search-button

Oct 9, 2016

5 Obat Tetanus Di Apotik

   
Advertisements
Obat Tetanus Di Apotik

Apotik Sehat - Penyebab dari penyakit tetanus adalah adanya racun neurotoxin pada saraf yang dihasilkan karena adanya infeksi bakteri, sehingga akan terasa sakit bila terjadi kontraksi pada bagian otot tertentu, terutama pada otot rahang serta leher, selain itu juga dapat berpengarug pada otot-otot pernafasan seseorang, sehingga bisa mengancam jiwa. Pengobatan tetanus dengan menggunakan obat tetanus di apotik sering kali memerlukan waktu yang cukup lama sehingga memerlukan perawatan yang intensif pula.

Seperti sudah disinggung diatas bahwa penyebab dari penyakit tetanus adalah bakteri dan bakteri Clostridium tetani yang merupakan penyebab dari penyakit tetanus ini secara alami terdapat di tanah maupun debu serta kotoran hewan, bakteri ini biasanya hanya bisa tumbuh dan berkembang di lingkungan yang sedikit oksigen. Pada saat bakteri ini masuk pada luka yang dalam (sedikit oksigen), maka spora pada bakteri akan dapat menghasilkan toksin yang sangat kuat, yang biasa disebut sebagai tetanospasmin. Tetanospasmin secara aktif akan mengganggu sistem saraf motorik, yang berfungsi untuk mengendalikan gerakan pada otot manusia. Efek dari racun pada neuron motorik bisa menyebabkan otot menjadi kaku dan kejang yang merupakan tanda-tanda utama dari gejala tetanus.

Gejala tetanus bisa muncul kapan saja, bisa beberapa hari hingga beberapa minggu sesudah bakteri penyebabnya masuk ke tubuh melewati luka. Dengan rata-rata masa inkubasinya adalah sekitar 7 s/d 8 hari hingga gejala tetanus baru muncul. Disebabkan belum ditemukannya obat tetanus yang ampuh, maka biasanya pengobatan penyakit ini dilakukan dengan perawatan luka, menggunakan obat untuk dapat mengurangi gejala tetanus dan melakukan perawatan yang suportif.

Misalnya dengan membersihkan luka secara baik, yaitu dengan menghilangkan kotoran dan benda asing ataupun jaringan mati, terlebih lagi pada luka yang sangat dalam dan juga kotor. Hal seperti ini sangat penting untuk dilakukan untuk dapat mencegah spora tetanus untk semakin berkembang. Selain itu dengan memberika suntikan vaksin Tetanus Toxoid (TT) juga sangat di perlukan untuk yang mengalami luka dalam serta kotor, atau untuk jenis luka apa saja yang sudah terkontaminasi oleh kotoran, baik kotoran hewan ataupun pupuk kandang.

Obat Tetanus di Apotik untuk Mencegah Penyakit Tetanus

  1. Antitoksin (Anti Tetanus Serum)
    Saat ini obat tetanus di apotik telah tersedia dalam bentuk antitoksin yang seperti tetanus immune globulin. Akan tetapi, antitoksin ini hanya dapat menetralisir racun yang memang belum terikat dengan jaringan saraf.
  2. Antibiotik
    Antibiotik akan sangat diperlukan untuk dapat membunuh bakteri yang menyebabkan tetanus, baik diberikan dengan cara diminum (oral) maupun dengan suntikan.
  3. Vaksin
    Sekali menderita tetanus tidak akan membuat seseorang menjadi kebal terhadap serangan tetanus berikutnya. Oleh karena itu, ia harus mendapatkan vaksin tetanus untuk dapat mencegah terjadinya infeksi tetanus di masa yang akan datang.
  4. Obat penenang
    Pada umumnya, Dokter akan menggunakan obat penenang yang kuat untuk dapat mengendalikan kejang pada otot, misalnya dengan memberikan obat diazepam.
  5. Obat lain
    Obat lain yang dapat diberikan untuk mencegah tetanus adalah magnesium sulfat serta beta blockers tertentu, obat tetanus di apotik ini dapat dipakai untuk membantu dalam mengatur aktivitas otot tidak sadar.