengan cara menghambat pompa proton saat asam lambung sedang di produksi. Dengan penghambatan dari pompa proton ini, maka produksi asam lambung akan dapat dikurangi. Contoh dari obatmaag jenis ini adalah lansoprazole (Lancid, Prazotec, Lasgan dan Compraz) serta omeprazole (Pumpitor dan Dusencer).

  4. Obat maag sebagai pelindung dinding lambung
    Obat maag ini bekerja dengan cara membuat lapisan pada dinding lambung sehingga dapat terlindungi dari iritasi pepsin serta asam lambung. Obat yang bisa secara luas dipakai untuk melindungi asam lambung contohnya adalah Sukralfat (Neciblok dan Inpepsa) aert fucoidan (Mozuku dan Fucohelix).

  5. Obat maag untuk maag yang disertai infeksi
    Apabila sakit maag telah disertai dengan infeksi, maka obat maag paling ampuh di apotik yang paling cocok digunakan adalah antibiotik yang berguna untuk mengatasi masalah infeksi tersebut. Bakteri Helicobakter Pylori merupakan bakteri yang menyebabkan terjadinya tukak lambung. Obat maag yang efektif untuk mengatasi ini adalah amoksisilin (Kalmoxilin dan Amoxsan) serta metronidazol (Nidazole, Trichodazol dan Flagyl)