search-button

Oct 7, 2016

Manfaat Terapi Musik Untuk Kesehatan

   
Advertisements
Manfaat Musik Untuk Kesehatan

Apotik Sehat - Terapi musik merupakan pemakaian musik yang digunakan sebagai sarana terapi yang berguna untuk memperbaiki, menjaga, ataupun meningkatkan kesehatan mental, fisik, serta emosi seseorang. Terapi musik merupakan salah satu cara mudah dan terbukti sangat bermanfaat untuk kesehatan, kecerdasan dan juga interaksi sosial. Manfaat terapi musik untuk kesehatan telah dikenal sejak jaman dahulu. Jadi tidak mengherankan apabila saat ini terapi musik banyak digunakan untuk menyembuhkan penyakit.

Manfaat Terapi Musik Untuk Kesehatan

Musik merupakan suara yang tertata serta teratur dan memiliki pengaruh yang mendalam pada fisik serta mental seseorang. Dengan mendengarkan musik secara teratur akan sangat bermanfaat untuk kesehatan, sebab musik dapat menghilangkan depresi dan stress, sehingga pikiran dan juga tubuh menjadi lebih rileks. Manfaat terapi musik untuk kesehatan sebenarnya sangatlah banyak. Berikut ini beberapa manfaat dari terapi musik untuk kesehatan yang paling utama.

  1. Dapat membuat fisik dan pikiran menjadi lebih rileks. Manfaat dari terapi musik untuk kesehatan yang pertama kali dirasakan adalah adanya rasa rileks, sehingga fisik dan pikiran menjadi lebih segar dan lebih bertenaga. Hal ini tentu akan dapat membuka kesempatan untuk fisik dan pikiran dalam menjalankan proses relaksasi secara utuh.
  2. Dapat meningkatkan kecerdasan. Dalam terapi musik sangat dikenal dengan istilah Efek Mozart, yaitu efek positif dari penggunaan musik yang dapat meningkatkan kecerdasan, terutama pada anak-anak. Efek Mozart ini telah banyak dikaji oleh ilmuwan, salah satunya adalah Frances Rauscher dkk dari Universitas California. Dalam sejumlah riset yang mereka lakukan membuktikan bahwa ketika bayi didalam kandungan dan balita merupakan saat yang paling tepat untuk merangsang kecerdasan. Oleh karena itulah ketika otak anak Anda sedang dalam masa pembentukan, menjadi saat yang sangat baik untuk mendapatkan terapi musik ini.
  3. Dapat meningkatkan gairah dan motivasi. Apa jadinya hidup ini apabila tanpa adanya gairah dan motivasi ? Tentu saja kita tidak akan memiliki semangat untuk melakukan aktifitas. Gairah dan motivasi merupakan “kekuatan” yang muncul oleh adanya dorongan tertentu. Apabila kita memiliki gairah dan motivasi, maka semua hal akan menjadi mungkin untuk bisa dilaksanakan, begitu pula sebaliknya.  Dalam sejumlah riset telah menunjukkan, bahwa terdapat jenis musik tertentu yang dapat  meningkatkan gairah dan motivasi pada diri seseorang.
  4. Dapat meningkatkan daya ingat. Di sekolah-sekolah negara maju seperti Amerika dan Eropa, terapi musik telah banyak digunakan untuk dapat meningkatkan prestasi akademik para siswanya. Sedangkan pada pusat rehabilitasi, terapi musik ini juga telah banyak digunakan untuk dapat menangani masalah kepikunan dan juga penderita sakit lupa berat.
  5. Dapat mengurangi rasa sakit. Semua orang tentunya suka musik, Anda tdak akan sakit apabila suka musik, karena musik dapat membuat rileks, nyaman, serta tenang dan tubuh yang rileks akan dapat membantu mengurangi rasa sakit.
  6. Dapat menyeimbangkan otak kiri dan otak kanan.
    Berdasarkan penelitian dari  para ahli, rangsangan dengan menggunakan musik dapat membantu dalam menyeimbangkan otak kiri dan juga otak kanan. Apabila otak kiri dan kanan kita seimbang, maka organ tubuh kita yang lainnya juga akan menjadi lebih seimbang dan sehat. Itulah mengapa seseorang yang menyadari akan pentingnya keseimbangan antara otak kiri dan otak kanan, banyak yang memberikan pendidikan tambahan pada bidang musik bagi anak-anak mereka.

Selain itu dari penjelasan diatas, manfaat terapi musik lainnya adalah: dapat meningkatkan kreatifitas, dapat meningkatkan konsentrasi, dapat mengatasi gangguan autis pada anak kecil, dan dapat meningkatkan kemampuan anak dalam berbahasa. Apakan Anda tertarik untuk mencoba terapi musik untuk kesehatan ini?