search-button

Oct 27, 2016

5 Obat Demam Anak Terbaik di Apotik

   
Advertisements
Obat Demam Anak Apotik

Apotik Sehat - Kala anak demam, kita akan langsung berusaha supaya demamnya turun dengan menggunakan beraneka macam cara,  contohnya dengan memberikan obat demam anak terbaik di Apotik. beberapa hal yang haris diketahui oleh orang tua behubungan dengan demam adalah demam bukanlah penyakit, keadaan ini yakni reaksi badan yang alami pada suatu penyakit. Demam bisa jadi merupakan pertanda bahwa badan sedang melawan infeksi, karana suhu yang tinggi tersebut dapat memperlambat pertumbuhan bakteri maupun virus.

Pada saat demam biarkan anak istirahat, meskipun Anda mengharapkan Akak Anda minum obat, akan tetapi tunggu saja ketika Anak sudah terbangun, meskipun jadwal pemberian obat penurun panas sudah lewat. Pastikan dosisnya tepat dan sesuai dengan aturan yang ada di kemasan. Apabila Anda memberikan obat penurun panas golongan acetaminophen atau ibuprofen, harus dipastikan tidak berikan obat batuk atau flu yang mengandung antipyretic, karena pemberian dua tipe obat tersebut secara bersamaan akan dapat menimbulkan overdosis.

Obat Demam Anak Terbaik di Apotik yang Aman

  1. Parasetamol/Asetamino. Parasetamol dianggap sebagai obat demam anak terbaik di apotik yang lebih aman di bandingkan obat penurun panas golongan lainnya, dikarenakan efek samping yang ditimbulkan pada saluran pencernaan sangat minimal. Namun seandainya diberikan melebihi dosis yang telah dianjurkan dalam tempo lama bisa menyebabkan kerusakan hati. Merk dagang obat paracetamol yang saat ini ada di pasaran Indonesia diantaranya adalah  Sanmol, Tempra , Pamol, Alphamol dan Mirasic.
  2. Ibuprofen. Tidak cuma menurunkan demam serta meredakan nyeri, obat yang mengandung ibuprofen juga mempunyai manfaat sebagai antiinflamasi (anti radang) yang rendah. Dampak yang ditimbulkannya dapat berupa mual atau perut kembung dan yang paling parah bisa terjadi pendarahan di lambung. Merk dagang ibuprofen yang ada di pasaran Indonesia : Proris, Relaven dan Farsiven.
  3. Naproxen. Tidak Jarang dikenal juga dengan Naproxen sodium, selain itu obat ini dikategorikan juga sebagai antiinflamasi nonsteroid (NSAID). Bekerja bersama menurunkan hormon penyebab pembengkakkan serta rasa nyeri di badan. Pemakaian naproxen dalam kurun waktu lama bakal menyebabkan peningkatan akan risiko penyakit jantung, sehingga tidak disarankan untuk anak yang memiliki riwayat penyakit jantung. Aleve & Midol Extended Relief adalah nama merk dagang yang paling populer yang mengandung naproxen juga sebagai bahan aktif.
  4. Aspirin. Aspirin mempunyai fungsi sebagai penurun panas, meredakan nyeri serta antiinflamasi. Aspirin sebagaimana ibuprofen, bisa menyebabkan rasa mual serta pendarahan lambung. Oleh karena itu, senantiasa mengkonsumsi aspirin setelah makan. Aspirin tidak dianjurkan untuk anak-anak apabila demam disebabkan oleh adanya infeksi virus, sebab bisa menyebabkan Sindrom Reye (kesukaran hati yang akan menyebabkan hilangnya kesadaran). Merk dagang obat Aspirin yg ada di pasaran Indonesia yaitu aspilet.
  5. Obat pereda demam melalui anus. Obat demam anak terbaik di apotik tipe Parasetamol atau ibuprofen juga bisa diberikan melalui anus dinamakan pun supositoria. Biasanya diberikan kepada bayi maupun anak yang sedang mengalami muntah hebat sehingga menjadi susah untuk bisa menerima obat yang diberikan per oral. Obat pereda demam yang diberikan melalui anus umumnya bekerja dengan cepat, karena dapat langsung diserap ke pembuluh darah, selain itu pemakaian pereda demam supositoria mudah sekali, sehingga bisa dilakukan sendiri. Merk dagang obat paracetamol yang saat bisa kita beli ialah Proris dan Propiretic.
Rekomendasi: