search-button

Nov 6, 2016

5 Obat Eksim Di Apotik Paling Ampuh dan Aman

   
Advertisements
Obat Eksim Di Apotik

Apotik Sehat - Eksim yang juga disebut sebagai eksema maupun dermatitis merupakan peradangan hebat yang kemudian menyebabkan terjadinya oembentukan gelembung kecil atau lepuh pada permukaan kulit sehingga pada akhirnya pecah lalu mengeluarkan cairan. Eksim sendiri dikelompokkan dalam beberapa tipe eksim, ada dermatitis atopic, dermatitis kontak, eksim nummular, eksim statis.

Gejala utama dari eksim ringan adalah adanya daerah halus yang tampak kemerahan dan kering, bersisik dan bisa menimbulkan rasa gatal maupun tidak, eksim sendiri biasanya terjadi di kaki maupun lengan. Eksim ringan tidak membutuhkan pengobatan akan tetapi Anda harus bisa menghidrasi kulit dengan baik, jaga supaya kulit tidak terlalu kering, seperti mengoleskan krim hidrokortison di bagian kulit yang telah terinfeksi beberapa kali setiap harinya.

Obat Eksim Yang Dijual Di Apotik


  1. Hidrokortison Valerat. Obat apotik yang mampu mengatasi penyakit kulit itu sangatlah beragam, dipakai dengan menyesuaikan keluhan maupun gangguan kulit yang tengah dialami oleh penderita. Salah satu obat yang kerapkali dipakai untuk membantu mengobati penyakit kulit termasuk eksim adalah hidrokrtison valerat yang mana merupakan obat kartikosteroid sintetik yang sengaja dibuat manusia untuk membantu mengobati penyakit kulit dengan cara dioleskan pada permukaan kulit atau biasa disebut sebagai obat topical. Tubuh kita secara alami memang mampu menghasilkan sendiri senyawa hidrokortison maupun senyawa kortisol, dihasilkan secara alami oleh kelenjar adrenal. Obat ini tidak harus melalui resep tertulis dari dokter, bisa Anda beli bebas di semua apotik yang ada. Gunakan obat ini sesuai petunjuk pemakaian dan bila terjadi iritasi maupun efek samping segera datang berobat ke dokter kulit untuk pengobatan pertama.
  2. Bubuk alumunium asetat. Selain menggunakan obat generik untuk membantu mengatasi penyakit kulit eksim, Anda juga bisa menggunakan bubuk alumunium asetat untuk membantu meringankan penyakit kulit ini, Untuk lebih jelas dan akurat, Anda bisa langsung bertanya pada dokter kulit Anda atau datang saja langsung ke apotik terdekat untuk menanyakan ketersediannya karena bubuk ini tidak bebas dijual di beberapa negara.
  3. Antibiotik. Dari lima obat eksim di apotik paling ampuh dokter biasanya akan meresepkan antibiotic untuk membantu mengatasi infeksi eksim lanjutan dimana kondisi penyakit sudah bertambah parah dan sulit merespon dengan baik pengobatan sehingga infeksi bakteri hilang secara keseluruhan. Ruam-ruam yang tampak di area infeksi dapat Anda atasi dengan obat antibiotic yang berbentuk seperti krim  maupun salep. Ada hidrokrotison dengan kadar yang ringan maupun fucidin.
  4. Antihistamin. Obat generik biasanya menyebabkan rasa kantuk yang berbeda intensitasnya sebagai efek samping dari obat tersebut. Pada penyakit eksim, frekuensi gatalnya cenderung mengalami peningkatkan disaat malam hari dan bila kulit penderita penyakit eksim berada dalam kondisi lembab maka rasa gatalnya akan berkurang maka dari itu, penderita membutuhkan antihistamin untuk melembabkan kulitnya.
  5. Steroid minum. Kortikosteroid minum memang tidak begitu dianjurkan oleh dokter akan tetapi obat ini bisa menjadi pilihan utama ketika penyakit eksim sudah terlanjur parah, meskipun begitu, steroid minum tidak bisa digunakan dalam jangka waktu panjang mengingat efek sampingnya yang cukup membahayakan kesehatan bila diminum terlalu sering dan terlalu lama.

Atasi segera eksim agar tidak menjadi lebih parah dengan obat eksim di apotik paling ampuh yang sudah disebutkan di atas, selama mencoba dan semoga lekas sembuh.
Obat Apotik Apa Saja Yang Bisa Menyembuhkan Eksim? Simak Penjelasannya.
Rekomendasi :